Ketahui 5 Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Juli 2022

“Terdapat beberapa manfaat potensial biji pepaya bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah biji pepaya dikabarkan dapat melawan infeksi.”

Ketahui 5 Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan TubuhKetahui 5 Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Selain lezat, buah pepaya merupakan salah satu makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Sebab, buah ini sudah lama diketahui memiliki kemampuan untuk menyehatkan pencernaan. Khususnya dalam membantu mengatasi masalah buang air besar. Hal ini berkat kandungan berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. 

Nah hingga saat ini, bagian pepaya yang banyak dimanfaatkan adalah daging dan daun buahnya. Namun, siapa sangka kalau biji pepaya juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi. Lantas, kira-kira apa saja manfaat biji pepaya bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak informasinya di sini! 

Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan Tubuh 

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi biji pepaya.  Mulai dari memakannya langsung bersama daging buahnya atau digerus agar lebih halus. Sementara itu, berikut adalah beberapa manfaat biji pepaya bagi kesehatan tubuh: 

1. Melawan Infeksi 

Salah satu manfaat dari biji pepaya adalah diduga kuat dapat melawan infeksi. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tabung reaksi 2011 silam. Penelitian tersebut menunjukkan kalau ekstrak biji pepaya efektif melawan tiga jenis jamur. Termasuk patogen spesifik penyebab infeksi jamur pada tubuh. 

Meski begitu, penelitian skala besar lebih lanjut tentu diperlukan, untuk mengetahui efektivitas biji pepaya dalam melawan infeksi pada tubuh manusia.

2. Menjaga Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang memainkan peran integral dalam kesehatan. Sebab, ginjal  bertindak sebagai filter untuk membuang limbah dan kelebihan cairan dari tubuh. Nah, mengonsumsi biji pepaya dikabarkan dapat melindungi dan menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. 

Hal ini berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan pada U.S. National Library of Medicine yang dilakukan pada tikus yang diberi obat untuk menginduksi toksisitas. Hasilnya, ekstrak biji buah tersebut dapat membantu mencegah kerusakan ginjal. 

3. Memiliki Senyawa Antikanker

Karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang mengesankan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji pepaya dapat memiliki sifat antikanker. Salah satunya adalah penelitian tabung yang dilakukan pada tahun 2014 silam. Penelitian tersebut menemukan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mengurangi peradangan dan melindungi bahan uji dari perkembangan kanker. 

4. Mampu Meningkatkan Kesehatan Pencernaan 

Seperti daging buahnya, biji pepaya juga merupakan sumber serat yang baik. Oleh karena itu, mengonsumsi biji buah tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko berbagai risiko gangguan pencernaan. Salah satunya seperti sembelit atau susah buang air besar.

Nah, dengan pencernaan yang sehat, kamu juga dapat terhindar dari berbagai penyakit pencernaan yang berbahaya. Contohnya seperti radang usus, mencegah luka usus, hingga wasir. 

5. Mengatasi Keracunan Makanan

Manfaat lain dari mengonsumsi biji pepaya dikabarkan dapat membantu mengobati keracunan makanan. Hal ini berdasarkan sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry. Ulasan tersebut menjelaskan kalau ekstrak yang terbuat dari biji buah tersebut terbukti efektif dalam membunuh bakteri E.coli, Salmonella, Staphylococcus dan infeksi bakteri lainnya.

Itulah beberapa manfaat biji pepaya bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi. Mulai dari melawan infeksi, menjaga fungsi ginjal, hingga dikabarkan dapat mengatasi keracunan makanan. Meski dipercaya memiliki beberapa manfaat kesehatan, tapi pastikan untuk mengonsumsinya secara tidak berlebihan. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar manfaat kesehatan dari mengonsumsi biji pepaya, segeralah tanyakan kepada dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter terpercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. Can You Eat Papaya Seeds?
Livestrong. Diakses pada 2022. The Nutritional Value of Papaya Seeds. 
NIH. Diakses pada 2022. Cancer chemopreventive effects of the flavonoid-rich fraction isolated from papaya seeds. 
NIH. Diakses pada 2022. The protective effects of aqueous extract of Carica papaya seeds in paracetamol induced nephrotoxicity in male wistar rats. 
NIH. Diakses pada 2022. Phytochemical and Antifungal Profiles of the Seeds of Carica Papaya L.
Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry. Diakses pada 2022. The surprising health benefits of papaya seeds: A review. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan