• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Lebih Dalam Manfaat Mindful Eating Bagi Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Lebih Dalam Manfaat Mindful Eating Bagi Tubuh

Kenali Lebih Dalam Manfaat Mindful Eating Bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 April 2021
Kenali Lebih Dalam Manfaat Mindful Eating Bagi TubuhKenali Lebih Dalam Manfaat Mindful Eating Bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta - Makan merupakan kegiatan yang tentunya tidak bisa dilewatkan setiap harinya. Dengan makan, kamu akan mendapatkan energi dan juga asupan nutrisi serta vitamin. Terpenuhinya kebutuhan tersebut tentunya akan membuat kesehatan menjadi lebih optimal. Namun, berlebihan dalam mengonsumsi makanan juga meningkatkan risiko buruk pada kesehatan.

Baca juga: Cara Menerapkan Kebiasaan Makan Sehat pada Remaja

Pernahkah kamu mendengar mengenai mindful eating? Mindful eating merupakan teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kebiasaan pola makan yang baik. Bukan hanya menjaga kesehatan tubuh secara fisik, mindful eating juga kerap dilakukan untuk membantu meningkatkan kesehatan mental seseorang. Untuk itu, tidak ada salahnya mengenali lebih banyak mengenai mindful eating dan manfaatnya bagi tubuh. di sini!

Yuk, Kenalan dengan Mindful Eating

Bukan hanya melibatkan bagian mulut maupun indera perasa, makan menjadi kegiatan yang banyak melibatkan bagian tubuh lainnya. Mulai dari otak hingga organ pencernaan. Saat makan pun kamu harus mengunyah makanan dengan baik, agar tidak terlalu cepat ataupun terlalu lambat.

Mengunyah terlalu cepat makanan yang dikonsumsi membuat kamu akan mengonsumsi makanan lebih banyak. Sedangkan mengunyah terlalu lambat, juga dapat meningkatkan risiko gangguan pada kesehatan gigi. Untuk itu, kamu memerlukan kesadaran yang baik saat mengonsumsi makanan. Kondisi ini dikenal sebagai mindful eating.

Mindful eating merupakan konsep dimana kamu menjaga kesadaran penuh saat mengonsumsi makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh. Kebiasaan ini akan membuat kamu lebih memperhatikan seberapa banyak makanan, jenis makanan, dan perasaan saat sedang mengonsumsi makanan. 

Teknik ini juga melibatkan emosi dan perasaan seseorang yang melakukannya. Hal ini akan membuat kamu lebih mengerti kondisi tubuh saat sudah merasa kenyang atau lapar. Saat menjalankan mindful eating, kamu juga diharapkan untuk mengonsumsi makanan tanpa gangguan. Artinya, aktivitas yang dilakukan hanyalah makan dan tidak ada kegiatan lain.

Saat menjalani mindful eating, kamu diharapkan untuk lebih bijak mengonsumsi makanan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi rasa bersalah dan kecemasan pada makanan. Selain itu, kamu juga akan lebih mampu untuk menghargai makanan.

Namun yang perlu diingat, mindful eating adalah proses kamu menikmati setiap makanan yang kamu konsumsi. Bukan mengurangi atau menambah makanan, tetapi lebih mengerti kebutuhan diri sendiri.

Baca juga: Gaya Makan Cepat atau Lambat? Ini Pengaruhnya

Manfaat Mindful Eating bagi Tubuh

Bukan hanya memicu kamu untuk memiliki kebiasaan makan lebih baik. Nyatanya, mindful eating memiliki manfaat baik bagi tubuh. Berikut ini manfaat mindful eating bagi tubuh:

  1. Dengan menikmati tekstur dan rasa pada makanan, kondisi ini nyatanya dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.
  2. Kebiasaan mindful eating dapat membuat kamu lebih bijak saat memilih makanan, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.
  3. Menikmati makanan dengan tenang nyatanya dapat membuat kamu menurunkan gangguan cemas yang dialami.
  4. Dengan menikmati makanan dan mengunyah makanan dengan tepat, kebiasaan ini akan membuat kamu merasa lebih kenyang dengan porsi yang tidak berlebihan. Kebiasaan ini juga bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan.
  5. Bukan hanya memperhatikan kesehatan tubuh saja, kamu juga akan lebih peduli terhadap makanan yang kamu konsumsi. Hal ini melibatkan dari mana makanan itu berasal sampai makanan tersebut bisa dikonsumsi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencoba melakukan mindful eating. Mulai dari mengonsumsi makanan dalam porsi secukupnya, mengunyah dengan lebih baik, tidak menunda jadwal makan, dan habiskan makanan yang kamu konsumsi. 

Baca juga: Tips Makan yang Baik untuk Cegah Masalah Pencernaan

Kebiasaan ini perlu dilakukan secara bertahap. Jika kamu ingin mengubah kebiasaan makan, tidak ada salahnya bertanya lebih banyak pada dokter agar kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
American Diabetes Association. Diakses pada 2021. Mindful Eating: The Art of Presence While You Eat.
Healthline. Diakses pada 2021. Mindful Eating 101 - A Beginner’s Guide.
Help Guide. Diakses pada 2021. Mindful Eating.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. 8 Steps to Mindful Eating.