• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Lunak untuk Pengidap Gastroenteritis

Makanan Lunak untuk Pengidap Gastroenteritis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Makanan Lunak untuk Pengidap Gastroenteritis

"Gastroenteritis bisa menyerang siapa saja. Kondisi ini terjadi pada sistem pencernaan dan bisa memicu rasa tidak nyaman. Untuk mengurangi gejala dan membantu kinerja organ pencernaan, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lunak sehingga beban kerja usus dan organ lainnya tidak terlalu berat."


4 Makanan Lunak untuk Pengidap Gastroenteritis

Halodoc, Jakarta – Gastroenteritis adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit ini terjadi karena ada bakteri atau virus yang menginfeksi lambung dan usus kecil kemudian memengaruhi pencernaan. Pengidap penyakit ini disarankan untuk selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehingga bisa meringankan kinerja sistem pencernaan. 

Pengidap gastroenteritis disarankan untuk mengonsumsi makanan lunak. Hal ini bisa membantu lapisan usus agar sembuh lebih cepat dan memungkinkan tubuh untuk mendapatkan kembali energi. Selain itu, pengidap penyakit ini juga disarankan untuk makan sedikit-sedikit. Jika sudah mulai membaik, jumlah konsumsi makanan bisa ditingkatkan secara bertahap. 

Baca Juga: Hati-Hati, Gastroenteritis Bisa Menular Lewat Air Liur

Jenis Makanan untuk Pengidap Gastroenteritis

Pengidap gastroenteritis sebaiknya memperhatikan setiap jenis makanan yang dikonsumsi. Nah, berikut ini jenis makanan yang cocok untuk pengidap gastroenteritis:

1.Sup

Sup kaldu menjadi menu makanan yang sering direkomendasikan untuk seseorang yang sedang sakit. Sup berbahan dasar kaldu memiliki kandungan air yang tinggi sehingga menambah hidrasi tubuh selama mengalami gastroenteritis. 

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Gastritis dan Gastroenteritis

2.Kentang Rebus

Kentang yang direbus memiliki tekstur lembut, rendah lemak, dan terbuat dari pati yang mudah dicerna. Kentang juga sarat dengan kalium yang merupakan elektrolit primer yang hilang selama mengalami gastroenteritis. Hindari menambahkan topping tinggi lemak, seperti mentega, keju, dan krim asam yang dapat memperburuk gastroenteritis. 

3.Telur

Selain mudah dicerna, telur adalah sumber protein yang baik dan menyediakan nutrisi lain, seperti vitamin B dan selenium, yang merupakan mineral yang penting bagi sistem kekebalan tubuh. Hindari menggoreng telur dalam minyak atau mentega karena jumlah lemak yang tinggi dapat memperburuk kondisi gastroenteritis.

Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, penting juga untuk menerapkan pola makan atau diet yang tepat. Pengidap gastroenteritis bisa mencoba menerapkan metode diet BRAT, yaitu diet rendah serat dengan mengonsumsi empat menu utama, yaitu pisang, nasi, saus apel dan roti bakar. Meski bercita rasa hambar, BRAT sangat direkomendasikan bagi seseorang yang mengalami masalah pencernaan, termasuk gastroenteritis. Ini karena, keempat makanan tersebut memiliki tekstur yang lembut. 

Namun, mengonsumsi BRAT saja tidak memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seseorang yang mengidap gangguan pencernaan perlu mengonsumsi bahan makanan lainnya, seperti daging rendah lemak, ikan, sayuran, dan lain-lain untuk memenuhi nutrisi tubuh. 

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

Ada sejumlah makanan dan minuman yang perlu dihindari karena memperburuk mual, muntah, diare, dan gejala gastroenteritis lainnya. Berikut ini sejumlah jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari:

  • Minuman berkafein. Kafein merusak kualitas tidur yang kemudian menghambat pemulihan. Selain itu, kopi dapat merangsang pencernaan sehingga berisiko memperburuk gastroenteritis.
  • Makanan tinggi lemak dan gorengan. Makanan tinggi lemak lebih sulit untuk dicerna yang menyebabkan diare, mual, dan muntah.
  • Makanan pedas. Makanan pedas memicu mual dan muntah sehingga memperburuk pencernaan.
  • Makanan dan minuman manis. Kandungan gula yang tinggi menghambat pencernaan sehingga memperburuk gastroenteritis.
  • Susu dan produk olahan susu. Pencernaan yang sedang bermasalah sulit mencerna laktosa, protein dalam susu, dan produk susu. Mengonsumsi susu dan produk olahannya juga memperberat kerja pencernaan.

Baca Juga: Manfaat Jahe untuk Mengobati Gastroenteritis

Selain mengatur pola makan, menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi multivitamin tambahan. Kamu bisa dengan mudah membeli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah segera. Download Halodoc di sini!


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 17 Foods and Drinks for When the Stomach Flu Strikes.
Quebec. Diakses pada 2021. Foods to eat when you have gastroenteritis.