• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Berolahraga saat Berpuasa, Kenapa Tidak?

Rutin Berolahraga saat Berpuasa, Kenapa Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Puasa umumnya identik dengan rasa lemas dan malas seharian. Beberapa orang bahkan memilih untuk tidur seharian dengan melakukan aktivitas di malam hari. Padahal, puasa bukanlah momen yang membuat seseorang harus bermalas-malasan dan seharusnya lebih banyak melakukan sesuatu agar mendapatkan balasan berupa pahala.

Puasa juga seharusnya menjadi momen kamu untuk menjaga tubuh untuk tetap sehat. Terlebih lagi jika kamu ingin menurunkan bobot tubuh. Maka dari itu, puasa sekaligus berolahraga adalah kombinasi yang tepat untuk hal tersebut. Lalu, bagaimanakah cara yang baik untuk rutin berolahraga ketika menjalankan puasa? Berikut ulasannya!

Baca juga: 5 Tips Olahraga Saat Puasa

Manfaat Rutin Berolahraga saat Puasa

Memang tidak sedikit orang yang berencana untuk berhenti olahraga sejenak untuk menyambut bulan Ramadan. Banyak orang yang langsung malas untuk membayangkan olahraga dengan perut yang kosong dan kehausan. Padahal, jika kamu ingin membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, berolahraga saat puasa bisa menjadi manfaat yang besar.

Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin melakukan olahraga secara rutin di bulan puasa. Hal tersebut terkait tidak adanya asupan energi yang masuk ke tubuh selama puluhan jam. Penting juga untuk tidak memaksakan diri agar tidak kolaps di tengah aktivitas fisik. Berikut beberapa perhatian yang dilakukan jika ingin berolahraga secara rutin saat puasa:

  1. Buat Keputusan yang Pasti

Salah satu hal yang dapat diperhatikan jika ingin berolahraga saat puasa adalah mengukuhkan hati untuk melakukannya secara rutin. Jika kamu tidak bersungguh-sungguh malah hanya menjadi beban tersendiri. Padahal, berolahraga dalam keadaan puasa terbilang sangat sehat. Hal tersebut mampu meningkatkan kesehatan otak dan menjaga otot secara biologis untuk tetap muda.

Berolahraga saat puasa juga dapat meningkatkan energi tubuh, membuat tubuh lebih terasa segar, meningkatkan kewaspadaan, dan lebih bersemangat. Kebiasaan baik ini juga dapat membantu untuk menjaga aliran darah dan semua fungsi tubuh untuk berjalan lebih baik. Maka dari itu, sangat disarankan untuk tetap berolahraga meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: 6 Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa

  1. Menjaga Kebugaran dan Berat Badan

Dengan menjalankan olahraga selama puasa dapat melatih tubuh untuk menghancurkan lemak yang bertumpuk, sehingga simpanan lemak di dalam tubuh diubah menjadi energi. Saat tubuh menjalankan puasa, kekurangan karbohidrat dan gula akan terjadi padahal sangat dibutuhkan. Sehingga, tubuh akan mulai menggunakan lemak yang bertumpuk untuk dikonversi menjadi energi.

Namun, penting untuk selalu menjaga asupan gizi selama berpuasa, jangan sampai berat badan turun atau naik secara drastis. Penting untuk mempertahankan diet yang seimbang dan berolahraga dengan takaran yang tepat. Dengan begitu, tubuh tetap sehat dan berat badan dapat terjaga serta mencapai batas normal setiap orang.

  1. Waktu Terbaik untuk Olahraga

Hal yang paling penting lainnya saat ingin berolahraga saat puasa adalah waktu untuk melakukannya. Memang, lamanya waktu puasa di tiap daerah dapat berbeda-beda. Namun, jika kamu ingin berolahraga, sebaiknya dilakukan satu jam sebelum waktunya berbuka puasa. Dengan begitu, tubuh dapat langsung mendapatkan asupan agar dapat mengisi cairan dan asupan makanan dengan cepat. Sehingga, perasaan lemas tidak berangsur-angsur terlalu lama.

Itulah beberapa poin yang harus diperhatikan jika kamu tetap ingin berolahraga rutin saat menjalankan ibadah puasa. Dengan begitu, kamu tetap memastikan puasa tidak batal sekaligus meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Akhirnya, berat badan yang ideal dapat digapai.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga yang Tepat Selama Berpuasa

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara berolahraga secara rutin ketika menjalankan ibadah puasa. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
Evolve Daily. Diakses pada 2020. 5 Tips For Exercising During Ramadan.
Khaleej Times. Diakses pada 2020. Is it safe to exercise during Ramadan? Here's the answer.