Sering Pergi ke Konser Musik Bisa Menyehatkan Jiwa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Sering Pergi ke Konser Musik Bisa Menyehatkan Jiwa

Halodoc, Jakarta – Akhir-akhir ini ada banyak konser musik diselenggarakan di Jakarta, setelah John Mayer ada Ed Sheeran beberapa waktu lalu memeriahkan ibukota. Buat kamu yang termasuk tipikal orang yang senang datang ke konser musik, ternyata menurut penelitian datang ke konser musik bisa menyehatkan jiwa.

Salah satu penelitian yang menegaskan hal ini datang dari asosiasi dosen Universitas Goldsmith, Patrick Fagan yang mengatakan kalau pergi ke pertunjukan musik akan membantu seseorang hidup lebih lama. Dikatakan, menghabiskan waktu 20 menit di acara musik dapat meningkatkan mood baik sebesar 21 persen.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stres

Ini berarti bahwa ada hubungan antara menghadiri konser dan berapa lama kamu hidup. Tidak hanya itu, menghadiri konser musik juga terkait dengan peningkatan stimulasi mental dan interaksi dengan orang lain.

Musik yang Menggembirakan Memberikan Efek Positif

Sejatinya musik memang bisa memberikan dampak psikologi yang baik. Sebuah penelitian oleh tim di University of Missouri menerbitkan penelitian di The Journal of Positive Psychology, yang menyatakan bahwa musik yang menggembirakan memiliki "efek positif yang signifikan" pada performa kesehatan.

  • Musisi Kesukaan

Kebanyakan orang merasakan berbagai macam emosi sepanjang hari. Tentunya dengan menghadiri konser musik tidak lantas menjadikan kamu sebagai orang paling bahagia sedunia. Hanya saja ini sedikit banyak membantu kamu menikmati rutinitas yang monoton. Apalagi ketika konser musik yang kamu hadiri adalah musisi kesukaan.

Baca juga: 6 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Paling Rendah 2019

Nilai positif dari menghadiri konser musik sejatinya tidak hanya mendengarkan musik favorit, melihat band yang disenangi, tapi juga memberikan nuansa baru pada rutinitasmu. Misalnya, bertemu orang-orang baru atau minimal mengamati interaksi orang-orang yang bahagia karena menikmati musik, ternyata kombinasi ini yang menunjang kesehatan jiwa.

  • Menurunkan Stres

Menghadiri pertunjukan musik mengurangi pelepasan kortisol dan hormon stres lainnya, menurut sebuah studi oleh para peneliti dari Imperial College London. Hasil fisiologis dari mereka yang menghadiri konser adalah penurunan denyut jantung, tekanan darah, dan laju pernapasan.

  • Mengurangi Sakit

Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik sebelum, selama, dan setelah operasi memiliki efek analgesik pada pasien. Hal yang sama berlaku untuk orang-orang yang menghadiri konser, kata Dr. Steven Eisenberg, seorang ahli onkologi, ahli hematologi, dan penyakit dalam yang berbasis di dekat San Diego. Saat kamu bersemangat dalam sebuah konser, maka otak melepaskan endorfin dan neurotransmitter yang menghalangi rasa sakit.

Baca juga: Stres Karena Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

  • Meningkatkan Koneksi

Berusaha keras untuk menghadiri konser dan menikmati musik bersama ribuan orang lain adalah peristiwa komunal yang positif yang membuat kamu merasa terhubung dengan orang lain. Inilah yang baik untuk mental dan umur panjang, ketika melakukan sesuatu dengan orang-orang yang menyenangi hal sama.

  • Kesempatan Merenungi Hidup

Mendengarkan band atau penyanyi favorit melakukan lagu-lagu tertentu dapat membawa kamu kembali ke waktu dalam hidup ketika kamu pertama kali mendengar lagu-lagu itu. Ini membantu kamu menghidupkan kembali sukacita, kepolosan, nafsu, kekecewaan, kesedihan, penyesalan, ataupun kemarahan dari periode tersebut.

Ini dikatakan Thomas M. Beaudoin, seorang profesor agama di Universitas Fordham yang telah menulis beberapa buku tentang musik dan agama. Momen ini kerap menjadi semacam terapi di mana kamu melakukan perenungan ataupun kontemplasi kilas balik hidupmu.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai hubungan antara musik dan kesehatan jiwa, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to a Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.