Perlu Tahu, Ini Fungsi Sistem Endokrin pada Tubuh Manusia

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Maret 2024

“Sistem endokrin memiliki fungsi yang cukup vital pada tubuh. Saat sistem endokrin terganggu, beberapa ancaman kesehatan bisa menyerang tubuh.”

Perlu Tahu, Ini Fungsi Sistem Endokrin pada Tubuh ManusiaPerlu Tahu, Ini Fungsi Sistem Endokrin pada Tubuh Manusia

DAFTAR ISI

  1. Berbagai Fungsi Sistem Endokrin pada Tubuh
  2. Kondisi yang Memengaruhi Sistem Endokrin
  3. Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Gangguan Sistem Endokrin

Halodoc, Jakarta – Hormon adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi cukup penting. 

Zat kimiawi ini berguna untuk memberikan pesan ke jaringan dan organ pada tubuh agar melakukan fungsinya. Sistem endokrin yang sering disebut sistem hormon merupakan bagian yang mengatur hal tersebut.

Untuk tahu lebih lengkap terkait fungsi sistem endokrin, simak informasi berikut!

Berbagai Fungsi Sistem Endokrin pada Tubuh

Sistem endokrin atau sistem hormon dalam tubuh terdiri dari beberapa bagian yang disebut kelenjar.

Nah, kelenjar ini tersebar di seluruh tubuh yang berguna untuk memproduksi dan melepaskan hormon sehingga berbagai organ di dalam tubuh dapat berfungsi secara normal.

Hormon sendiri merupakan bahan kimia yang mengoordinasikan fungsi tubuh dengan memberikan pesan melalui darah, lalu dikirimkan ke organ, otot, serta jaringan lainnya. 

Dengan begitu, tubuh tahu apa yang harus dilakukan dan waktu yang tepat melakukannya, sehingga dapat beraktivitas dengan normal.

Jika sistem endokrin tidak bekerja dengan benar, seseorang mungkin mengalami masalah kesehatan.

Gangguan tersebut misalnya gangguan perkembangan saat pubertas, masalah kehamilan, hingga kesulitan mengelola stres.

Kondisi ini juga membuat seseorang rentan mengalami masalah kesehatan lainnya saat tidak diatasi.

Berikut ini beberapa fungsi utama dari sistem endokrin:

  • Kelenjar endokrin yang berguna melepaskan hormon ke dalam aliran darah.
  • Menghasilkan hormon endokrin yang membantu dan mengendalikan suasana hati, pertumbuhan dan perkembangan tubuh, hingga memengaruhi cara kerja organ, metabolisme, serta reproduksi.
  • Mengatur hormon yang dilepaskan agar tetap seimbang sehingga penyebarannya tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Kondisi yang Memengaruhi Sistem Endokrin

Beberapa gangguan kesehatan bisa terjadi saat seseorang mengalami masalah terkait sistem hormon atau yang biasa dikenal dengan sistem endokrin.

Beberapa masalah tersebut, yaitu:

  • Diabetes: Gangguan endokrin dapat mempengaruhi pankreas yang menghasilkan lebih sedikit hormon insulin atau tidak bekerja secara normal.
  • Gangguan tiroid: Masalah ini dapat terjadi saat kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon yang cukup atau terlalu banyak.
  • Hipogonadisme: Gangguan ini dapat menyebabkan masalah ingatan dan konsentrasi, hingga dorongan seks yang rendah. Ini diakibatkan hormon testosteron yang menurun.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS): Ketidakseimbangan hormon dapat membuat menstruasi pada wanita tidak teratur. Jika dibiarkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, termasuk infertilitas.
  • Osteoporosis: Gangguan ini terjadi saat tulang menjadi rapuh dan lemah.
  • Akromegali: Gangguan ini dapat menyebabkan organ, tulang, tulang rawan, atau jaringan bertambah besar. Kondisi ini terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak hormon pertumbuhan. 
  • Sindrom Cushing: Gangguan ini muncul saat tubuh menghasilkan jumlah hormon kortisol yang berlebihan dalam periode yang panjang.

Selain itu, ada juga bahan kimia yang dapat mengganggu fungsi dari sistem endokrin. 

Bahan kimia ini terdapat di mana-mana, seperti pestisida, plastik, kosmetik, hingga makanan dan air yang dikonsumsi dapat mengganggu fungsi sistem endokrin.

Jika dibiarkan, kondisi dapat menyebabkan masalah terkait sistem endokrin dalam mengatur hormon yang diproduksi dan dilepaskan.

Apabila hal tersebut terjadi, berbagai penyakit bisa muncul karena terganggunya sistem endokrin.

Oleh karena itu, kamu harus Mewaspadai Penyakit yang Disebabkan Oleh Gangguan Sistem Endokrin.

Hubungi Dokter Ini Jika Mengalami Gangguan Sistem Endokrin

Jumlah hormon pada tubuh yang terlalu sedikit atau terlalu banyak, dapat menyebabkan masalah kesehatan. Bahkan beberapa gangguan yang dialami bisa membahayakan.

Jika kamu mengalami gangguan sistem endokrin yang menyebabkan berbagai penyakit, seperti diabetes, osteoporosis, hingga akromegali, segera hubungi dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc.

Dokter rekomendasi di Halodoc ini telah berpengalaman lebih dari 12 tahun dalam menangani penyakit dalam.

Berikut dokter yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD

Dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dokter Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD. Ia berhasil meraih gelar dokter di Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2012. 

dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD berhasil mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam di Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2020.

Ia merupakan anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan kini berpraktik di Cikarang, Jawa Barat.

Dengan pengalaman selama 12 tahun, dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc terkait gangguan sistem endokrin.

Selain itu, dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD juga bisa melayani penyakit dalam lainnya, seperti hipertensi, diabetes, gangguan kesehatan lansia, masalah kesehatan paru, alergi dan imunitas, serta fungsi ginjal.

Chat Dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Agnita Irawaty Sp.PD

Rekomendasi selanjutnya adalah dr. Agnita Irawaty Sp.PD. Ia merupakan lulusan Universitas Tarumanagara pada 2010 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2022.

Saat ini, ia berpraktik di Yogyakarta dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalamannya selama 14 tahun, dr. Agnita Irawaty Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait berbagai masalah penyakit dalam, termasuk gangguan sistem endokrin atau sistem hormon.

Chat dr. Agnita Irawaty Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Jika masih memiliki pertanyaan lain terkait fungsi dari sistem endokrin, kamu bisa menghubungi dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc untuk mendapatkan jawaban yang tepat.

Yuk, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Endocrine System.
Healthline. Diakses pada 2024. The Endocrine System.
Kids Health. Diakses pada 2024. Endocrine System.
Web MD. Diakses pada 2024. The Endocrine System and Glands of the Human Body.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan