• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makan Es Krim saat Hamil Bisa Tambah Berat Badan Bayi?

Makan Es Krim saat Hamil Bisa Tambah Berat Badan Bayi?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Jika berat badan (BB) bayi dalam kandungan dinilai kurang dari BB ideal di usia kehamilan tersebut, dokter biasanya akan menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi makanan tertentu, terutama yang kandungan kalorinya tinggi. Salah satu makanan dengan kalori tinggi yang biasa disarankan adalah es krim. Namun, mengapa makan es krim saat hamil bisa tambah BB bayi dalam kandungan? Tentu saja karena kandungan kalori dan gulanya yang cukup tinggi.

Dalam setiap 100 gramnya, es krim mengandung sekitar 207 kalori dan 16 gram gula. Itulah sebabnya, makan es krim saat hamil bisa tambah BB bayi dalam kandungan. Namun, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan juga, agar terhindar dari masalah kesehatan lain. Konsultasikan BB bayi dalam kandungan secara berkala ke dokter, agar bisa tau kapan harus menambah atau mengurangi konsumsi makanan tertentu.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Bukan Cuma Makan Es Krim, Ini Cara Lain Tambah BB Bayi

Cara tambah BB bayi dalam kandungan sebenarnya tak hanya dengan mengonsumsi es krim saja. Ada beberapa pilihan cara untuk tambah BB bayi lainnya yang juga bisa dicoba, yaitu:

1. Makan 5-6 Kali Sehari dengan Porsi Kecil

Makan dengan frekuensi lebih sering dapat menjadi solusi untuk menambah BB bayi dalam kandungan. Konsumsilah makanan yang tinggi kalori dengan porsi yang lebih kecil, tetapi lebih sering. Misal biasa makan 2-3 kali sehari, jadi 5-6 kali sehari, tapi porsinya kecil-kecil.

2. Ngemil Kacang-kacangan dan Buah Kering

Olahan buah kering dan kacang-kacangan bisa menjadi pilihan camilan untuk ibu hamil, terutama bagi yang sedang mencari cara menambah BB bayi dalam kandungan. Cobalah konsumsi almond, aprikot, walnut, kismis, dan jenis lainnya. Namun, jangan mengonsumsinya berlebihan juga, karena bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Baca juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Trimester Awal Kehamilan

3. Minum Vitamin

Jika BB bayi dalam kandungan tetap saja kurang, dokter biasanya akan merekomendasikan vitamin untuk memastikan pertumbuhan bayi sesuai dengan usianya. Selain itu, asupan vitamin ini juga bisa menambah berat badan bayi dalam kandungan. Untuk tahu vitamin seperti apa yang bisa dikonsumsi, coba bicarakan dengan dokter kandungan di Halodoc lewat chat, atau buat janji dengan dokter kandungan di rumah sakit, untuk konsultasi langsung.

4. Banyak Minum Air

Tak hanya dari makanan, ibu hamil juga disarankan banyak minum sebagai cara menambah BB bayi dalam kandungan. Tidak harus dalam bentuk air putih, ibu hamil juga bisa mengonsumsi jus buah, jus sayur, susu, dan cairan lainnya seperti pengganti susu untuk ibu hamil asal tidak mengandung kadar gula yang terlalu tinggi.

5. Banyak Istirahat

Jika BB bayi dalam kandungan dinyatakan kurang, coba perhatikan aktivitas ibu belakangan. Apakah terlalu padat dan menyebabkan kurang istirahat atau tidak? Sebab, tubuh ibu mungkin saja tidak merasa lelah karena sudah terbiasa, padahal sebenarnya butuh istirahat. Jadi, cobalah perbanyak waktu istirahat dan kurangi sedikit kesibukan sejenak. Apalagi, kelelahan dan kurang istirahat bisa berdampak pada pertumbuhan janin.

Baca juga: 4 Tanda Kurang Gizi selama Kehamilan

6. Tetap Tenang dan Optimis

Terkadang, rasa cemas berlebih terhadap bayi dalam kandungan dan kehamilan juga bisa membuat ibu merasa stres. Siasati hal ini dengan menelaah betul apa yang menjadi pemicu stres dan uraikan satu persatu akar masalahnya. Merasa stres bisa membuat ibu hamil makan berlebihan atau justru kurang makan. Padahal, semua yang berlebihan itu tidak baik dan bisa berpengaruh terhadap bertambahnya BB bayi dalam kandungan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah BB bayi dalam kandungan, selain makan es krim. Perlu diingat bahwa ibu hamil sebaiknya jangan langsung panik ketika dokter mengatakan bahwa BB bayi dalam kandungan di bawah target. Sebab, ada banyak cara menambah BB bayi yang sehat dan bahkan bonusnya juga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil.

Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2020. Increase Fetal Weight.
WebMD. Diakses pada. 2020. Pregnancy: Your Baby’s Growth Development Months 7 to 9.