6 Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa

6 Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa
OLAHRAGA 16 June 2017

Halodoc, Jakarta - Bulan Ramadan adalah bulan dimana umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Antara waktu tersebut, kurang lebih selama 13 jam, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar. Tetapi bukan berarti kamu tidak melakukan aktivitas atau rutinitas sehari-sehari seperti berolahraga. Berolahraga saat sedang berpuasa untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, olahraga di bulan puasa juga dianjurkan. Namun, perlu diketahui jenis olahraga apa yang cocok dan tepat saat sedang berpuasa. Olahraga pada saat puasa harus tetap berjalan namun intesitasnya dikurangi dan olahraganya pun harus tepat agar tidak lemas akibat berolahraga. Saat berpuasa hindari olahraga berat dan membuat cepat dehidrasi.

Niatkan diri agar kuat untuk mampu melakukan olahraga saat berpuasa. Jangan jadikan puasa sebagai alasan yang mampu menghalangi rutinitas berolahraga yang biasa dilakukan saat tidak berpuasa. Berikut 6 jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa:

1.  Jalan Santai
Saat puasa hindari olahraga yang membuat kamu cepat berkeringat, jalan santai menjadi salah satu olahraga pilihan, karena dengan jalan santai, kesehatan tubuhmu bisa tetap terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang buka puasa.

2.  Bersepeda Sore Hari
Olahraga ringan lainnya yang bisa kamu lakukan saat puasa adalah bersepeda. Selain mengencangkan otot, bersepeda juga menyehatkan jantung. Bersepeda saat puasa juga menjaga tubuh agar tidak lemas karena dengan bersepeda pikiran juga akan lebih tenang dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol lebih mudah.

3.  Berlatih Yoga
Yoga adalah olahraga yang paling cocok untuk dilakukan saat puasa karena gerakan pada yoga tidak terlalu menguras energi. Yoga membantu membakar kalori dan mampu memperbaiki postur tubuh. Jika nantinya kamu akan kelelahan, karena yoga tidak akan membuat kamu berkeringat banyak sehingga kamu pun tidak akan merasa dehidrasi.

4.  Olahraga Latihan Beban
Walaupun sedang berpuasa kamu tetap bisa berolahraga latihan beban. Pilihlah beban yang tidak terlalu berat agar tidak banyak keringat yang keluar sehingga kamu tidak perlu menguras energi saat mengangkat. Lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan agar otot tidak kram pada saat mengangkat beban.

5.  Jogging
Jogging juga merupakan olahraga ringan yang dapat dilakukan saat berpuasa, olahraga ini dapat dilakukan kapan saja.

6.  Bowling
Bowling, olahraga yang mengasyikkan ini tentu saja bukan jenis olahraga berat yang membutuhkan banyak energi. Kamu dapat melakukan olahraga ini setiap hari dan kapan saja. Olahraga ini bagus untuk menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan badan.

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan olahraga saat puasa adalah kapan waktu yang pas agar tidak mengganggu ibadah puasa kamu. Tidak disarankan berolahraga pada siang hari karena cepat menyebabkan dehidrasi. Olahraga sebaiknya dilakukan pada sore hari 2 sampai 1 jam menjelang berbuka puasa atau setelah berbuka.


Kamu ingin berdiskusi dengan dokter spesialis seputar olahraga yang bisa dilakukan saat puasa dan manfaat apa yang didapat serta tips-tips seputar Ramadan? Kamu bisa melakukan melalui aplikasi kesehatan Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara bersama dokter spesialis terbaik dan kamu juga bisa melakukan chat, video call atau voice call. Download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk menggunakannya.

Baca Juga: 3 Tips Berolahraga di Bulan Ramadhan


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

17 September 2018

Superman Complex dapat berkembang dari perasaan dan kejadian kecil di sekitar kita. Seperti terlalu seringnya ...

Selengkapnya

SEKS

17 September 2018

Agar tak susah ereksi saat memakai kondom, kenali tiga hal yang bisa memicunya. ...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya