Mengenal Glikogen dan Fungsinya Dalam Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 November 2023

“Glikogen adalah cadangan energi di hati dan otot yang terbentuk dari glukosa. Tugasnya melepaskan glukosa untuk mendukung energi tubuh, dan menjaga keseimbangan glukosa darah.”

Mengenal Glikogen dan Fungsinya Dalam TubuhMengenal Glikogen dan Fungsinya Dalam Tubuh

DAFTAR ISI

1. Apa itu Glikogen? 

2. Perbedaan antara Glikogen, Glukosa, dan Glukagon

3. Fungsi Glikogen Dalam Tubuh


Halodoc, Jakarta – Glikogen adalah polisakarida yang berfungsi sebagai cadangan energi dalam tubuh manusia dan hewan. Strukturnya mirip dengan amilum, tetapi glikogen lebih cepat diubah menjadi glukosa.

Glikogen disimpan dalam sel-sel hati dan otot. Sebagai cadangan energi, glikogen dapat dipecah kembali menjadi glukosa melalui proses glikogenolisis ketika tubuh membutuhkan tambahan energi.

Ketahui di bawah ini apa itu glikogen dan perbedaannya dengan glukosa serta glukagon!

Apa itu Glikogen? 

Glikogen adalah bentuk simpanan glukosa yang terdiri dari banyak molekul glukosa yang terhubung. Glukosa (gula) sendiri merupakan sumber energi utama dalam tubuh manusia.

Glukosa berasal dari karbohidrat (makronutrien) dalam makanan dan cairan yang kamu konsumsi. Ketika tubuh tidak membutuhkan glukosa dari makanan untuk energi, tubuh akan menyimpannya dalam otot dan hati sebagai glikogen.

Tubuh menciptakan glikogen dari glukosa melalui proses yang disebut ‘glikogenesis’. Selanjutnya, tubuh akan memecah glikogen untuk digunakan melalui proses yang disebut glikogenolisis dengan bantuan beberapa enzim.

Enzim sendiri adalah sejenis protein dalam sel yang bertindak sebagai katalis dan memungkinkan terjadinya proses kimia dalam tubuh. Berbagai enzim ini memainkan peran kunci dalam pengaturan dan percepatan reaksi kimia di dalam tubuh. 

Mau tahu makanan yang mengandung karbohidrat untuk membantu meningkatkan glukosa sebagai energi tubuh? Baca di artikel ini: Ini 7 Jenis Karbohidrat Kompleks yang Baik untuk Dikonsumsi.

Perbedaan antara Glikogen, Glukosa, dan Glukagon

Glikogen, glukosa, dan glukagon semuanya terkait dengan cara tubuh menggunakan sumber energi utamanya dari karbohidrat. Meski saling terkait satu sama lain, mereka memiliki fungsi yang berbeda.

Tubuh mendapatkan glukosa dari karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsi. Kandungan tersebut ditemukan dalam darah dan merupakan sumber energi yang penting guna memberikan nutrisi organ tubuh, otot, dan sistem saraf. 

Ketika tidak membutuhkan glukosa, tubuh menyimpannya sebagai glikogen di dalam hati dan otot. Saat membutuhkannya kembali, glikogen akan diubah oleh glukagon menjadi glukosa.

Nah, proses pengubahan tersebut membutuhkan glukagon sebagai hormon pengubah. Hormon ini dibuat di pankreas dan berguna untuk membantu glukosa memasuki aliran darah, sehingga tubuh bisa menggunakannya kembali sebagai energi.

Fungsi Glikogen Dalam Tubuh

Glikogen memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda bergantung pada tempat penyimpanannya, yaitu otot atau hati. Ini penjelasannya masing-masing:

1. Fungsi simpanan glikogen hati

Glikogen hati berfungsi sebagai cadangan energi yang dapat dilepaskan ke dalam darah ketika tubuh membutuhkan glukosa tambahan. Ketika kadar glukosa dalam darah menurun, seperti saat puasa atau berolahraga, hati akan memecah glikogen menjadi glukosa. 

Glukosa ini kemudian dilepaskan ke dalam darah untuk mempertahankan keseimbangan glukosa darah, yang penting untuk menyediakan energi bagi seluruh tubuh. 

Dengan demikian, glikogen hati berperan dalam menjaga pasokan energi yang stabil dan mendukung fungsi tubuh yang normal. Terutama dalam situasi di mana asupan makanan tidak tersedia.

2. Fungsi simpanan glikogen otot

Glikogen otot berfungsi sebagai cadangan energi yang spesifik untuk otot. Ketika kita beraktivitas atau berolahraga, otot dapat menggunakan glikogen sebagai sumber energi langsung. Proses ini memungkinkan otot untuk bekerja secara efisien tanpa harus menunggu glukosa dari darah atau makanan.

Ketika tubuh memerlukan energi tambahan selama aktivitas fisik, otot akan mengurai glikogen menjadi glukosa. Glukosa ini kemudian diubah menjadi energi melalui proses metabolisme, memberikan kekuatan yang diperlukan untuk kontraksi otot. 

Dengan demikian, glikogen otot berperan dalam mendukung daya tahan dan kekuatan otot selama berbagai aktivitas fisik, termasuk olahraga dan kegiatan sehari-hari. 

Setelah aktivitas selesai, glikogen otot dapat diisi kembali saat tubuh istirahat dan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. 

Mau tahu cara yang perlu dilakukan jika gula darah menurun drastis? Baca di artikel ini: “Begini Pertolongan Pertama Gula Darah Rendah yang Perlu Diketahui”.

Itulah penjelasan mengenai glikogen dan perbedaannya dengan glukosa dan glukogen. Dapatkan produk kesehatan yang kamu dan keluarga butuhkan di Toko Kesehatan Halodoc.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Glycogen.
WebMD. Diakses pada 2023. What Is Glycogen?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan