Pentingnya Peranan Hormon Pertumbuhan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Maret 2024

“Hormon pertumbuhan adalah hormon yang dikenal berperan di balik pertumbuhan tinggi anak-anak. Namun, peranan hormon pertumbuhan sebenarnya tidak hanya itu saja.”

Pentingnya Peranan Hormon PertumbuhanPentingnya Peranan Hormon Pertumbuhan

Halodoc, Jakarta – Hormon pertumbuhan atau growth hormone (GH) adalah hormon yang memicu pertumbuhan pada masa kanak-kanak dan remaja. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituitari, yaitu kelenjar yang seukuran kacang dan terletak di dasar otak.

Meskipun sudah beranjak dewasa, bukan berarti peranan hormon pertumbuhan sudah selesai. Selain memicu pertumbuhan, hormon ini juga masih memiliki banyak peran penting lainnya dalam menunjang kesehatan tubuh. 

Mau tahu apa saja peranannya? Yuk, simak ulasan berikut!

Kenalan dengan Hormon Pertumbuhan

Sebelum mengetahui peranan pentingnya, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa sih hormon pertumbuhan itu. 

Hormon pertumbuhan adalah hormon peptida yang merangsang pertumbuhan, perkembangan, dan regenerasi. Hormon ini terdiri dari 191 asam amino yang membentuk polipeptida rantai tunggal yang panjang.

Hormon pertumbuhan disintesis di sel somatotroph yang ditemukan di kelenjar hipofisis anterior. Sel-sel ini juga bertanggung jawab untuk menyimpan dan melepaskan hormone.

Sebab itulah, hormon ini memiliki nama lain yaitu somatotropin. Hormon pertumbuhan ternyata tidak hanya dihasilkan secara alami, tapi juga melalui proses sintetis seperti hormon somatropin.

Hormon somatropin adalah adalah bentuk sintetis dari hormon pertumbuhan yang disintesis menggunakan teknologi DNA rekombinan.

Apa Peran Penting Hormon Pertumbuhan?

Hormon pertumbuhan berperan penting dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak dan remaja. Hormon ini juga berperan dalam mengatur cairan tubuh, metabolisme gula dan lemak dan bahkan mungkin fungsi jantung.

Penelitian juga menunjukkan bahwa hormon pertumbuhan bisa menurunkan lemak tubuh, sekaligus meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang. Berikan juga makanan ini untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang: “5 Contoh Makanan yang Bantu Kepadatan Tulang”.

Bila anak-anak atau orang dewasa memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon pertumbuhan, mereka mungkin bisa mengalami masalah kesehatan. Namun, sekarang ini, sudah terdapat hormon sintetis (buatan) yang bisa membantu mengatasi kekurangan hormon pertumbuhan dan masalah kesehatan lainnya. Contohnya seperti hormon somatropin.  

Penggunaan Hormon Pertumbuhan Sintetis sebagai Obat

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sudah menyetujui penggunaan hormon pertumbuhan sintetis sebagai pengobatan untuk kondisi tertentu. 

Hormon ini hanya bisa didapatkan dengan resep dan diberikan melalui suntikan. Bila digunakan sesuai resep dan untuk kondisi yang sudah disetujui FDA, hormon pertumbuhan sintetis aman dan efektif. 

Anak-anak dan orang dewasa yang kekurangan hormon pertumbuhan, tetapi bukan yang disebabkan oleh penuaan, mungkin akan diresepkan hormon pertumbuhan sintetis olah dokter mereka. 

Kekurangan hormon pertumbuhan biasanya disebabkan oleh tumor jinak pada kelenjar pituitari (adenoma hipofisis) atau akibat menjalani pengobatan adenoma dengan operasi atau radioterapi. 

Nah, bagi mereka yang kekurangan hormon pertumbuhan, suntikan hormon pertumbuhan sintetis bermanfaat untuk:

  • Meningkatkan kepadatan tulang. 
  • Meningkatkan massa otot.
  • Menurunkan lemak tubuh.

Selain mengatasi kekurangan hormon pertumbuhan, pada anak-anak, terapi hormon pertumbuhan juga bisa digunakan untuk mengatasi perawakan tubuh yang pendek yang tidak diketahui penyebabnya dan pertumbuhan yang buruk yang disebabkan oleh kondisi medis, seperti:

  • Sindrom Turner, kelainan genetis yang memengaruhi perkembangan seorang anak perempuan.
  • Sindrom Prader-Willi, kelainan genetis yang tidak biasa yang menyebabkan tonus otot yang buruk, tingkat hormon seks yang rendah, dan rasa lapar terus-menerus.
  • Penyakit ginjal kronis.
  • Kekurangan hormon pertumbuhan.
  • Anak-anak yang lahir dengan ukuran tubuh yang kecil untuk usia kehamilan.

Sedangkan pada orang dewasa, hormon pertumbuhan juga bisa untuk mengatasi kondisi berikut:

  • Sindrom usus pendek, suatu kondisi ketika nutrisi tidak diserap dengan baik karena penyakit usus yang parah atau operasi pengangkatan sebagian besar usus kecil.
  • Penyakit pengecilan otot (kehilangan jaringan otot) yang berhubungan dengan HIV/AIDS.

Ibu juga bisa meningkatkan hormon pertumbuhan anak secara alami dengan beberapa tips ini: “Cara Alami Meningkatkan Hormon Pertumbuhan pada Anak”.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya peranan hormon pertumbuhan. Untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil, Ibu bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan suplemen untuk pertumbuhan anak melalui Toko Kesehatan Halodoc

Tidak perlu repot keluar rumah, Ibu tinggal order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Human Growth Hormone (HGH).
News Medical. Diakses pada 2024. What are Growth Hormones?
WebMD. Diakses pada 2024. Human Growth Hormone (HGH).
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Human growth hormone (HGH): Does it slow aging?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan