08 August 2017

Ini Dia 5 Makanan Sehat untuk Si Kecil yang Masih Balita

Ini Dia 5 Makanan Sehat untuk Si Kecil yang Masih Balita

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang memiliki anak di bawah lima tahun (Balita) dan sedang aktif bermain dan belajar tentunya memerlukan asupan nutrisi yang cukup, tepat, dan lengkap untuk menjamin agar tumbuh kembangnya optimal. Sebagai orang tua, pastikan agar kamu menyajikan menu makanan sehat yang bisa memberikan asupan energi dan zat gizi untuk mendukung perkembangan motorik, mental, dan kognitifnya. Berikut adalah 5 makanan sehat untuk balita yang perlu kamu ketahui:

1.  Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran berdaun hijau tua seperti sawi, bayam, brokoli, dan kangkung memiliki banyak kandungan serat untuk menjaga metabolisme tubuh dan kadar vitamin serta mineral yang tinggi, yaitu zat besi, kalsium, dan asam folat.

2.  Daging
Makanan sehat selanjutnya yakni daging. Daging merupakan sumber yang baik untuk tubuh karena mengandung vitamin, protein, mineral, zat besi, seng, dan vitamin B12. Kamu bisa membuat menu makanan sehat balita dari daging rendah lemak dan ayam tanpa kulit. Namun perlu diingat sebaiknya kamu perlu mengurangi konsumsi jeroan dan daging olahan seperti sosis dan nugget.

3.  Buah-buahan
Kamu perlu juga memasukkan menu makanan sehat balita berupa buah-buahan seperti alpukat,  blueberry, atau jeruk mandarin yang memiliki banyak kandungan berbagai zat gizi yang diperlukan si buah hati. Untuk alpukat, buah ini memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang menyehatkan. Karena makanan sehat ini mengandung kalori yang tinggi. Alpukat juga cocok untuk dijadikan menu sehari-hari bagi si kecil yang berat badannya masih kurang. Sementara blueberry memiliki kandungan flavonoid yang sangat baik untuk mata, otak, dan saluran kemih anak. Jeruk mandarin kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga cocok untuk dijadikan camilan sehat favorit.

4.  Kacang-kacangan
Kamu juga bisa menyajikan menu makanan sehat balita dari kacang-kacangan seperti kacang tanah, kedelai, almon, pistachio, dan lain-lain yang memiliki kandungan sumber lemak baik (omega-3 dan omega-6) sehingga bermanfaat untuk tubuh, khususnya jantung. Selain itu, kacang-kacangan ini juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin E, fosfor, selenium, dan mangan.

5.  Yoghurt 
Kamu bisa memperkenalkan yoghurt kepada anak yang berusia satu tahun ke atas. Yoghurt merupakan bakteri baik dalam produk fermentasi susu berfungsi memelihara kesehatan saluran pencernaan anak kamu. Makanan sehat yang satu ini juga menjadi sumber yang baik untuk kalsium dan vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang dan gigi buah hati kamu. Selain itu yoghurt juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta kesehatan jantung dan otak.

Itulah 5 makanan sehat yang perlu diberikan pada anak balita kamu. Dengan memberikan makanan-makanan sehat tersebut secara rutin maka akan membantu tumbuh kembang anak agar sehat dan jauh dari berbagai penyakit.

Untuk saran mengenai makanan sehat maupun kesehatan si kecil lainnya kamu bisa mendiskusikannnya dengan dokter yang ada di Halodoc kapan saja dan dimana saja. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter anak pilihan secara langsung. Halodoc memudahkan penggunanya untuk berdiskusi dengan dokter melalui chat, video call, dan voice call. Download Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!

Baca Juga : 4 Hal Ini Bisa Buat Si Kecil Terlahir dengan Badan Tinggi