Mitos atau Fakta, Minum Es Teh Bisa Bikin Gemuk

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Januari 2023

“Faktanya, es teh tanpa pemanis tidak membuat gemuk karena bebas kalori. Namun, menambahkan gula ke dalam minuman tersebut bisa menambah kalori yang bisa menyebabkan berat badan meningkat, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.”

Mitos atau Fakta, Minum Es Teh Bisa Bikin GemukMitos atau Fakta, Minum Es Teh Bisa Bikin Gemuk

Halodoc, Jakarta – Es teh merupakan salah satu minuman favorit banyak orang Indonesia, terutama di saat cuaca sedang panas dan terik. Mengonsumsi minuman dingin tersebut tentu bisa melegakan dahaga sekaligus memberi kesegaran untuk melanjutkan aktivitas. 

Namun, pernahkah kamu mendengar perkataan bahwa sering mengonsumsi minuman dingin atau es bisa bikin gemuk? Nyatanya, selain makanan, beberapa jenis minuman memang bisa berkontribusi terhadap kenaikan berat badan.

Sebelum kamu merasa bersalah mengonsumsi es teh, ada baiknya kamu simak dulu fakta di balik kepercayaan yang banyak beredar di masyarakat tersebut di sini!

Benarkah Minum Es Teh Bisa Bikin Gemuk?

Faktanya, es teh tanpa tambahan gula adalah minuman bebas kalori. Hal itu berarti mengonsumsi minuman tersebut tidak akan membuat kamu gemuk.

Sebaliknya, teh tanpa pemanis bisa menjadi salah satu pilihan minuman sehat bagi kamu yang sedang diet, untuk melepas dahaga. 

Bahkan, bila kamu menyeruput teh hijau sepanjang hari, berat badan kamu malah mungkin bisa turun beberapa kilogram.

Sebuah meta-analisis tahun 2009 yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity (London) menemukan bahwa senyawa katekin dakam teh hijau bisa menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan secara signifikan.

Di antara studi tahun 2013 terhadap orang dewasa dengan diabetes, konsumsi teh hijau tidak hanya dikaitkan dengan penurunan berat badan tetapi juga penurunan tekanan darah sistolik.

Namun, bila kamu menambahkan gula ke dalam segelas teh kamu, jangan kaget bila angka di timbangan mulai bergerak ke arah yang salah. Apalagi bila kamu sering meminumnya.

Tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition juga menemukan bahwa mengonsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula, termasuk es teh, sangat terkait dengan penambahan berat badan.

Jadi, kesimpulannya, bukan es teh yang bisa bikin gemuk, melainkan tambahan gula di dalamnya yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Tips Minum Es Teh yang Tidak Bikin Gemuk

Bila kamu salah satu orang yang suka mengonsumsi es teh, tidak perlu khawatir berat badan akan meningkat.

Berikut tips minum teh yang tidak membuat badan gemuk:

1. Jangan tambahkan gula

Es teh manis memang terasa lebih nikmat dibanding es teh tawar. Namun ingat, tambahan gula berarti tambahan kalori untuk tubuh kamu yang bisa meningkatkan berat badan.

Karena itu, usahakan untuk tidak menambahkan gula setiap meminumnya. Kamu bisa menambahkan sedikit perasan jus lemon ke dalam minuman tersebut untuk menambah rasa tanpa banyak kalori bila kamu tidak menyukai teh tawar.

2. Pilihlah teh hijau

Bila ingin minum,, pilihlah teh hijau daripada teh hitam biasa, karena mungkin lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan antioksidan di dalamnya yang bernama katekin dipercaya bermanfaat untuk menurunkan berat badan. 

Sedangkan proses pengolahan teh hitam bisa menurunkan jumlah katekin ini dengan mengubahnya menjadi senyawa lain. 

Selain itu, kombinasi kandungan kafein yang terdapat dalam teh hijau juga bisa meningkatkan pembakaran lemak.

Jadi kombinasi kafein dan katekin bisa meningkatkan hasil penurunan berat badan kamu. 

3. Ganti minuman bersoda dengan es teh tawar

Mengganti minuman berkalori tinggi dengan teh tanpa juga tampaknya bisa menjadi ide yang baik untuk menurunkan berat badan.

Misalnya, kamu bisa menghemat 227 kalori dengan mengganti minuman soda non-diet seberat 590 mililiter dengan teh tawar. Menukar kopi susu dengan es teh tanpa pemanis juga bisa menghemat 265 kalori. 

Kurangilah dua atau tiga soda lebih sedikit setiap hari dan itu mungkin cukup untuk menghasilkan defisit 500 kalori harian yang kamu butuhkan untuk menurunkan 0,45 kilogram dalam seminggu. 

Itulah penjelasan mengenai pengaruh es teh terhadap berat badan. Ingat, turunkanlah berat badan dengan cara yang sehat.

Selain menjaga berat badan sehat, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk memantau kondisi kesehatanmu.

Sekarang periksa kesehatan sudah lebih mudah kok dengan adanya aplikasi Halodoc. Kamu cukup buat janji dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pilihan lewat aplikasi.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Halodoc Home Lab
Referensi: 
Eat This, Not That. Diakses pada 2023. What Happens to Your Body When You Drink Iced Tea.
Live Strong. Diakses pada 2023. Can People Lose Weight by Drinking Iced Tea?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan