• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Dapat Redakan Nyeri Haid

5 Makanan yang Dapat Redakan Nyeri Haid

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Seperti namanya, nyeri haid adalah kondisi yang menyerang wanita pada periode menstruasi alias haid. Munculnya nyeri haid bisa sangat mengganggu dan membuat seseorang kesulitan untuk beraktivitas. Namun, jangan khawatir, nyeri haid yang muncul ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Sebelumnya perlu diketahui, nyeri haid muncul akibat dinding otot rahim bergerak dan menekan pembuluh darah yang ada disekitarnya. Kondisi ini merupakan hal yang normal terjadi pada masa menstruasi. Akibat tekanan tersebut, pasokan oksigen ke rahim menjadi terganggu, bahkan terhenti. Tubuh kemudian akan mengeluarkan zat kimia pemicu rasa sakit. Lantas, apa saja makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala nyeri haid? Simak jawabannya di bawah ini.

Baca juga: Datang Bulan Enggak Teratur, Gara-Gara Miom?

Makanan untuk Meredakan Nyeri Haid

Nyeri yang muncul saat haid muncul karena tubuh memproduksi prostaglandin yang membuat otot-otot rahim terus berkontraksi, sehingga nyeri yang muncul terasa semakin menyakitkan. Sakit perut saat haid bisa diredakan dengan beberapa jenis obat alami, termasuk konsumsi makanan tertentu. Berikut ini jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi nyeri haid: 

  • Yoghurt 

Saat nyeri haid yang mengganggu muncul, kamu bisa coba mengatasinya dengan yogurt rendah lemak. Jenis makanan ini banyak mengandung kalsium yang disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang tengah haid. Selain bisa meredakan nyeri haid, konsumsi yoghurt juga bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian untuk tubuh. 

  • Brokoli 

Mengonsumsi sayur-sayuran juga bisa membantu meredakan nyeri haid, salah satunya brokoli. Sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu meredakan nyeri dan kram menstruasi. Brokoli memiliki kandungan vitamin A, C, B6, dan E, serta kalsium, kalium, dan magnesium yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi sayuran yang satu ini, juga bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan serat yang membantu mengatur kadar estrogen juga menstabilkan sistem pencernaan.

Baca juga: Para Wanita Harus Tahu, Ini 9 Gejala dari Amenorrhea

  • Telur 

Konsumsi telur ternyata juga bisa membantu meredakan nyeri haid. Makanan yang satu ini kaya akan kandungan vitamin D, B6, dan E. Seluruh kandungan nutrisi yang ada dalam telur tersebut bisa membantu melawan sakit perut atau reaksi datang bulan lain yang membuat tidak nyaman. 

  • Salmon 

Nyatanya, ada banyak jenis makanan yang kaya akan nutrisi dan bisa dicoba untuk membantu meredakan nyeri haid, salah satunya salmon. Rutin mengonsumsi salmon bisa membantu meredakan nyeri haid karena kandungan vitamin D dan vitamin B6. Salmon bisa membantu mengurangi iritabilitas dan nyeri pada payudara. Selain salmon, kamu juga bisa memilih jenis ikan lain yang tak kalah sehat, seperti makarel atau sarden. 

  • Pisang 

Pisang kaya vitamin B6 dan kalium yang bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman pada perut, seperti kembung. Buah pisang juga bisa membantu memenuhi asupan potasium pada tubuh. Saat tubuh kekurangan potasium, risiko terjadinya kram otot menjadi lebih tinggi.

Baca juga: 6 Trik Atasi Nyeri Haid Saat di Kantor

Cari tahu lebih lanjut seputar nyeri haid, penyebab dan apa saja makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakannya dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2020. 8 Foods That Help Fight PMS.
Healthline. Diakses pada 2020. Home Remedies to Relieve Menstrual Pain.
Web MD. Diakses pada 2020. Foods That Help or Hurt Tummy Cramps.