Menelan Biji Buah Bisa Memicu Penyakit Usus Buntu, Benarkah?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Januari 2021
Menelan Biji Buah Bisa Memicu Penyakit Usus Buntu, Benarkah? Menelan Biji Buah Bisa Memicu Penyakit Usus Buntu, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Penyakit usus buntu atau apendisitis akut adalah salah satu masalah yang tak boleh dianggap remeh. Penyakit ini disebabkan akibat sumbatan pada usus buntu yang bisa terjadi secara sebagian atau total. Nah, sumbatan usus buntu yang menyeluruh ini menjadi kondisi darurat yang perlu segera ditangani. 

Hati-hati, bila kondisi ini dibiarkan maka bisa memicu infeksi serius, bahkan menyebabkan usus buntu pecah. Mau tahu akibatnya? Pengidapnya akan mengalami nyeri hebat pada bagian perut, hingga membahayakan nyawanya. 

Pertanyaannya, apa penyebab penyakit usus buntu? Benarkah menelan biji buah bisa memicu penyakit usus buntu? 

Baca juga: Inilah Perbedaan Usus Buntu dan Mag

Biji Buah Sebabkan Usus Buntu, Masa Sih?

Terdapat studi menarik yang bisa disimak tentang hubungan antara usus buntu dan biji buah yang masuk ke dalam tubuh (baik tertelan sengaja maupun tidak). Studi di US National Library of Medicine National Institutes of Health, berjudul “Can fruit seeds and undigested plant residuals cause acute appendicitis”.

Menurut studi di atas, di antara 1.969 kasus yang didiagnosis sebagai apendisitis akut yang menjalani operasi usus buntu antara 2002 dan 2009, terdapat 8 kasus dengan adanya sisa tanaman atau biji buah yang tidak tercerna. Usia rata-rata pasien adalah 39 tahun dan semuanya menunjukkan keluhan utama, dan temuan pemeriksaan yang serupa dengan apendisitis akut lainnya.

Ketika dikonfirmasi dengan pemeriksaan histopatologi, terdapat nanah dari apendiks pada biji buah tersebut. Menurut studi di atas, beberapa biji buah yang tertelan akan dikeluarkan dari tubuh secara alami. Namun, ada beberapa di antaranya yang menjadi penyebab radang usus buntu.

Pasalnya, ada kasus apendisitis yang dilaporkan yang disebabkan oleh biji sayuran dan buah-buahan seperti jeruk, melon, barley, oat, ara, anggur, kurma, jintan, dan kacang. 

Baca juga: Sering Makan Pedas? Ini Dampaknya pada Usus Buntu

Hal yang perlu ditegaskan, pada dasarnya biji buah yang tertelan bukanlah penyebab langsung penyakit usus buntu. Namun, biji buah yang tidak hancur saat tertelan ini bisa menyebabkan penyumbatan pada usus buntu dalam waktu yang lama. Alhasil, kondisi ini yang dapat memicu penyakit usus buntu. 

Meski begitu, menurut ahli dalam studi tersebut sangat kecil risiko biji buah dapat menyebabkan radang usus buntu. Rasio apendisitis akut yang disebabkan oleh biji buah amat minimal di antara semua pasien apendektomi. 

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah pada usus buntu atau masalah kesehatan lainnya, kamu bisa memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit.

Kenali Beragam Gejala Usus Buntu

Gejala usus buntu sebenarnya amat beragam. Namun, nyeri pada perut adalah gejala utama dari penyakit usus buntu. Nyeri ini disebut dengan kolik abdomen. Umumnya, pengidap merasakan nyeri pada bagian pusar, dan bergerak ke bagian kanan bawah perut. Namun, lokasi nyeri ini bisa berbeda-beda pada tiap pengidapnya. Semuanya bergantung pada posisi dari usus buntu dan usia pengidapnya. 

Menurut ahli di National Institutes of Health - Medlineplus, gejala usus buntu sangat bervariasi. Sayangnya, sulit untuk mendeteksi usus buntu pada anak kecil, orang tua, dan wanita subur. Namun, hampir sebagian besar pengidapnya mengalami rasa sakit di sekitar pusar dan perut bagian atas. Rasa sakit ini bisa bertambah parah ketika berjalan, batuk, atau melakukan gerakan secara tiba-tiba. 

Selain itu, ada pula gejala-gejala usus buntu lainnya, seperti:

  • Mual.
  • Demam.
  • Diare atau konstipasi.
  • Sulit buang gas (kentut).
  • Perut kembung.

Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Radang Usus

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2021. Can fruit seeds and undigested plant residuals cause acute appendicitis
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diseases and Conditions. Appendicitis.
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada Januari 2020. Appendicitis

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan