Mengenal Manfaat dan Prosedur Pemeriksaan Troponin T

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Februari 2023

“Pemeriksaan troponin T penting untuk mendiagnosis serangan jantung, dan masalah jantung lainnya. Prosedurnya dilakukan dengan cara mengambil sampel darah untuk dianalisis di laboratorium.”

Mengenal Manfaat dan Prosedur Pemeriksaan Troponin TMengenal Manfaat dan Prosedur Pemeriksaan Troponin T

Halodoc, Jakarta – Tes troponin adalah pemeriksaan laboratorium untuk mengukur kadar troponin dalam darah kamu. Troponin adalah protein yang muncul dalam darah hanya ketika otot jantung mengalami kerusakan. Salah satu jenis protein yang kadarnya akan meningkat saat jantung rusak adalah troponin T.

Nah, dokter bisa melakukan pemeriksaan kadar troponin T untuk membantu mendeteksi apakah kamu mengalami serangan jantung. Dengan tes tersebut, dokter juga bisa segera memberikan pengobatan yang tepat pada pengidap. Yuk, simak manfaat dan prosedur pemeriksaan troponin T berikut ini!

Mengenal Pemeriksaan Troponin T dan Manfaatnya

Troponin adalah sejenis protein yang ditemukan di otot jantung. Dalam keadaan normal, protein tersebut biasanya tidak ditemukan dalam darah.

Ketika terjadi kerusakan pada otot jantung, troponin akan ‘bocor’ dan muncul dalam aliran darah. Seiring meningkatnya kerusakan, jumlah troponin yang dilepaskan dalam darah menjadi lebih banyak.

Sebenarnya ada tiga jenis troponin, yaitu troponin C, I, dan T. Ketiga jenis ini terdapat pada otot jantung dan rangka.

Namun, dua jenis troponin jantung yang lebih mudah terdeteksi setelah kerusakan otot jantung adalah:

  • Troponin I (cTnI). Jenis troponin ini spesifik untuk otot jantung.
  • Troponin T (cTnT). Troponin T memang ada pada otot jenis lain di tubuh, tapi jumlahnya sangat terbatas. Protein tersebut di otot jantung juga memiliki struktur yang sedikit berbeda dengan otot lain di tubuh.

Nah, manfaat pemeriksaan troponin T adalah untuk mendeteksi penyakit jantung yang dialami seseorang.

Kadar troponin yang tinggi dalam darah biasanya berarti orang tersebut sedang atau baru saja mengalami serangan jantung.

Kadar protein tersebut biasanya meningkat tajam dalam waktu 3-12 jam setelah serangan jantung dan mencapai puncaknya sekitar 24 jam setelah hal itu terjadi. Mereka juga akan tetap tinggi selama beberapa hari. 

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Penyumbatan ini bisa berakibat fatal. Namun, diagnosis dan pengobatan yang cepat dapat menyelamatkan hidup pengidap. 

Selain mendiagnosis serangan jantung, pemeriksaan troponin T juga bermanfaat untuk memantau angina. Ini adalah suatu kondisi yang membatasi aliran darah ke jantung dan menyebabkan nyeri dada. Angina terkadang juga menyebabkan serangan jantung.

Ketahui Prosedurnya

Pemeriksaan troponin T dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dari pasien. 

Petugas medis profesional akan memasukkan jarum kecil ke pembuluh darah di lengan pasien, kemudian sejumlah kecil darah akan dikumpulkan ke dalam tabung reaksi atau vial.

Setelah itu, sampel akan dianalisis di laboratorium. Bila kadar troponin cukup tinggi, itu adalah pertanda kerusakan jantung yang jelas. 

Tes ini troponin T bisa dilakukan setelah kamu didiagnosis mengidap serangan jantung dan dirawat di rumah sakit.

Pengujian biasanya diulang dua kali atau lebih dalam periode 24 jam. Ini dilakukan untuk melihat apakah ada perubahan kadar troponin dari waktu ke waktu.

Kadar troponin I biasanya akan tetap tinggi setidaknya 5-7 hari setelah serangan jantung. Sedangkan kadar troponin T bisa bertahan lebih lama dan akan tetap tinggi hingga tiga minggu setelah serangan jantung.

Itulah penjelasan mengenai pemeriksaan troponin T. Bila kamu tiba-tiba mengalami nyeri dada, atau nyeri di bagian tubuh lain, seperti lengan, punggung, hingga leher, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Kamu juga bisa membicarakan masalah kesehatanmu pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa tanya dokter dan minta saran kesehatan pada ahlinya kapan saja dan di mana saja.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Medline Plus. Diakses pada 2023. Troponin Test.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Troponin Test.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan