4 Minuman Sehat di Pagi Hari Sebelum Memulai Aktivitas

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 September 2021
4 Minuman Sehat di Pagi Hari Sebelum Memulai Aktivitas4 Minuman Sehat di Pagi Hari Sebelum Memulai Aktivitas

“Tidak jarang badan terasa lemas saat bagun di pagi hari. Alasannya karena tubuh kehilangan banyak cairan saat tidur. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi minuman sehat guna mengembalikan cairan tubuh yang hilang, serta meningkatkan energi sebelum memulai aktivitas. Apa saja minuman sehat yang cocok dikonsumsi?”

Halodoc, Jakarta – Tubuh membutuhkan energi agar setiap organ di dalamnya dapat berfungsi dengan baik. Energi sendiri dihasilkan melalui proses metabolisme tubuh, yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Agar sel dan jaringan dalam tubuh tetap sehat, berkembang, dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik, tubuh memerlukan energi yang cukup untuk memproses itu semua.

Nah, minuman sehat yang dikonsumsi di pagi hari sebelum beraktivitas bukan hanya dapat meningkatkan energi saja. Namun, juga dapat menunjang metabolisme tubuh, sehingga seluruh organ di dalamnya mampu bekerja secara optimal. Untuk mendapatkan seluruh manfaat baiknya, berikut ini minuman yang disarankan untuk dikonsumsi di pagi hari sebelum beraktivitas:

Baca juga: 6 Manfaat Rutin Minum Air Putih untuk Kesehatan

1. Teh Jahe

Jika kamu suka memulai hari dengan mengonsumsi minuman hangat, teh jahe bisa menjadi pilihan tepat. Bukan hanya mampu menghangatkan tubuh saja, teh jahe juga dapat mengurangi mual dan menyembuhkan nyeri otot tubuh. Jahe juga mampu menurunkan kadar gula darah tinggi, serta membantu tubuh merespon insulin dengan baik.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolahnya dengan cara merebus selama 5 menit. Kemudian masukkan beberapa sendok jahe parut. Setelah air rebusan sedikit asam, saring jahe dan masukkan teh celup dalam gelas. Jika suka rasa manis, kamu bisa menambah madu sebagai pemanis alami. Sajikan dan nikmati selagi hangat.

2. Jus atau Smoothies

Jika lebih menyukai buah ketimbang rempah, kamu bisa mengolah buah menjadi jus atau smoothies. Mau diolah dengan cara apapun, keduanya sama-sama dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang, dan memberi asupan beragam vitamin dan mineral tubuh yang dibutuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari. Buah juga tinggi serat, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Untuk mendapatkan asupan yang dibutuhkan tubuh, kamu bisa mengombinasikan beberapa jenis buah atau sayur. Jika ingin lebih mengenyangkan, kamu bisa menambahkan yoghurt, susu, oatmeal, atau protein powder. Jika ingin terasa lebih manis, disarankan untuk menggunakan madu sebagai pemanis alami.

Baca juga: Oralit Alami atau Medis, Manakah yang Ampuh untuk Atasi Diare Anak?

3. Air Jeruk atau Lemon

Selain mudah dibuat, air perasan jeruk atau lemon mengandung tinggi vitamin C yang dapat membantu meningkatkan stamina tubuh sepanjang hari. Bukan itu saja, antioksidan dan mineral di dalamnya dapat membantu tubuh membersihkan racun, atau bekerja sebagai detoks alami, sehingga tubuh tidak gampang sakit. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa membuat infused water, atau memeras dan campur ke dalam segelas air hangat. Tambahkan madu jika perlu.

4. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sejumlah kandungan baik, seperti vitamin B, C, E, asam folat, dan vitamin B-12 yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Bukan hanya menyehatkan kulit saja, lidah buaya juga dapat mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit, perut kembung, radang usus, hingga asam lambung (GERD). Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mencampur potongan daging lidah buaya ke dalam segelas air atau teh hangat.

Baca juga: 3 Minuman Sehat untuk Menambah Energi Sebelum Olahraga

Itulah beberapa jenis minuman sehat yang cocok dikonsumsi di pagi hari sebelum beraktivitas. Jika kamu adalah pengidap alergi terhadap bahan makanan tertentu, silahkan diskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 15 Morning Drinks to Get Your Day Started.
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Healthy Benefits of Drinking Aloe Vera Juice.
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Science-Based Health Benefits of Coconut Water.
SF Gate. Diakses pada 2021. Health Benefits of Fruit Smoothies.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan