Apa Saja Minuman yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Juli 2021
Apa Saja Minuman yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh?Apa Saja Minuman yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh?

“Mungkin kamu lupa kalau tubuh mengandung lebih dari 60 persen cairan. Itu sebabnya hal yang tidak boleh diluputkan adalah asupan minuman yang berperan meningkatkan daya tahan tubuh. Air kelapa, jus semangka, air kunyit adalah beberapa minuman yang direkomendasikan untuk daya tahan tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami beberapa perubahan, mulai dari sistem metabolisme, daya tahan, termasuk vitalitas. Sudah jelas kalau gaya hidup sehat dapat sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, ini termasuk seberapa aktif kamu bergerak serta makanan dan minuman yang dikonsumsi

Selama ini mungkin kamu bisa saja menganggap kalau makanan adalah dominan utama yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Mungkin kamu lupa kalau tubuh mengandung lebih dari 60 persen cairan. Itu sebabnya hal yang tidak boleh diluputkan adalah asupan minuman yang berperan meningkatkan daya tahan tubuh. Minuman apa saja yang bisa tingkatkan stamina dan ketahanan? Baca selengkapnya di sini!

Baca juga: 6 Cara Mudah untuk Tingkatkan Sistem Imun

1. Coconut Oil

Minum sesendok coconut oil  setiap harinya dapat menjaga kebugaran tubuh. Kamu bisa menambahkannya ke dalam smoothie ataupun kopi. Coconut oil termasuk lemak sehat yang mudah dicerna dan berenergi. Kemudian coconut oil juga baik diminum karena membantu meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mengurangi lemak perut.

2. Air Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memberikan manfaat kesehatan luar biasa.  Kamu bisa menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam susu dan didihkan selama 5 menit, lalu tambahkan madu sebagai pemanis. Kombinasi ini sangat sehat dan mendukung daya tahan tubuh. Kunyit memiliki sifat inflamasi untuk pemulihan energi, meningkatkan tingkat kinerja dan stamina serta menstimulasi perbaikan otot.

Baca juga: Rutin Minum Air Kunyit, Ini Manfaatnya

3. Jus Bit

Segelas jus bit setiap hari dapat membantu menghilangkan rasa lelah. Terutama buat kamu yang termasuk aktif bergerak atau olahraga, jus bit sangat baik meningkatkan stamina. Minum segelas jus bit sehabis beraktivitas padat dapat dengan segera memulihkan tenaga dan mengganti cairan yang hilang.

Baca juga: Tidak Lezat, Justru Buah Bit Punya Banyak Manfaat

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung teh polifenol yang melawan stres dan kelelahan. Kamu bisa menambahkan satu sendok teh daun teh hijau ke dalam satu cangkir air panas lalu tambahkan madu sebagai pemanis lalu konsumsilah 2-3 kali sehari.

Sebuah penelitian diterbitkan dalam jurnal American Physiology Society pada 2005 menjelaskan bahwa teh hijau memberikan efek yang positif pada tubuh. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga tidur tetap pulas, dan membakar lemak ekstra di tubuh.

5. Air Kelapa

Sudah bukan rahasia lagi kalau air kelapa adalah minuman sehat yang memiliki sejuta manfaat. Air kelapa direkomendasikan diminum buat orang yang baru pulih dari sakit. Ini menunjukkan kalau air kelapa dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya itu saja, air kelapa juga efektif menetralisir racun dan alergen. Mengonsumsi air kelapa juga dapat menjaga kesehatan kulit dan asupan cairan di dalam tubuh.

6. Jus Semangka

Jus semangka juga dinilai sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Itulah sebabnya mengapa para atlet direkomendasikan untuk mengonsumsi jus semangka setelah latihan dan sehabis pertandingan. Jus semangka mengandung amino L-citrulline yang dapat mempercepat proses penyembuhan dari rasa lelah luar bisa dan mengembalikan stamina tubuh yang hilang.

7. Susu

Susu juga menjadi salah satu minuman yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Susu mengandung kalsium dan vitamin D yang memperkuat tulang dan menjaga imun tubuh supaya tetap bekerja maksimal.

Itulah penjelasan mengenai minuman-minuman yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Informasi lebih lengkap mengenai makanan dan minuman sehat untuk stamina bisa dibaca di Halodoc! Kamu juga bisa beli obat lho, lewat aplikasi Halodoc!

Referensi:
RDX SPORTS. Diakses pada 2021. Homemade Drinks That Boost Stamina
Very Well Fit. Diakses pada 2021. Sports Nutrition for Endurance Exercise.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan