• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kumur Air Garam Bisa Obati Sariawan, Benarkah?

Kumur Air Garam Bisa Obati Sariawan, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Kondisi sariawan yang dialami oleh seseorang terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Sariawan merupakan luka yang terdapat dalam mulut dan meninggalkan rasa sakit dan tidak nyaman. Biasanya, sariawan yang terjadi pada dalam mulut berbentuk oval atau bulat dan sering terlihat pada bagian dalam pipi, bibir, permukaan gusi serta lidah. 

Baca juga: Sariawan Mengganggu, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Sariawan, yang dikenal juga sebagai canker sores dapat muncul dengan jumlah lebih dari satu. Meskipun bukan penyakit menular, sariawan bisa disebabkan infeksi virus. Sebaiknya atasi sariawan dengan pengobatan mandiri di rumah. Lalu, apakah benar berkumur dengan air garam efektif mengatasi sariawan? Ini ulasannya.

Benarkah Kumur Air Garam dapat Atasi Sariawan?

Ada beberapa gejala yang dialami seseorang ketika sariawan. Dilansir dari National Health Service UK, sariawan umumnya berupa luka yang memiliki bentuk bulat atau oval dengan pinggiran yang terlihat tegas dan berada pada dangkal lapisan mulut atau permukaan mukosa. Sariawan yang muncul umumnya memiliki kondisi yang meradang dan merah, namun pada bagian tengah sariawan berwarna putih.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang alami sariawan, seperti perubahan hormon, trauma fisik akibat terbentur, alergi terhadap jenis makanan, stres, dan kekurangan beberapa nutrisi, seperti magnesium, vitamin B12, dan zat besi. Meskipun sariawan dapat sembuh sendirinya, terkadang rasa nyeri yang dihasilkan cukup membuat kondisi tidak nyaman. Jangan khawatir, kamu bisa mencoba beberapa pengobatan sederhana di rumah, salah satunya dengan berkumur air garam. 

Dilansir dari Healthline, berkumur menggunakan air garam bisa digunakan untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada rasa nyeri yang muncul akibat sariawan. Air garam yang digunakan untuk berkumur mampu membantu menghilangkan bakteri pada sariawan. Meskipun demikian, tetap perhatikan kondisi sariawan yang kamu alami.

Sebaiknya periksakan kondisi kesehatan pada rumah sakit terdekat ketika sariawan tidak kunjung sembuh dalam waktu 2 minggu dan kondisinya bertambah parah. Jika kondisi sariawan disertai dengan gejala lain, seperti demam, diare, sakit kepala atau ruam kulit jangan ragu untuk lakukan pemeriksaan ke dokter.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Sariawan Bisa Menandai 6 Penyakit Ini

Tidak Hanya Sariawan, Ini Manfaat Kumur Air Garam Lainnya

Berkumur menggunakan air garam dapat menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat adanya gangguan kesehatan pada area mulut. Dilansir dari Healthline, berkumur dengan air garam dapat menghilangkan bakteri dan virus yang menjadi penyebab gangguan pada mulut.

Tidak hanya itu, berkumur dengan air garam juga mengurangi infeksi yang terjadi pada area mulut. Ya, terbukti tidak hanya sariawan, berkumur dengan air garam dapat mengatasi gangguan kesehatan, seperti:

1. Sakit Tenggorokan

American Cancer Society merekomendasikan berkumur dengan air garam untuk mengatasi sakit tenggorokan. Penggunaan rutin dapat menjaga mulut tetap bersih dan terhindar dari infeksi.

2. Gangguan pada Gigi

Rutin berkumur dengan air garam dapat menghilangkan bakteri serta kuman pada area mulut atau gigi. Hal ini tentu menghindari gigi dari gangguan dan menjaga kesehatan gigi tetap optimal. Penumpukan bakteri pada gigi dan gusi meningkatkan risiko gangguan kesehatan gigi. American Dental Association merekomendasikan untuk berkumur dengan air garam hangat setelah menjalani prosedur perawatan gigi untuk mencegah infeksi.

Baca juga: Bebas Perih dengan Obat Sariawan Alami

Itulah manfaat berkumur dengan air garam. Selain itu, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air putih dan rutin membersihkan gigi serta mulut.

Referensi:
American Dental Association. Diakses pada 2020. Tooth Extraction
Medical News Today. Diakses pada 2020. What To Know About Gargling With Salt Water
Healthline. Diakses pada 2020. What Are The Benefits of a Salt Water Gargle?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Canker Sores