• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 4 Manfaat Pijat untuk Bayi

Perlu Tahu, Ini 4 Manfaat Pijat untuk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Pijat dikenal membawa banyak manfaat kesehatan. Tidak hanya orang dewasa, manfaat pijat juga dapat dirasakan oleh bayi. Umumnya, bayi yang menangis atau rewel akan lebih nyaman ketika berada pada pelukan atau gendongan ibu. Tentu manfaat pijat pada bayi memiliki manfaat yang sama yaitu memberikan rasa nyaman pada tubuh dan perasaannya.

Baca juga: Ingin Pijat untuk Bayi, Ibu Harus Tahu Hal Ini

Pijat untuk bayi dapat memberi manfaat seperti tidur yang lebih nyenyak, tidak mudah rewel, mengurangi masalah pencernaan seperti konstipasi hingga kondisi kolik yang kerap dialami oleh bayi-bayi baru lahir. Bahkan ada beberapa yang mengatakan, dengan rutin melakukan pijat pada bayi meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan bakteri maupun penyakit yang dapat menyerang kesehatan bayi.

Ketahui Manfaat Pijat pada Bayi

Menurut Tiffany Field, direktur Touch Research Institute pada University of Miami School of Medicine, memijat bayi dapat menghasilkan hormon serotonin lebih banyak sehingga membuat detak jantung dan pernapasan bayi menjadi lebih santai. Jadi, sebaiknya ibu jangan ragu untuk melakukan pijat sederhana pada anak karena banyak memberikan manfaat, seperti:

1. Membuat Bayi Merasa Lebih Tenang

Tidak ada salahnya ibu mencoba melakukan pijatan sederhana di rumah pada bayi. Proses pijat yang dilakukan ibu bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan ikatan kedekatan antara ibu dan anak. Gunakan minyak yang aman untuk kulit bayi, lakukan pijatan saat ibu dalam keadaan nyaman dan tenang. Sentuhan dari ibu bisa membuat otak bayi meningkatkan hormon endorfin dan serotonin. Kedua hormon ini dapat membuat bayi lebih tenang, bahagia, dan nyaman.

2. Melancarkan Pencernaan

Pijat untuk bayi dapat dilakukan untuk mengatasi sembelit atau konstipasi yang dialami oleh bayi-bayi yang baru dilahirkan. Sebelum melakukan pijatan pada bagian perut bayi, sebaiknya ibu mencari tahu informasi mengenai proses pemijatan bayi yang baik dan aman.

Ibu bisa bertanya langsung pada dokter melalui video call atau voice call melalui aplikasi Halodoc. Tidak hanya mengenai cara memijat bayi, banyak informasi terkait tentang gangguan kesehatan bayi yang bisa ditanyakan langsung, seperti perut kembung atau demam. Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter ahli mengenai gejala-gejala kesehatan yang dialami oleh bayi.

Baca juga: New Mom Perlu Tahu Teknik Pijat Melancarkan ASI

3. Membuat Kualitas Tidur Bayi Meningkat

Nyatanya, rutin melakukan pijatan pada bayi membuat tubuh bayi terasa rileks atau santai. Dengan begitu, kualitas tidur bayi pada malam hari akan meningkat. 

4. Memperkuat Hubungan Bayi dan Orangtua

Meskipun pijatan dilakukan dengan sederhana, cara ini terbukti cukup ampuh untuk meningkatkan hubungan emosional antara bayi dan orangtua. Tidak hanya pada bayi, melakukan pemijatan pada bayi yang dilakukan oleh orangtua khususnya ibu dapat mengurangi baby blues atau depresi pasca melahirkan.

Baca juga: Jangan Asal Pijat Perut, Ini Bahayanya

Ibu, Lakukan Pijatan dengan Lembut

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memijat bayi. Ibu bisa melakukan pijatan pada kaki bayi dengan mengusap bagian kaki bawah hingga ke betis. Pijat dengan lembut dan lakukan pada kedua kaki. Selain pijatan kaki, ibu bisa memijat area perut dengan meletakan kedua ibu jari sejajar dengan pusar.

Kemudian, gerakkan ibu jari setengah lingkaran hingga ke bagian perut bawah dengan lembut. Ketika ibu melakukan pijatan, usahakan kegiatan ini dilakukan dengan mengajak anak berbicara, membacakan dongeng atau ajak anak bernyanyi ketika sesi pijat berlangsung. Hal ini berguna untuk membuat suasana semakin rileks dan ikatan antara ibu dengan bayi semakin terbangun dengan baik.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2019. The Benefits of Baby Massage
Healthline. Diakses pada 2019. Your Guide to Baby Massage