• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Positif COVID-19, Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Positif COVID-19, Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini

Positif COVID-19, Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Juni 2021
Positif COVID-19, Hindari Konsumsi 6 Makanan IniPositif COVID-19, Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini

“Setelah terinfeksi virus corona, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat agar cepat sembuh. Salah satunya dengan mengatur pola makan. Penting untuk mengetahui apa saja jenis makanan yang baik dan boleh dikonsumsi. Sebaliknya, kamu juga harus mengetahui jenis makanan yang harus dihindari agar gejala COVID-19 tidak memburuk.

Halodoc, Jakarta – COVID-19 bisa menyebabkan pengidapnya mengalami beragam gejala. Beberapa di antaranya bisa terasa sangat menyakitkan dan membuat perasaan tidak nyaman. Karena itu, beragam cara mengatasi gejala sering kali dilakukan, termasuk mengonsumsi makanan tertentu. 

Kamu mungkin pernah melihat postingan-postingan di internet terkait saran makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi saat mengidap COVID-19. Sayangnya, tidak semua informasi yang beredar di internet mengandung kebenaran. Nyatanya, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau tidak dulu dikonsumsi saat terinfeksi virus corona. Sebab, jenis makanan tertentu bisa memperparah gejala dan membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama.

Lantas, apa saja makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk sementara waktu? 

Baca juga: 6 Jenis Makanan Penambah Imun yang Bisa Mencegah Corona

Makanan Pantangan bagi Pengidap COVID-19

Asupan makanan dan minuman nyatanya sangat berpengaruh pada kondisi tubuh, termasuk pada sistem kekebalan tubuh alias imunitas. Saat mengidap COVID-19, penting untuk selalu menjaga dan meningkatkan imunitas agar cepat sembuh. Maka dari itu, sebaiknya hindari dulu beberapa jenis makanan yang mungkin mengacaukan sistem imun, seperti: 

  1. Makanan Kemasan 

Saat sakit, kamu mungkin merasa tidak memiliki cukup banyak energi untuk memasak. Alhasil, terlintas keinginan untuk mengonsumsi makanan kemasan. Hati-hati, hal ini sebaiknya dihindari. Sebab, makanan dalam kemasan umumnya banyak mengandung pengawet, natrium, zat adiktif, serta tambahan gula. Bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan peradangan yang berdampak pada melemahnya kekebalan tubuh. Hal itu kemudian bisa menyebabkan virus penyebab penyakit menjadi lebih mudah menyerang. 

  1. Daging Merah 

Jenis makanan yang satu ini memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Lagi-lagi, hal ini bisa meningkatkan risiko peradangan. Pengidap COVID-19 disarankan untuk menghindari dulu jenis makanan ini. Namun secara umum, konsumsi daging merah memang sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan karena dapat menyebabkan penumpukan lemak jenuh di dalam tubuh. 

  1. Goreng-gorengan 

Selain daging merah, makanan yang digoreng juga banyak mengandung lemak. Jika dikonsumsi secara berlebihan, jenis makanan ini bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa memperlambat proses pemulihan dari COVID-19.

 Tidak hanya itu, kebiasaan mengonsumsi goreng-gorengan juga bisa memicu peningkatan kadar “kolesterol jahat” alias LDL. Hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. 

Baca juga: Tips Berbelanja Makanan Selama Pandemi COVID-19

  1. Minuman Manis 

Orang yang terinfeksi virus corona tidak hanya harus menghindari asupan garam dan lemak, tapi juga gula. Salah satu jenis asupan yang sebaiknya dihindari adalah minuman manis. Dalam satu kemasan minuman manis, terdapat kandungan gula tambahan yang bisa menyebabkan peradangan pada tubuh. Selain itu, hindari juga minuman bersoda yang bisa memberi dampak serupa. 

  1. Makanan Pedas 

Hindari juga konsumsi makanan yang terlalu pedas. Sebab, bumbu-bumbu yang digunakan bisa mengiritasi tenggorokan. Hal ini kemudian bisa memperparah batuk yang merupakan salah satu gejala infeksi virus corona. 

  1. Minuman Beralkohol 

Tanpa terinfeksi COVID-19 pun, asupan minuman beralkohol sebaiknya dihindari atau dibatasi. Namun, pada pengidap infeksi corona, mengonsumsi minuman ini disebut bisa memicu peradangan. Tidak hanya itu, minuman beralkohol juga bisa membuat obat-obatan yang dikonsumsi menjadi tidak efektif. Kalau sudah begitu, proses penyembuhan tentu akan berjalan lebih lama. 

Baca juga: Tips Aman dari Corona, Saat Pesan Makanan Online

Selain menghindari makanan tertentu, disarankan untuk mengonsumsi multivitamin tambahan. Hal ini bisa membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Biar lebih mudah, kamu bisa membeli multivitamin atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah segera. Download Halodoc sekarang!

Referensi: 
Eatthis. Diakses pada. 2021. Foods You Shouldn’t Eat If You Have COVID. 
WHO. Diakses pada 2021. Food and nutrition tips
during self-quarantine. 
The Gourmet Journal. Diakses pada 2021. What to Eat (and What to Avoid) in Times of Coronavirus.