• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pria, Ini Penyebab Utama Hiperparatiroidisme

Pria, Ini Penyebab Utama Hiperparatiroidisme

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pada tubuh manusia terdapat banyak hormon yang mempunyai fungsi masing-masing. Salah satu hormon yang harus dicukupi adalah hormon paratiroid. Hormon tersebut diproduksi oleh kelenjar paratiroid pada leher yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar kalsium di dalam tubuh.

Hormon tersebut harus dalam keadaan seimbang, tidak boleh berlebihan. Jika terjadi, kamu akan mengalami hiperparatiroidisme. Apa penyebab utama yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan pada kelenjar paratiroid? Berikut pembahasan tentang hal ini!

Baca juga: Hiperparatiroidisme Juga Bisa Muncul Akibat Gagal Ginjal?

Penyebab Utama dari Hiperparatiroidisme

Hiperparatiroidisme adalah gangguan yang terjadi ketika tubuh kamu mengalami kelebihan hormon paratiroid pada aliran darah. Hal tersebut disebabkan terlalu aktifnya salah satu atau lebih dari empat kelenjar paratiroid pada tubuh. Kelenjar ini terletak di leher setiap orang.

Terdapat dua jenis hiperparatiroidisme yang dapat terjadi pada seseorang. Jenis yang pertama adalah hiperparatiroidisme primer yang disebabkan pembesaran satu atau lebih kelenjar paratiroid, sehingga produksi hormon berlebih yang membuat kadar kalsium tinggi. Cara perawatan untuk gangguan ini adalah pembedahan.

Jenis lainnya adalah hiperparatiroidisme sekunder yang dapat terjadi sebagai akibat dari gangguan lainnya. Hal ini dapat menyebabkan rendahnya kadar kalsium di dalam tubuh. Lalu, lama-kelamaan akan terjadi peningkatan kadar hormon tersebut yang dapat berbahaya.

Lalu, hal apa yang dapat menjadi penyebab utama dari hiperparatiroidisme? Berikut beberapa penyebabnya:

  1. Hiperparatiroidisme Primer

Pada kebanyakan kasus, gangguan hiperparatiroidisme primer dapat disebabkan oleh tumor non-kanker, atau adenoma, yang terjadi pada salah satu kelenjar paratiroid. Pada kasus yang jarang, hal ini disebabkan kelenjar pada leher tersebut yang membesar. Selain itu, pada kasus yang sangat jarang, gangguan ini disebabkan oleh kanker kelenjar yang menghasilkan hormon paratiroid tersebut.

Baca juga: Faktor yang Sebabkan Hiperparatiroidisme

  1. Hiperparatiroidisme Sekunder

Gangguan jenis sekunder ini dapat terjadi sebagai akibat dari kondisi lainnya yang dapat menurunkan kadar kalsium. Hal tersebut karena kelenjar pada leher tersebut terlalu sulit mengimbangi tubuh yang kehilangan kalsium. Beberapa hal yang menjadi penyebabnya adalah:

  • Kekurangan Kalsium yang Parah

Seseorang yang mengalami kekurangan kalsium yang parah dapat mengalami hiperparatiroidisme. Hal ini umumnya disebabkan sistem pencernaan yang tidak menyerap kalsium dari makanan.

  • Kekurangan Vitamin D

Tubuh seseorang yang mengalami kekurangan vitamin D yang parah juga dapat mengalami penyakit ini. Vitamin D dapat membantu untuk menjaga kadar kalsium tetap seimbang pada darah dan membantu sistem pencernaan menyerap kalsium dari makanan.

  • Gagal Ginjal Kronis

Ginjal yang terganggu akan kesulitan untuk mengubah vitamin D menjadi suatu zat yang dapat digunakan tubuh. Selain itu, gangguan ini dapat menyebabkan vitamin D menurun dan kadar kalsium juga ikut turun.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan pada kelenjar paratiroid tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan. Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi ini.

Baca juga: Hiperparatiroidisme Juga Bisa Mengakibatkan Hiperkalemia

Komplikasi yang Dapat Disebabkan oleh Hiperparatiroidisme

Gangguan terkait hormon paratiroid ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi pada pengidapnya. Hal tersebut berhubungan dengan efek jangka panjang yang menyebabkan terlalu banyak kalsium yang beredar pada aliran darah. Berikut beberapa komplikasi yang dapat terjadi:

  1. Osteoporosis

Salah satu komplikasi yang dapat terjadi adalah osteoporosis. Hal tersebut disebabkan hilangnya kalsium sering menghasilkan tulang yang rapuh dan mudah patah.

  1. Batu ginjal

Kelebihan kalsium dalam darah dapat menyebabkan kelebihan kalsium dalam urine, sehingga menyebabkan simpanan kalsium kecil dan keras lainnya terbentuk di ginjal. Batu ginjal biasanya menyebabkan rasa sakit yang signifikan ketika melewati saluran kemih.

  1. Penyakit Kardiovaskular

Meskipun hubungan sebab-akibat yang pasti tidak jelas, kadar kalsium yang tinggi dikaitkan dengan kondisi kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi) dan beberapa jenis penyakit jantung. Ketika terjadi, hal berbahaya mungkin terjadi dan butuh pencegahan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Hyperparathyroidism
NHS.uk. Diakses pada 2019. Hyperparathyroidism