• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mendidik Anak Suka Berhitung, Ini Triknya

Mendidik Anak Suka Berhitung, Ini Triknya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Beberapa orang kurang menyukai pelajaran matematika karena sejak kecil kurang dibiasakan untuk belajar berhitung. Memang, pelajaran yang berhubungan dengan hitungan dapat menjadi sesuatu yang merumitkan dan memusingkan. Maka dari itu, peran orangtua sangat penting untuk mendidik anak agar terbiasa dalam pelajaran berhitung.

Saat anak sedang dalam masa pertumbuhan, itulah waktu yang tepat untuk mengajarkannya berhitung. Jika anak sudah terbiasa dengan hitungan sejak usia dini, itu akan memudahkannya dalam menguasai pelajaran matematika di kemudian hari. Maka dari itu, ibu harus tahu beberapa trik yang dapat dilakukan untuk mendidik anak agar terbiasa berhitung.

Baca juga: 5 Cara Agar Anak Suka Berhitung dan Matematika

Trik Mengajarkan Anak Berhitung

Mendidik anak suka berhitung memang bukanlah perkara mudah, tetapi dapat dilakukan dengan beberapa trik sederhana. Berikut beberapa trik yang dapat dilakukan untuk didik anak agar suka berhitung:

  1. Ajarkan Anak Berhitung dengan Nyanyian

Salah satu trik yang dapat orangtua lakukan untuk mendidik anak suka berhitung adalah dengan nyanyian. Saat ini telah tersedia berbagai macam lagu tentang berhitung yang bisa ibu perdengarkan pada anak. Dengan nyanyian tersebut, berhitung pun bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan buat Si Kecil dan ia pun tidak akan cepat bosan.

  1. Memasukkan Angka pada Aktivitas Harian

Trik lainnya yang bisa ibu lakukan supaya Si Kecil suka berhitung adalah dengan membuatnya terbiasa dengan angka pada aktivitasnya sehari-hari. Contohnya, saat mengajak anak untuk berbelanja ke pasar, ibu dapat menyuruh anak untuk memasukkan tiga apel ke dalam kantung belanjaan. Dengan lebih sering mempraktekannya dalam kegiatan sehari-hari, Si Kecil akan lebih cepat untuk belajar berhitung. Selain itu, dia juga lebih banyak mengetahui nama-nama barang saat membantu ibunya.

Baca juga: 5 Cara Mengajari Anak Suka Matematika

  1. Pilih Mainan Anak yang Berhubungan dengan Angka

Bermain sambil belajar bisa dijadikan sebagai salah satu metode untuk mengajarkan anak berbagai macam hal, termasuk berhitung. Dengan begitu, anak tidak akan cepat bosan dan lebih cepat menguasai materi yang diajarkan. Meski begitu, ibu tetap harus membimbing proses belajarnya. Dengan begitu, ia akan lebih mengerti pelajaran yang diajarkan melalui permainan yang dilakukan.

Terkadang memang tidak mudah untuk membiasakan anak menyukai berhitung. Nah, jika ibu masih membutuhkan saran terkait hal ini, dokter anak atau psikolog dari Halodoc dapat membantu. Caranya mudah, ibu hanya perlu men-download aplikasinya melalui App Store dan Google Play. 

  1. Menggambar sambil Berhitung

Ibu juga dapat mengajarkan anak tentang angka dengan metode menggambar. Dengan cara ini, Si Kecil dapat membiasakan diri untuk menggambar sekaligus belajar berhitung. Contohnya, ketika ibu menuliskan angka, mintalah anak untuk menggambar objek tersebut sesuai jumlah yang ditunjukkan. Selain itu, ibu juga dapat melakukan sebaliknya, yaitu menggambar beberapa objek dan meminta anak menyebutkan ada berapa objek pada gambar tersebut.

  1. Berhitung Menggunakan Jari Tangan dan Kaki

Belajar berhitung dengan menggunakan jari tangan dan kaki adalah salah satu cara jitu untuk memperkenalkan anak pada angka. Ibu dapat mengajarkan si Kecil untuk menghitung jari pada masing-masing tangan. Selain itu, ibu juga meminta anak untuk menghitung jumlah jari manis dan setelah itu bertambah dengan menambahkan jari-jari lainnya.

Baca juga: Intip 5 Tips Sukses Ajarkan Anak Berhitung

Itulah beberapa trik yang dapat dilakukan untuk mendidik anak terkait cara efektif dalam berhitung. Dengan memastikan anak terbiasa menggunakan angka pada segala kegiatannya, si Kecil akan lebih terbiasa. Sehingga, kebiasaan baik ini dapat terbawa hingga dirinya dewasa.

Referensi:
First Cry. Diakses pada 2020. When and How to Teach Numbers to Kindergarten.
ABCDee Learning. Diakses pada 2020. How to Teach Your Toddler Numbers (9 Simple Strategies).