• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Sumber Asam Amino Esensial Terbaik untuk Anak

Makanan Sumber Asam Amino Esensial Terbaik untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Setiap orangtua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut adalah memberikan asupan yang paling baik pada anak. Nutrisi dan gizi dari makanan yang dikonsumsinya dapat memastikan tumbuh kembangnya optimal, sehingga semua hal benar-benar dimaksimalkan.

Salah satu nutrisi yang perlu dipenuhi oleh anak adalah asam amino esensial. Kandungan tersebut penting untuk dipenuhi karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri, harus melalui beberapa makanan. Maka dari itu, ibu harus tahu beberapa makanan yang banyak mengandung asam amino esensial agar nutrisi anak tetap terjaga. Berikut beberapa makanan tersebut!

Baca juga: Ini Manfaat Asam Amino Esensial Bagi Tubuh

Makanan Kaya Kandungan Asam Amino Esensial

Tubuh paling tidak membutuhkan 20 kandungan asam amino yang berbeda agar dapat menjaga kesehatan dan kelangsungan semua fungsinya. Semua orang wajib mendapatkan sembilan dari kandungan asam amino tersebut, yang disebut juga dengan asam amino esensial. Kandungan tersebut didapatkan melalui beberapa makanan dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak terkait pertumbuhan.

Asam amino sendiri adalah senyawa yang jika digabungkan akan membentuk protein. Setelah protein di dalam makanan masuk ke tubuh, sistem pencernaan akan memecahnya menjadi asam amino agar dapat diolah dan digunakan agar tubuh dapat berfungsi secara normal. Kandungan tersebut baik untuk anak-anak karena dapat memastikan sistem imunnya lebih maksimal melindungi dari serangan penyakit.

Maka dari itu, penting untuk menyiapkan segala asupan yang akan dikonsumsi anak ibu setiap hari mengandung asam amino esensial. Dengan begitu, pertumbuhan dan kesehatannya dapat terjaga setiap harinya. Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan kandungan asam amino esensial:

  1. Daging Tanpa Lemak

Salah satu makanan yang dapat dikonsumsi anak agar dapat memastikan asupan kandungan asam amino esensial adalah daging tanpa lemak. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, ibu dapat memastikan semua kandungan asam amino esensial diterima anak tanpa adanya banyak lemak yang masuk ke tubuh. Salah satu jenis daging yang dapat dikonsumsi adalah daging ayam.

Pada daging ayam, protein yang dikandungnya terbilang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian asam amino esensial anak setiap harinya. Selain itu, daging ayam dapat mencegah rasa lapar agar tidak cepat timbul karena kalori di dalamnya. Dengan mengonsumsi makanan ini, ibu dapat memastikan tumbuh kembang anak tetap optimal.

Baca juga: 7 Makanan Sehat untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

  1. Daging Salmon

Sumber asam amino esensial yang baik dikonsumsi oleh anak-anak adalah daging salmon. Selain itu, makanan tersebut juga mengandung asam lemak sehat dan omega-3 yang baik untuk jantung serta otak. Selain itu, ikan ini juga mempunyai rasa yang nikmat dan bahkan dapat membuat nafsu anak ibu meningkat saat merasakannya. Kandungan di dalam daging salmon juga dapat menjaga kebugaran otot setiap orang.

  1. Telur

Sudah hal yang umum jika semua orang tahu apabila telur kaya akan kandungan protein yang menyehatkan. Di dalam satu telur terkandung asam amino esensial ditambah beberapa vitamin dan mineral yang sangat baik jika dikonsumsi oleh anak. Selain itu, telur dapat menjadi makanan yang tepat di pagi hari karena dapat meningkatkan energi yang dibutuhkan ketika anak akan berangkat ke sekolah.

  1. Biji-bijian

Anak ibu juga dapat mengonsumsi lebih banyak biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan asam amino esensial pada tubuhnya. Salah satu jenis biji-bijian yang cocok adalah quinoa. Makanan ini mengandung protein yang tinggi disertai serat, magnesium, zat besi, kalium, kalsium, hingga fosfor. Maka dari itu, makanan ini sangat cocok untuk diberikan untuk menjaga kesehatan anak.

Itulah beberapa makanan yang kaya akan kandungan asam amino esensial yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan anak. Ibu dapat memastikan jika salah satu jenis makanan tersebut masuk ke tubuh anak sehingga segalanya berjalan optimal. Selalu pastikan memberikan yang terbaik untuk putra-putri ibu.

Baca juga: Inilah 5 Makanan Sehat untuk Si Kecil yang Masih Balita

Lalu, apabila ibu masih mempunyai pertanyaan terkait makanan lainnya yang kaya akan kandungan asam amino esensial, dokter dari Halodoc dapat memberikan penjelasan secara lengkap. Caranya terbilang mudah, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about essential amino acids.
Rejuvenate Muscle. Diakses pada 2020. 7 Foods High in Essential Amino Acids.