• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Nyeri Haid saat Perjalanan, Ini yang Bisa Dilakukan

Nyeri Haid saat Perjalanan, Ini yang Bisa Dilakukan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Wanita yang masih berada dalam masa subur menjalani siklus menstruasi setiap bulannya. Banyak perubahan dan gejala yang dialami wanita ketika menjalani masa menstruasi, seperti sakit kepala, tubuh yang menjadi lemas, dan perubahan suasana hati yang begitu cepat. Nyeri haid dikenal juga dengan istilah dismenore. Umumnya, nyeri dirasakan pada area bawah perut hingga ke punggung. 

Baca juga: 6 Trik Atasi Nyeri Haid di Kantor

Tingkat nyeri yang dirasakan setiap wanita juga berbeda. Ada yang merasakan nyeri haid ringan bahkan nyeri haid yang cukup parah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri haid di rumah, salah satunya dengan melakukan pijatan ringan menggunakan minyak esensial pada bagian punggung. Namun, bagaimana cara mengatasi nyeri haid yang terjadi ketika kamu berada dalam perjalanan? 

Penyebab Nyeri Haid

Nyeri haid yang dialami setiap wanita tentunya akan berbeda. Mulai dari nyeri haid ringan hingga nyeri haid yang cukup parah. Namun, jangan khawatir, nyeri haid yang normal hanya berlangsung beberapa hari hingga siklus menstruasi berakhir. Nyeri haid umumnya terjadi akibat kontraksi pada otot rahim yang cukup kuat untuk proses peluruhan dinding rahim saat menstruasi. 

Pada saat menstruasi tubuh juga memproduksi prostaglandin yang memengaruhi kekuatan kontraksi pada otot rahim. Prostaglandin membuat kontraksi pada otot dinding rahim semakin kuat, sehingga menyebabkan nyeri haid terasa lebih sakit. Seseorang yang mengalami nyeri haid lebih parah, nyatanya memproduksi prostaglandin lebih banyak dibandingkan wanita yang mengalami nyeri haid lebih ringan.

Sebaiknya cari tahu mengenai nyeri haid yang kamu alami dengan bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kunjungi rumah sakit terdekat untuk lakukan pemeriksaan agar adanya gangguan kesehatan pada tubuh dapat diatasi dengan segera.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat

Cara Mengatasi Nyeri Haid saat di Perjalanan

Mengalami nyeri haid saat perjalanan menuju suatu tempat memang kurang menyenangkan. Lakukan beberapa cara ini untuk meredakan nyeri haid ketika menempuh perjalanan, yaitu:

1. Banyak Konsumsi Air Putih

Saat di perjalanan terkadang orang-orang menghindari mengonsumsi banyak air putih karena khawatir ingin buang air kecil. Namun, bagi kamu yang sedang menstruasi, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Selain dapat meningkatkan dehidrasi, kurang minum air putih bisa bikin nyeri haid lebih parah. Tidak ada salahnya mengonsumsi air yang hangat untuk membuat tubuh lebih nyaman. Dilansir dari Healthline, hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau bersoda agar nyeri yang dialami dapat mereda.

2. Kompres Perut dengan Air Hangat

Jangan khawatir untuk melakukan kompres dengan air hangat di jalan. Kamu bisa membawa botol minum yang diisi air hangat di dalamnya. Jangan ragu untuk tempelkan botol minum pada area tubuh yang mengalami nyeri haid. Lakukan secara berulang hingga nyeri haid yang dialami dapat mereda. Kompres hangat pada area yang mengalami nyeri haid juga membantu untuk merelaksasikan otot rahim yang menegang dan berkontraksi.

3. Lakukan Gerakan Ringan

Jika kamu melakukan perjalanan dengan mobil, tidak ada salahnya untuk lakukan gerakan-gerakan ringan untuk mengurangi rasa nyeri saat perjalanan. Kamu bisa melakukan berbagai gerakan sederhana, salah satunya body stretching. Caranya dengan mengambil posisi duduk tegak, lalu tarik tangan ke belakang hingga menyentuh area punggung. Tahan beberapa detik, lakukan secara berulang.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Penyakit yang Sebabkan Nyeri Haid

Jangan lupa penuhi asupan makanan yang bernutrisi selama menstruasi. Mengonsumsi makanan berkuah yang hangat, seperti sup dapat meredakan nyeri haid. Perhatikan setiap perubahan yang terjadi ketika menjalani menstruasi, seperti munculnya gumpalan darah dari vagina. Nyeri haid yang semakin parah selama berhari-hari juga dapat menjadi tanda gangguan rahim. Jika terjadi hal demikian, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Home Remedies for Menstrual Cramp Relief
Everyday Health. Diakses pada 2020. 10 Ways to Relieve Period Cramps
Healthline. Diakses pada 2020. Home Remedies to Relieve Menstrual Pain