Ini 13 Cara Cepat Hamil setelah Menikah yang Bisa Dicoba

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Desember 2023

“Ada beberapa tips agar cepat hamil setelah menikah yang dapat dilakukan. Yaitu, berhubungan intim secara rutin, lacan masa subur, hingga berhenti merokok.”

Ini 13 Cara Cepat Hamil setelah Menikah yang Bisa DicobaIni 13 Cara Cepat Hamil setelah Menikah yang Bisa Dicoba

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara cepat hamil adalah dengan rutin berhubungan intim. Namun, tidak semua pasangan bisa mendapatkan kehamilan dengan cepat dan mudah. Artinya, berhubungan intim secara rutin saja tidak cukup.

Sebagi tips cepat hamil, kamu dan pasangan perlu meningkatkan peluang dengan berbagai cara. Apalagi jika salah satu cara tidak berhasil. Nah, mau tahu apa saja cara cepat hamil yang bisa kamu coba? Berikut ulasannya

Cara yang Bisa Dilakukan agar Cepat Hamil

Ada beberapa upaya yang bisa kamu dan pasangan lakukan untuk mendapatkan kehamilan. Lantas, apa yang harus dilakukan jika ingin cepat hamil? Kamu dan pasangan bisa melakukan beberapa hal ini sebagai cara cepat hamil:

Kamu dan pasangan bisa melakukan beberapa hal ini untuk dijadikan sebagai cara cepat hamil:

1. Batasi konsumsi kafein saat program hamil

Studi berjudul Caffeine intake and delayed conception: a European multicenter study on infertility and subfecundity. European Study Group on Infertility Subfecundity, yang terbit pada American Journal of Epidemiology mengungkapkan, kafein bisa menyebabkan masalah kesuburan.

Studi di atas menyebutkan hal tersebut terjadi karena kafein berpengaruh terhadap keterlambatan konsepsi (pembuahan) pada wanita subur. Jadi, pastikan membatasi asupannya sebanyak 1—2 cangkir saja per hari.

Mau tahu apa saja camilan yang bergizi untuk ibu hamil? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 9 Rekomendasi Camilan Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi”.

2. Berolahraga bersama

Apa saja yang bisa membuat cepat hamil? Tips cepat hamil selanjutnya yaitu berolahraga secara rutin. Aktivitas ini meningkatkan detak jantung yang berkontribusi baik terhadap kesehatan. Terlebih lagi, aktivitas ini mampu mendorong kehamilan yang lebih sehat dan persalinan yang lebih mudah serta singkat.

Namun jangan berlebihan, karena penelitian berjudul Effect of exercise on ovulation: A systematic review yang terbit pada Sports Medicine menemukan, bahwa olahraga ekstrem dapat mengganggu ovulasi.

3. Mengelola stres dengan baik

Stres dapat mengganggu kemampuan wanita untuk hamil. Menurut jurnal ilmiah berjudul Stress, anxiety, and depression of both partners in infertile couples are associated with cytokine levels and adverse IVF outcome, dalam American Journal of Reproductive Immunology, gangguan kejiwaan dan stres pada wanita terkait dengan hasil in vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung yang buruk. 

Studi tersebut pada 45 pasangan IVF yang sudah menyelesaikan kuesioner dan skala analog visual untuk stres serta gangguan kejiwaan. Penelitian ini mengukur sitokin dalam serum, air mani, cairan serviks, dan folikel. 

Hasilnya, masalah gangguan kesehatan mental yang terdapat pada 72 persen pasangan. Hal ini terbukti dari temuan TGF-β serum yang rendah, dan IL-6 dan IL-1β serviksovaginal yang tinggi. 

TGF-β serum adalah protein yang memainkan peran penting dalam berbagai proses biologis. Sementara IL-6 dan IL-1β merupakan protein sitokin yang dikaitkan dengan stres.

Hal tersebut membuat 72 persen pasangan mengalami penurunan peluang kehamilan klinis dan kelahiran hidup. Hal ini lah yang mengindikasikan kegagalan IVF.

4. Konsumsi asam folat

Asam folat baik untuk kesuburan, dan mencegah cacat awal kehamilan yang dapat meningkatkan risiko keguguran.

Menurut jurnal ilmiah berjudul Does folic acid help increase the chances of getting pregnant? dalam European Journal of Clinical Nutrition, folat berperan besar dalam menurunkan stres dan peradangan di tubuh. Meningkatnya stres juga memengaruhi kemungkinan untuk hamil. 

5. Makan makanan tinggi antioksidan

Antioksidan dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Cara kerjanya dengan menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel sperma dan sel telur.

Studi berjudul Walnuts improve semen quality in men consuming a western-style diet: randomized control dietary intervention trial yang terbit pada Biology of Reproduction membuktikan, pria dewasa muda yang mengonsumsi 75 gram kenari kaya antioksidan per hari, memiliki peningkatan kualitas sperma.

Penelitian lainnya pada 232 wanita menunjukkan, asupan folat yang lebih tinggi berkaitan dengan tingkat implantasi, kehamilan klinis, dan kelahiran hidup yang lebih tinggi.

Belum diketahui secara pasti berapa banyak antioksidan yang akan mempengaruhi kesuburan. Namun, penelitian di atas menunjukkan potensi tersebut.

