• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Konsumsi Air Rebusan Jahe, Apa Manfaatnya?

Konsumsi Air Rebusan Jahe, Apa Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Jahe merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai bumbu dapur. Tidak hanya bumbu dapur, jahe menjadi tanaman yang digunakan sebagai obat tradisional bagi banyak orang. Selain rasanya yang khas, jahe memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika dikonsumsi secara rutin.

Baca juga: Khasiat Jahe yang Ampuh untuk Menghangatkan Tubuh

Jahe dapat kamu konsumsi dengan berbagai cara, mulai menjadi jahe sebagai bumbu masakan, campuran makanan atau minuman yang menghangatkan tubuh. Air rebusan jahe dikenal sebagai salah satu obat tradisional rumah untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan.

Manfaat Air Rebusan Jahe, Bisa Atasi Mual

Jahe memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus yang menjaga kesehatan tubuh. Air rebusan jahe yang kamu konsumsi ternyata memiliki manfaat, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dilansir dari Medical News Today, mengonsumsi jahe membantu kamu untuk menjaga kesehatan pencernaan. Mengonsumsi air rebusan jahe dapat menghindarkan kamu dari gangguan pencernaan, seperti konstipasi atau sembelit.

2. Atasi Mual

Mengonsumsi air rebusan jahe dapat mengatasi rasa mual yang kamu alami. Dilansir dari Healthline, rasa mual yang kamu alami setelah menjalani tindakan operasi atau menjalankan proses pengobatan kemoterapi dapat diatasi dengan mengonsumsi rebusan air jahe. Mual yang dialami akibat menjalani kehamilan juga dapat diatasi dengan mengonsumsi air rebusan jahe. 

3. Mengatasi Nyeri Sendi dan Otot

Dilansir dari Healthline, jahe terbukti mampu melawan nyeri sendi yang kamu alami akibat melakukan olahraga. Hal ini disebabkan jahe memiliki kandungan anti peradangan. Tidak ada salahnya mengonsumsi rebusan air jahe pada pagi hari agar kesehatan selalu terjaga.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tentu tingginya kandungan kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko seseorang alami gangguan jantung. Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi masalah kolesterol dengan mengonsumsi air rebusan jahe. Rutin konsumsi air jahe dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Tidak hanya itu, lakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kolesterol. 

Baca juga: Rutin Mengonsumsi Jahe? Ini 8 Manfaat yang Bisa Didapat

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Jahe memiliki kandungan antibakteri di dalamnya. Kandungan ini membantu untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Senyawa aktif dalam jahe yang dikenal sebagai gingerol dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut dan sekitar gigi.

Jika kamu mengalami gangguan kesehatan pada mulut dan gigi, tidak ada salahnya untuk memeriksakan kesehatan pada rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc, sehingga tidak perlu lagi mengantre sesampainya di rumah sakit.

6. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Rutin mengonsumsi air rebusan jahe membantu untuk mencegah perkembangan penyakit kanker dalam tubuh. Ada beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi jahe, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker mulut, kanker usus, dan kanker hati.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Dilansir dari Medical News Today, mengonsumsi jahe dapat mencegah gangguan yang bisa menyebabkan kerusakan otak. Memiliki kesehatan otak yang optimal memengaruhi fungsi otak pada seseorang khususnya yang memiliki usia lanjut.

8. Menurunkan Berat Badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi air rebusan jahe setelah mengonsumsi makanan. Air jahe dipercaya membuat kamu merasakan kenyang lebih lama. Hal ini tentu membuat nafsu makan menjadi lebih terkendali.

Baca juga: Banyak Khasiat Jahe untuk Kesehatan Wanita, Ini Buktinya

Itulah manfaat dari mengonsumsi air rebusan jahe. Selain itu, jangan lupa untuk rutin melakukan gaya hidup dan pola makan yang sehat agar kesehatan tetap optimal dan terjaga dengan baik.


Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2020. Why Is Ginger Good For You?
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Proven Health Benefits of Ginger
Web MD. Diakses pada 2020. Health Benefits of Ginger