25 September 2017

5 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

5 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta - Trimester pertama kehamilan bisa dibilang merupakan saat-saat yang rentan karena ibu mesti benar-benar menjaga kesehatannya. Mulai dari makanan, aktivitas, hingga pola istirahat harus diperhatikan agar ibu dan janin tetap sehat.

Pada usia kehamilan yang masih muda, perkembangan janin dalam kandungan menjadi prioritas. Ibu tidak bisa asal memilih asupan yang tepat atau cuma menebak-nebak mana makanan yang baik untuk kesehatan. Belum lagi mual dan muntah yang kerap dialami di trimester pertama. Kalau sudah begini, nafsu makan pun menurun dan perkembangan janin dalam kandungan pun bisa terganggu.

Asupan makanan yang ideal bagi ibu hamil bukan berdasar pada jumlah porsi melainkan jumlah kandungannya. Makanan harus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan. Nah, berikut ini adalah 5 jenis makanan sehat untuk ibu hamil muda yang direkomendasikan:

1.  Sereal
Morning sickness sudah menjadi masalah yang umum bagi ibu hamil trimester pertama. Ibu merasa mual dan muntah ketika mengonsumsi atau mencium aroma makanan tertentu. Bahkan ada yang sampai kehilangan nafsu makan. Tentu saja kondisi ini tidak baik bagi kandungan. Oleh karena itu, sereal adalah  pilihan menu sarapan yang bisa diandalkan oleh ibu karena mengandung mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin. Selain itu, energi dan serat dari gandum utuh sudah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil sehingga aman dikonsumsi. Jangan lupa untuk minta rekomendasi dari dokter mengenai sereal yang cocok untuk ibu, ya.

2.  Produk Susu & Olahannya
Jika tak sanggup mengonsumsi banyak makanan akibat morning sickness maka susu adalah pilihan yang baik untuk ibu memenuhi gizi yang dibutuhkan. Susu ibu hamil diformulasikan khusus untuk membantu pertumbuhan jaringan baru pada bayi, memperbaiki jaringan yang rusak serta pembentukan otot dan juga transportasi oksigen ke janin. Jika kebutuhan protein dan mineral terpenuhi maka tentu bisa menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi.

3.  Buah & Sayur
Makanan dengan kandungan vitamin C baik untuk dikonsumsi pada trimester pertama. Ini karena vitamin C dapat menambah kekebalan tubuh dan gangguan infeksi. Selain itu, sangat penting juga mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi agar terhindar dari anemia. Jadi perbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau setiap hari. Selain itu, makanan jenis kacang-kacangan seperti kacang hijau pun baik karena kaya asam folat dan vitamin B.

4.  Ikan
Kandungan protein dan asam lemak omega 3 dalam ikan laut dapat membantu pembentukan dan perkembangan otak janin. Namun perlu diperhatikan pada beberapa ikan laut yang sudah tercemar merkuri. Ikan jenis ini justru berbahaya bagi kandungan. Selain itu, sebaiknya ikan dikonsumsi secara matang karena ikan mentah berisiko tercemar bakteri dan meningkatkan kadar lemak jenuh.

5.  Air
Ibu yang sedang hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan air. Apalagi bagi ibu di trimester pertama yang seringkali mual. Konsumsi air putih bisa dicampurkan dengan sari buah tanpa tambahan gula. Ini akan menambah asupan air serta serat sekaligus.

Bicarakan selalu masalah kesehatan kandungan dengan dokter yang tepat. Terutama bagaimana cara memenuhi gizi di masa trimester pertama yang rentan. Jika ibu malas keluar rumah, bicara dengan dokter kini bisa dengan Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Belanja produk kesehatan yang dibutuhkan pun bisa langsung diantar ke tempat tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!