Kenali Penyebab Kanker Prostat Terjadi di Usia Muda

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 September 2022

“Kanker prostat bukan hanya terjadi pada orang tua, tetapi juga pria yang masih muda. Perlu ketahui penyebab dari gangguan ini, agar dapat menghindarinya sebelum terjadi.”

Kenali Penyebab Kanker Prostat Terjadi di Usia MudaKenali Penyebab Kanker Prostat Terjadi di Usia Muda

Halodoc, Jakarta – Kanker prostat adalah salah satu masalah yang rentan terjadi pada pria, terutama pada seseorang yang sudah memasuki lanjut usia. Namun, tidak menutup kemungkinan masalah ini juga terjadi pada pria di usia muda.

Kasus kanker prostat ini memang sangat jarang terjadi pada pria remaja atau dewasa muda. Namun mengacu pada data yang ada, jumlah kasus dari gangguan ini alami peningkatan yang signifikan pada pria di usia 15 hingga 40 tahun.

Mengutip dari HHS Public Access, kanker prostat yang didiagnosis pada pria di bawah usia 55 tahun, berbeda dengan gangguan yang terjadi pada lansia dalam beberapa hal. Pria yang alami kanker prostat dini lebih mungkin untuk alami kematian.

Untuk menghindari masalah ini terjadi, ada baiknya untuk mengetahui berbagai penyebab kanker prostat pada pria di usia muda. Sehingga, penurunan risiko bisa dilakukan dengan cara menghindari berbagai penyebabnya.

Berbagai Penyebab Kanker Prostat pada Anak Muda

Sejauh ini belum diketahui dengan jelas penyebab dari gangguan kanker ini. Kemungkinan akibat adanya perubahan pada DNA pada sel-sel di prostat. DNA tersebut berisi instruksi yang memberitahu sel terkait hal yang perlu dilakukan.

Perubahan pada DNA ini dapat membuat sel-sel tersebut tumbuh, bahkan membelah lebih cepat dibandingkan saat normal. Sel-sel abnormal ini dapat terus hidup, bahkan saat sel-sel normal lainnya telah mati.

Akumulasi sel-sel abnormal yang membentuk tumor ini dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di dekatnya. Akhirnya, sel-sel abnormal tersebut terus bertambah lalu pecah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Komplikasi Kanker Prostat yang Mungkin Terjadi

Ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi jika gangguan ini tidak segera diatasi, yaitu:

1. Penyebaran Kanker

Kanker prostat dapat menyebar ke organ terdekat, seperti kandung kemih, bahkan menyebar melalui aliran darah atau sistem limfatik ke tulang atau organ lainnya. Jika menyebar ke tulang, gangguan ini dapat menyebabkan nyeri dan patah tulang.

Saat sudah terjadi penyebaran ke area lain di tubuh, pengobatan dan pengendalian masih mungkin untuk dilakukan. Namun, masalah ini sudah tidak bisa untuk disembuhkan.

2. Inkontinensia

Kanker prostat dan juga pengobatannya dapat menyebabkan inkontinensia. Saat dilakukan perawatan, masalah ini dapat membaik seiring berjalannya waktu. Beberapa pilihan perawatannya adalah obat-obatan, kateter, dan operasi.

3. Disfungsi Ereksi

Kanker prostat dan pengobatannya juga dapat menyebabkan pengidapnya alami disfungsi ereksi. Untuk mengatasinya, cara yang bisa dilakukan adalah konsumsi obat, penggunaan alat vakum, hingga pembedahan.

Itulah pembahasan tentang penyebab kanker prostat pada seseorang di usia muda. Dikarenakan penyebabnya belum diketahui secara pasti, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Dengan begitu, gangguan ini dapat didiagnosis lebih dini.

Jika ingin memastikan tubuh sehat dan jauh dari gangguan kanker, tindakan pemeriksaan bisa dipesan melalui aplikasi Halodoc dengan fitur janji medis. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone, kapan dan dimana saja. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Prostate Cancer in Younger Men.
HHS Public Access. Diakses pada 2022. Prostate Cancer in Young Men: An Important Clinical Entity.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Prostate cancer.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan