• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Rutin Konsumsi Okra

Kenali Manfaat Rutin Konsumsi Okra

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Memiliki bentuk yang menyerupai sayur oyong, okra juga merupakan sayuran yang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Khasiat yang paling populer dari sayuran yang dikenal dengan sebutan lady finger ini adalah menurunkan gula darah dan kolesterol. Sedikit info, okra memiliki nama ilmiah Abelmoschus esculentus, yang biasanya hanya tumbuh di negara beriklim tropis, seperti di Indonesia.

Okra memiliki tekstur berlendir, biasanya diolah dengan cara ditumis. Namun, sayuran ini tampaknya masih belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia, ya. Oleh karena itu, untuk menambah variasi asupan bergizi harian kamu, tidak ada salahnya untuk mencoba mengolah sayuran sehat ini.

Baca juga: Belum Banyak yang Kenal, Ini Manfaat Sayuran Okra untuk Kesehatan

Manfaat Okra yang Tidak Boleh Dilewatkan

Seperti telah disebutkan tadi, okra memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Jika dikonsumsi secara rutin, manfaat yang dapat kamu peroleh dari okra adalah:

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat okra yang paling populer adalah menurunkan kadar gula darah. Pada penelitian yang dilakukan pada hewan, manfaat ini memang sudah terbukti kebenarannya. Namun pada manusia, masih dibutuhkan lebih banyak uji coba. Terlepas dari itu, konsumsi okra pada pengidap diabetes juga sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Sebab, sayuran ini disebut dapat memengaruhi efektivitas obat diabetes, metformin.

Jika kamu sedang mengidap dan menjalani pengobatan diabetes, memang sebaiknya kamu diskusikan terlebih dahulu dengan dokter gizi di Halodoc, tentang pola makan seperti apa yang harus dimiliki. Agar tidak memengaruhi efektivitas obat yang sedang dikonsumsi. Dokter gizi juga biasanya akan menyarankan pola makan khusus dan membantu kamu dalam penghitungan jumlah kalori dalam makanan harian kamu.

2. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menyebutkan bahwa ekstrak okra, terbukti bisa membantu turunkan kadar kolesterol. Namun, untuk memastikan efektivitasnya pada manusia, masih diperlukan penelitian lebih lanjut lagi.

Baca juga: 5 Manfaat Luar Biasa Okra yang Tidak Boleh Dilewati

3. Mencegah Osteoporosis

Okra mengandung vitamin K, yang tidak hanya berperan dalam proses pembekuan darah, tetapi juga pada pembentukan tulang. Itulah sebabnya, mengonsumsi cukup vitamin K akan membuat tulang menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

4. Kaya Antioksidan

Antioksidan yang terkandung dalam okra, membuatnya mampu mencegah tubuh terpapar radikal bebas secara berlebih. Antioksidan juga dikenal baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya, mencegah peradangan, serta memelihara kesehatan otak.

5. Kandungan Antikanker

Okra memiliki kandungan lektin, yaitu sejenis protein yang telah cukup populer untuk diteliti perannya dalam pencegahan maupun perawatan kanker. Namun, penelitian lebih lanjut memang masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat okra hijau yang satu ini.

6. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat okra yang satu ini didapatkan dari kandungan folat yang dimilikinya. Seperti yang diketahui, folat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil, untuk mencegah munculnya berbagai gangguan di janin. Kurangnya kadar folat akan meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil dan cacat lahir pada bayi.

Baca juga: Mengidap Kolesterol Tinggi, Konsumsi 10 Makanan Ini

7. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat dalam okra membuatnya bermanfaat dalam mencegah konstipasi dan menjaga saluran cerna agar tetap sehat. Tak hanya itu, serat juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk dikonsumsi ketika sedang diet. 

Jangan Berlebihan Juga Konsumsi Okra

Meski manfaatnya bagi kesehatan sangat banyak, kamu tetap tidak boleh mengonsumsi okra secara berlebihan. Sebab, ada beberapa risiko yang dapat muncul, seperti:

  • Gangguan pencernaan. Meski secara keseluruhan okra dinilai baik untuk pencernaan, sayuran ini mengandung fruktan, yang merupakan salah satu jenis karbohidrat. Dalam jumlah yang banyak, kandungan ini bisa menyebabkan diare, kembung, kram, dan perut begah.
  • Batu ginjal. Sayuran ini juga mengandung oksalat. Padahal, jenis batu ginjal yang paling umum, terbentuk dari kalsium oksalat. Itulah sebabnya, jika okra dikonsumsi secara berlebihan, risiko terbentuknya batu ginjal akan semakin tinggi, terutama pada orang-orang yang sebelumnya sudah pernah mengalami kondisi ini.
  • Peradangan. Kandungan solanine yang ada pada okra, membuatnya bisa memicu nyeri akibat radang sendi.
  • Penggumpalan darah. Seperti telah dibahas, salah satu manfaat okra hijau adalah kandungan vitamin K di dalamnya, yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. Namun jika dikonsumsi berlebihan, vitamin K justru bisa memicu timbulnya penggumpalan darah di dalam pembuluh dan memicu stroke atau serangan jantung.

Itulah berbagai manfaat yang terkandung dalam okra dan risiko kesehatan yang mengintai jika kamu mengonsumsinya berlebihan. Jika kamu ingin mendapatkan manfaatnya, konsumsilah okra dalam jumlah yang wajar dan imbangi dengan asupan berbagai makanan bergizi lainnya. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih dan olahraga teratur, ya. Kalau sakit, download saja aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit andalan kamu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Okra Health Benefits.
Organis Facts. Diakses pada 2020. Health Benefits of Okra.
WebMD. Diakses pada 2020. How Got Mom Love Okra?