Dada Sakit Sebelah Kanan Tanda Awal Serangan Jantung, Benarkah?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Juni 2023
Dada Sakit Sebelah Kanan Tanda Awal Serangan Jantung, Benarkah?Dada Sakit Sebelah Kanan Tanda Awal Serangan Jantung, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Nyeri pada dada, terutama sebelah kiri, sering dicurigai sebagai gejala serangan jantung. Namun, bagaimana jika yang terjadi adalah nyeri dada sebelah kanan? Apakah itu merupakan tanda awal serangan jantung? Tentunya, bukan. Nyeri dada adalah gejala dari berbagai penyakit dan tidak selalu berhubungan dengan jantung.

Di tubuh manusia, dada merupakan ruang bagi banyak organ dan jaringan. Masalah pada salah satu organ atau jaringan di dalamnya, termasuk cedera, bisa menimbulkan gejala nyeri dada. Lantas, apa penyebab nyeri dada sebelah kanan?  

Baca juga: 7 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri


Berbagai Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan

Cara untuk mengetahui apa penyebab dari nyeri dada sebelah kanan, kamu perlu mengenali gejala lain yang menyertainya. Secara umum, beberapa penyebab nyeri dada sebelah kanan adalah:

1.Heartburn

Heartburn terjadi ketika dada terasa nyeri, disertai rasa terbakar hingga ke tenggorokan. Kondisi ini biasanya dialami ibu hamil trimester akhir atau pengidap penyakit asam lambung. Nyeri dada akibat heartburn umumnya terasa setelah makan, membungkuk, berolahraga, atau setelah berbaring semalaman.

2.Peregangan Otot Berlebihan

Peregangan otot berlebihan dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. Hal ini umumnya terjadi ketika seseorang menggunakan bagian atas tubuhnya secara berlebihan saat berolahraga. Selain itu, aktivitas yang memerlukan gerakan ekstrem atau repetitif juga berisiko menyebabkan peregangan otot. 

3.Trauma pada Dada

Trauma atau hantaman pada bagian dada juga bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kanan, karena ada keretakan pada tulang iga. Jika disebabkan oleh trauma pada dada, biasanya nyeri semakin terasa kuat saat bersin, batuk, atau tertawa. Bahkan bisa juga merasa kesulitan bernapas dan pembengkakan pada tubuh. 

Baca juga: Masuk Angin dan Serangan Jantung, Apa Bedanya?

4.Pneumonia

Pneumonia terjadi ketika ada infeksi pada paru-paru. Pengidapnya sering mengalami batuk berlendir yang mengakibatkan nyeri dada sebelah kanan atau kiri. Bahkan rasa nyeri tersebut juga bisa terasa ketika bernapas.

5.Pankreatitis

Pankreatitis atau peradangan pada kelenjar pankreas bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. Pemicu umumnya adalah kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol atau adanya batu empedu. Selain nyeri dada, pengidapnya dapat merasakan sakit di perut bagian atas hingga punggung.

6.Kostokondritis

Kostokondritis juga punya gejala utama berupa nyeri dada sebelah kanan. Penyakit ini terjadi ketika tulang rawan pada tulang rusuk mengalami peradangan. Nyeri yang terjadi juga sering terasa pada punggung dan perut.

Baca juga: Ketahui 6 Gejala Serangan Jantung yang Terjadi pada Wanita

7.Kolesistitis

Kolesistitis atau peradangan kantong empedu juga bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. Umumnya, hal ini terjadi ketika batu empedu menutupi saluran organ dalam. Selain pada dada sebelah kanan, terkadang bisa terasa nyeri di perut kanan atas hingga bahu kanan.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab nyeri dada sebelah kanan. Jika kamu mengalaminya terlalu sering atau dalam jangka waktu lama, sebaiknya segera download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, agar bisa dilakukan pemeriksaan. 

Baca juga: Ini 7 Penyakit Penyebab Dada Sakit




Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What’s Causing Pain in the Right Side of My Chest?
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Chest Pain.
WebMD. Diakses pada 2020. What's Causing My Chest Pain?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan