Nutrisi dalam Sayur dan Buah untuk Menjadi Obat Sariawan

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 April 2024

“Salah satu faktor yang dapat memicu sariawan adalah kurangnya asupan vitamin C, vitamin B12, zinc, asam folat dan zat besi. Nah, ada beberapa sayur, buah, dan suplemen yang diketahui memiliki asupan nutrisi tersebut.”

Nutrisi dalam Sayur dan Buah untuk Menjadi Obat SariawanNutrisi dalam Sayur dan Buah untuk Menjadi Obat Sariawan

DAFTAR ISI:

Halodoc, Jakarta – Kurangnya asupan vitamin C harian sering kali dikaitkan sebagai penyebab utama sariawan. Padahal, kekurangan nutrisi penting seperti zat besi, zink, vitamin B2, dan asam folat juga serta kebiasaan seperti menggigit bibir juga turut menjadi pemicu timbulnya sariawan. 

Ketika sariawan, mulut akan terasa perih dan sakit yang membuat pengidapnya tidak nafsu makan dan sulit untuk berbicara. Meski sariawan dapat sembuh dengan sendirinya, tapi ada baiknya untuk segera diobati agar kondisinya tidak makin parah. 

Mau tahu nutrisi dan obat-obatan apa saja yang dapat mengobati sariawan kamu? Ini daftarnya!

Nutrisi Sayur dan Buah Sebagai Obat Sariawan

Penyembuhan sariawan dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan nutrisi tertentu. Berikut adalah beberapa sayur dan buah yang perlu dikonsumsi untuk mengatasi sariawan: 

1. Sayuran bayam

Ada beberapa makanan yang diketahui tinggi akan zat besi, salah satunya adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam. Sayuran ini dapat memberikan banyak manfaat kesehatan tetapi mengandung kalori yang sangat sedikit. 

Nah, perlu diketahui bahwa sekitar 3,5 ons (100 gram) bayam mentah mengandung 2,7 miligram zat besi, atau 15 persen dari angka kebutuhan harian. 

Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin C yang secara signifikan dapat meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh.

2. Kentang dan ubi

Beberapa sayuran mengandung jumlah yang cukup dan dapat berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan mineral zinc sehari-hari. Misalnya, kentang yang besar mengandung 1,08 miligram, atau 9,8 persen kebutuhan harian untuk pria dan 13,5 persen kebutuhan harian untuk wanita. 

Sementara itu, ubi jalar besar mengandung setidaknya 0,576 miligram, atau 5,2 persen kebutuhan harian untuk pria dan 7,2 persen kebutuhan harian untuk wanita.

3. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang bergizi dan mengandung zat kaya vitamin yang tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.  Menariknya lagi, pisang juga merupakan salah satu buah kaya akan asupan vitamin B12 dan serat. 

Berdasarkan kandungan nutrisinya yang tinggi, pisang juga diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Mulai dari membantu dalam mengelola tekanan darah, mengurangi stres, menghilangkan sembelit dan masalah maag, hingga mengendalikan suhu tubuh total.

4. Buah jeruk 

Secara umum, jeruk mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin C dan vitamin B. Nah, vitamin C sendiri diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu mengatasi sariawan. 

Tak hanya itu, jeruk juga mengandung senyawa beta karoten, antioksidan, kalsium. Beberapa nutrisi tersebut sangatlah penting untuk kesehatan tubuh.

Sementara itu, ada beberapa makanan yang justru sebaiknya dihindari agar tidak memperparah gejalanya. Ini daftarnya: “5 Makanan yang Perlu Dihindari saat Mengalami Sariawan”.

Rekomendasi Obat Sariawan yang Ampuh

Selain dari makanan, kamu juga bisa memenuhinya melalui konsumsi obat-obatan yang ampuh mengatasi sariawan, di antaranya:

1. Surbex-Z 6 Tablet

Surbex-Z adalah suplemen yang mengandung mineral dan multivitamin. Kandungannya antara lain vitamin E, vitamin C, asam folat, vitamin B2, niasin, vitamin B6, vitamin B12, asam pantotenat, dan zinc. 

Gunanya yaitu untuk memelihara stamina tubuh agar tidak gampang terserang penyakit seperti sariawan. 

Konsumsilah suplemen ini sesudah makan sebanyak 1 tablet setiap harinya. Simpan kembali obat di bawah suhu 30 derajat Celsius dan hindarkan dari cahaya matahari langsung. 

Kisaran harga: Rp 38.200 per strip.

Dapatkan Surbex-Z 6 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Ika Sariawan 120 ml

Obat sariawan yang juga ampuh mengatasi masalah kamu yaitu Ika Sariawan 120 ml. Obat ini berbentuk cairan yang dikumur untuk membantu meringankan sariawan serta menyegarkan mulut. 

Tidak hanya dapat mengatasi sariawan, obat kumur ini juga dapat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. 

Di dalamnya, terkandung berbagai komponen ekstrak herbal, mulai dari Abrus precatorius, Piper betle leaf, Liquiritiae radix, dan Oleum menthae piperitae. 

Ikuti dosis penggunaan di bawah ini untuk masing-masing usia:

  • Anak-anak: 15 ml cairan dikumur 2 kali sehari.
  • Dewasa: 45 ml cairan dikumur 3-4 kali sehari. 

Kisaran harga: Rp19.800 per botol.

Dapatkan Ika Sariawan 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Tantum Verde Oral Rinse 60 ml

Obat kumur lainnya yang juga dapat mengatasi sariawan adalah Tantum Verde Oral Rinse. Obat ini mengandung Benzydamine HCL dan alkohol yang berguna untuk meringankan rasa sakit pada mulut dan tenggorokan, post ekstraksi gigi, dan kelainan periodontal. 

Kumur-kumur obat ini 2-3 kali sehari sebanyak 1 sendok makan atau 15 ml selama 1 menit. Jangan gunakan obat sariawan ini lebih dari 7 hari.

Selain menggunakan obat, pastikan kamu benar-benar menghindari kebiasaan yang berisiko memicu sariawan. Contohnya: “5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Munculnya Sariawan”.

Kisaran harga: Rp31.300 per botol.

Dapatkan Tantum Verde Oral Rinse 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Hexadol Gargle 120 ml

Hexadol Gargle berguna untuk mengatasi beberapa masalah pada mulut dan tenggorokan, seperti radang gusi, radang sekitar gigi, radang selaput lendir mulut, dan juga sariawan. 

Obat sariawan ini mengandung hexetidine yang bekerja sebagai antiseptik untuk membasmi bakteri gram positif dan negatif serta jamur.  

Cara pakainya dikumur selama 30 detik sebanyak 15 ml setiap pagi dan malam hari. 

Rentang harga: Rp14.900 – Rp31.300 per botol.

Dapatkan Hexadol Gargle 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray 13 ml

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray. Cukup semprotkan 3-4 kali sehari atau sesuai kebutuhan pada bagian yang sariawan. 

Obat ini bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan mukosa mulut dan melembabkan jaringan luka, sehingga dapat mengatasi nyeri, membantu penyembuhan sariawan atau luka akibat radang gusi atau pun kawat gigi. 

Rentang harga: Rp23.300 – Rp26.900 per botol.

Dapatkan Frezza Medicated Mouth Ulcer Spray 13 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Nah, itulah nutrisi dan obat-obatan yang dapat mengatasi sariawan kamu. Sekarang, beli obat-obatan lebih gampang dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc. Tak perlu menunggu lama, karena obat sampai dalam 1 jam! Yuk, pesan sekarang juga!

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Canker sore. 
Healthline. Diakses pada 2024. 12 Healthy Foods That Are High in Iron. 
Healthline. Diakses pada 2024. The 10 Best Foods That Are High in Zinc. 
Star Health. Diakses pada 2024. Vitamin B12-rich fruits and vegetables. 
Healthline. Diakses pada 2024. 16 Ways to Get Rid of Canker Sores

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan