Selain Obat Sakit Gigi, Ini Manfaat Berkumur Air Garam

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
berkumur air garam untuk sakit gigi

Halodoc, Jakarta - Berkumur air garam merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan di rumah untuk mengatasi sakit gigi. Selain itu, air garam diklaim ampuh dalam mengatasi sakit tenggorokan, pilek, atau infeksi sinus. Air garam juga dapat membantu mengatasi alergi pada kulit. Membuat obat kumur dari air garam caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan garam secukupnya dengan air hangat.

Baca juga: Berkumur Air Garam, Efektifkah Obati Gondongan?

Pada pengidap sakit gigi, air garam dapat melindungi gusi dari bakteri. Obat ini juga ampuh dalam meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, kumur air garam dapat membantu mencegah terjadinya radang gusi, gigi berlubang, serta periodontitis, yaitu infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Selain dapat digunakan sebagai obat sakit gigi, berikut manfaat berkumur air garam yang lainnya:

  • Mengatasi Sakit Tenggorokan

Meskipun caranya yang masih kuno, berkumur air garam nyatanya masih dilakukan sampai saat ini sebagai langkah untuk mengatasi sakit tenggorokan. Selain itu, berkumur air garam efektif dalam mengatasi masuk angin atau flu yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

  • Mengatasi Infeksi Saluran Pernapasan

Berkumur air garam dapat membantu mengatasi infeksi dengan mencegah infeksi menjadi bertambah parah. Infeksi yang dimaksud termasuk infeksi virus atau bakteri. Dalam hal ini, penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri, antara lain flu, radang tenggorokan, serta masuk angin. Meskipun berkumur air garam tidak akan efektif tanpa adanya penanganan lebih untuk mencegah terjadinya infeksi ulang. Dalam hal ini, kamu dapat melakukan vaksinasi.

Jika kamu memiliki masalah kesehatan, diskusikan segera dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc. Dokter di Halodoc akan membantu kamu menemukan langkah yang tepat untuk mengatasi penyakit yang kamu alami.

Baca juga: Tanpa Harus Batal, Begini 5 Cara Atasi Sakit Gigi Saat Puasa

  • Mengatasi Alergi

Radang tenggorokan dapat terjadi karena adanya alergi tertentu pada tubuh, seperti alergi serbuk sari, atau alergi bulu binatang. Selain itu, berkumur air garam juga dapat membantu meringankan gejala sakit tenggorokan yang terasa sangat tidak nyaman akibat reaksi alergi.

  • Mengatasi Sariawan

Berkumur air garam juga dapat meringankan sariawan. Air garam akan bekerja dengan mengurangi rasa sakit dan radang yang disebabkan oleh luka.

  • Mengatasi Bau Mulut

Berkumur dengan air garam dapat menetralisir bakteri yang dapat menjadi penyebab bau mulut. Hal ini dikarenakan garam dapat mengubah pH mulut, sehingga menghambat produksi mikroorganisme bakteri yang membuat napas menjadi tidak sedap.

Namun, masalah bau mulut tidak dapat hilang jika bau mulut disebabkan oleh kondisi medis yang lebih serius. Berkumur dengan air garam hanya menghilangkan bau mulut sementara, karena penanganan harus difokuskan pada penyakit yang mendasari terjadinya bau mulut.

Bagi anak-anak dan orang dewasa yang nyaman dengan berkumur air garam, cara ini bisa menjadi langkah yang mudah, karena dapat dilakukan di mana pun. Namun, perlu diingat bahwa menangani masalah kesehatan tidak cukup hanya dengan berkumur air garam. Untuk memaksimalkan pengobatan, kamu juga harus dibantu dengan resep obat dari dokter.

Baca juga: Ini Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah

Selain konsumsi obat-obatan dari dokter, kamu dapat mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang untuk menunjang kesehatan tubuhmu. Kamu juga dapat menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga. 

Referensi:
Healthline (Diakses pada 2019). What Are the Benefits of a Salt Water Gargle?
Stylecraze (Diakses pada 2019). 15 Amazing Benefits of Salt Water Gargle.