• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan yang Tepat untuk Mengatasi Skizofrenia

Perawatan yang Tepat untuk Mengatasi Skizofrenia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Tidak sedikit orang yang salah paham dengan kondisi skizofrenia. Padahal, penting untuk mengetahui dengan pasti seputar penyakit ini, terutama jika memiliki anggota keluarga atau kerabat yang mengalaminya. Skizofrenia merupakan gangguan mental yang terjadi dalam jangka panjang dan ditandai dengan halusinasi, delusi, atau kekacauan berpikir dan perubahan perilaku. 

Secara garis besar, penyakit ini menyebabkan pengidapnya mengalami gejala psikosis. Pada kondisi tersebut, seseorang akan kesulitan untuk membedakan hal-hal mana saja yang merupakan kenyataan atau sekadar pikiran sendiri. Maka dari itu, pengidap skizofrenia membutuhkan pendampingan dan perawatan yang tepat. Bagaimana caranya? Simak pembahasannya di bawah ini! 

Baca juga: Inilah Jenis-Jenis Skizofrenia yang Perlu Diketahui

Tips Merawat Pengidap Skizofrenia 

Skizofrenia merupakan gangguan jangka panjang. Apakah mungkin untuk hidup berdampingan dan merawat pengidap penyakit ini? Jawabannya bisa saja. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan disesuaikan agar pemulihan pengidap skizofrenia menjadi lebih optimal: 

  • Cari Tahu tentang Skizofrenia 

Untuk membantu seseorang keluar atau pulih dari skizofrenia, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu seputar penyakit ini. Secara umum, skizofrenia adalah gangguan yang menyebabkan pengidapnya mengalami halusinasi hingga perubahan perilaku. Gejala dari kondisi ini adalah sulit membedakan kenyataan dan imajinasi serta sering mendengar suara-suara dari dalam kepala atau melihat sesuatu yang tidak nyata.

Baca juga: Ini 3 Cara Mengobati Skizofrenia

Mengetahui informasi yang benar seputar penyakit ini bisa membantu “pendamping” bertindak tepat saat muncul gejala, memotivasi pasien untuk mengejar strategi self-help, menangani kemunduran, dan bekerja sama menuju pemulihan. Selain mencari informasi yang tepat, kamu juga bisa mencoba untuk mencari pertolongan dari orang yang lebih berpengalaman, misalnya dokter atau komunitas skizofrenia. 

  • Dampingi Perawatan Medis 

Usahakan juga untuk mendampingi dan memandu pengidap skizofrenia untuk menjalani perawatan medis. Berikan motivasi agar pasien skizofrenia mau menjalani perawatan medis. Hal ini bertujuan untuk mengelola gejala dan mempercepat proses pemulihan. 

Sebaliknya, pengidap skizofrenia yang tidak mendapat perawatan medis atau malah mendapat perawatan yang salah, seperti dipasung, malah bisa membahayakan. Stigma yang melekat pada kondisi ini juga membuat seseorang enggan berobat. Maka dari itu, penting untuk memberikan pendampingan terbaik serta motivasi. 

  • Bantu Mengenali Kenyataan 

Gejala khas dari kondisi ini adalah halusinasi dan kesulitan mengenali kenyataan. Saat mendampingi orang dengan skizofrenia, sebaiknya sebisa mungkin jangan benarkan halusinasinya. Sebaliknya, cobalah untuk membantunya mengenali kenyataan, tetapi pastikan untuk melakukannya dengan cara yang baik. 

Sangat penting untuk tidak menyepelekan kepercayaan atau delusi yang muncul, sebab itu adalah hal yang ia rasakan. Namun perlahan, bantu pasien skizofrenia untuk mulai menerima bahwa itu semua hanya halusinasi dan kenalkan pada kenyataan yang ada. 

  • Catat Perkembangan

Sangat penting untuk memantau dan mencatat perkembangan pengidap skizofrenia. Hal ini berguna untuk membantu melacak jenis gejala yang muncul, obat apa saja yang sudah dikonsumsi, pengobatan yang dijalani, serta apa saja perkembangan yang sudah terjadi. Dengan mengetahui apa saja gejala yang telah hadir sebelumnya, anggota keluarga mungkin akan lebih siap untuk menghadapinya di masa depan.

Baca juga: 5 Pemahaman Keliru Penyakit Skizofrenia yang Dipercaya Orang Awam

Pakai aplikasi Halodoc untuk mencari tahu lebih lanjut seputar skizofrenia dan tips merawat pasien dengan gangguan ini. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
World Health Organization. Diakses pada 2020. Schizophrenia.
Helpguide. Diakses pada 2020. Helping Someone with Schizophrenia.
Psychcentral. Diakses pada 2020. Helpful Hints about Schizophrenia for Family Members & Others.