Lebih lengkapnya lagi, kamu bisa mengonsumsi beberapa nutrisi penting di sini sebagai tips cepat hamil: Ketahui 11 Nutrisi Penting saat Hamil

6. Cara cepat hamil dengan melacak masa subur

Tips cepat hamil selanjutnya adalah melacak masa subur dan berhubungan intim di waktu ini. Hari-hari paling subur seorang wanita adalah dua hari sebelum siklus ovulasi.

Kamu dapat mengetahui waktu ovulasi melalui beberapa metode. Misalnya:

  • Memeriksa suhu basal tubuh (BBT).
  • Memeriksa lendir serviks yang subur.
  • Melacak perubahan serviks.

Jika ragu untuk mengetahuinya, kamu dapat mulai berhubungan intim secara rutin setelah periode menstruasi selesai. Hal ini dapat memastikan bahwa kamu berhubungan intim di saat yang paling subur. 

7. Rutin berhubungan intim

Sering dan rutin berhubungan intim selama sebulan pertama pernikahan, umumnya dapat menjadi cara cepat hamil.

Berapa kali hubungan intim agar cepat hamil? Caranya, kamu dan pasangan dapat melakukannya setiap hari atau dua hari sekali. 

Seperti apa tanda kehamilan di minggu pertama? Baca penjelasannya di artikel Ini 11 Ciri-Ciri Kehamilan di Minggu Pertama.

8. Perhatikan suhu tubuh

Memperhatikan suhu tubuh menjadi salah satu tips cepat hamil. Sebab, kualitas sperma bisa menurun bila suhu testis terlalu panas.

Contohnya, hal ini bisa terjadi ketika menggunakan laptop di pangkuan, dan bekerja di lingkungan dengan suhu yang panas.

9. Menghentikan kebiasaan tidak sehat

Tips cepat hamil lainnya adalah dengan menghentikan melakukan kebiasaan yang tidak sehat. Contohnya:

  • Berhenti merokok. Salah satu dampaknya yaitu penurunan kesuburan, baik pada pria maupun wanita. Jadi, sebaiknya hentikan aktivitas yang satu ini.
  • Minum alkohol, konsumsi alkohol berlebihan dapat menurunkan kesuburan. 

10. Luangkan waktu berdua

Cara cepat hamil selanjutnya adalah meluangkan waktu romantis berdua saat memasuki waktu konsepsi.

Keluar dari rutinitas sementara untuk mendapatkan suasana hati yang lebih baik. Peningkatan mood bisa berpengaruh terhadap peluang kehamilan.

11. Skrining kesehatan secara berkala

Skrining kesehatan secara berkala juga menjadi bagian penting dalam perencanaan kehamilan.

Soalnya, dengan skrining kamu dan pasangan bisa tahu apakah ada masalah kesehatan spesifik terkait kesehatan reproduksi. 

Jika terdeteksi, masalah ini bisa diatasi sesegera mungkin untuk mencegah kemungkinan kegagalan kehamilan.

12. Memahami faktor genetik

Faktor genetik dapat memainkan peran dalam kesuburan. Jika kamu memiliki riwayat kesuburan dalam keluarga, segera konsultasikan dan periksakan diri ke dokter.

13. Pertahankan berat badan ideal

Kedua kelebihan berat badan dan kekurangan berat badan dapat mempengaruhi kesuburan pria dan wanita. Karena itu, menjaga berat badan yang sehat dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan.

Selain cara di atas, ada mula metode lainnya yang bisa membantu untuk mendapatkan kehamilan. Baca selengkapnya di artikel ini: “Inseminasi buatan – Tujuan, Jenis, dan Prosedur”.

Jika sudah mendapatkan kehamilan, bumil perlu melakukan berbagai tes kesehatan untuk memantau kondisi kesehatan ibu dan janin. Simak selengkapnya di sini: Bumil Ini Alasan Penting Melakukan Cek Lab Kehamilan

Itulah tips cepat hamil setelah menikah yang dapat kamu dan pasangan lakukan. Kamu juga bisa bertanya pada dokter spesialis kandungan di Halodoc mengenai upaya lainnya.

chat dokter kandungan dan seksolog Halodoc jika ingin tahu cara cepat hamil secara online di Halodoc
Referensi:
American Journal of Epidemiology. Diakses pada 2023. Caffeine intake and delayed conception: a European multicenter study on infertility and subfecundity. European Study Group on Infertility Subfecundity.
Sports Medicine. Diakses pada 2023. Effect of exercise on ovulation: A systematic review.
Baby Center. Diakses pada 2023. How to get pregnant fast: 9 tips for quick conception (photos).
Healthline. Diakses pada 2023. 16 Natural Ways to Boost Fertility.
The Fertility Institute. Diakses pada 2023. Can Folic Acid For Fertility Help Us Conceive?
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Infertility and stress.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Prenatal Testing: Is It Right for You?
American Journal of Reproductive Immunology. Diakses pada 2023. Stress, anxiety, and depression of both partners in infertile couples are associated with cytokine levels and adverse IVF outcome.
Biology of Reproduction. Diakses pada 2023. Walnuts improve semen quality in men consuming a western-style diet: randomized control dietary intervention trial.
European Journal of Clinical Nutrition. Diakses pada 2023. Does folic acid help increase the chances of getting pregnant?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan