15 May 2018

4 Jenis Olahraga yang Tepat Selama Berpuasa

4 Jenis Olahraga yang Tepat Selama Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Berolahraga saat puasa pasti terasa malas untuk dilakukan oleh banyak orang, sebab saat puasa tubuhmu dalam kondisi yang lemas dan tidak seprima biasanya. Kamu pun lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan tidur siang dan malas-malasan.

Namun, apakah kamu mau tubuhmu menjadi tidak fit apabila hanya malas-malasan seperti itu? Usahakan agar puasa tidak menjadi penghalang bagi kamu untuk berolaharga, meski memang intensitas, frekuensi, dan durasinya bisa dikurangi karena dapat memengaruhi ketahanan tubuh selama menjalani ibadah puasa.

(Baca juga: Olahraga Saat Menstruasi, Bolehkah?)

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga selama puasa yang dapat kamu lakukan, karena terbukti aman dan tidak membuatmu kelelahan:  

  1. Bersepeda

Olahraga ini termasuk ke dalam latihan kardiovaskuler yang baik untuk kesehatan peredaran darah dan jantungmu. Selama bulan ramadan, kamu bisa memilih untuk bersepeda dengan menggunakan sepeda statis di gym atau bersepeda mengelilingi komplek yang banyak pepohonannya, agar lebih nyaman dan tidak cepat lelah karena panas. Selama puasa, kamu harus mengurangi intensitas bersepedamu menjadi 15 hingga 20 menit saja untuk membuat tubuhmu bergerak.

Selain menyehatkan badan, bersepeda akan menghasilkan hormon endorfin, sehingga kamu akan merasa lebih senang dan bersemangat. Apabila kamu tidak ingin melakukannaya saat siang hari, kamu juga bisa melakukannya menjelang sahur atau sesudah sahur.

  1. Joging

Sama dengan bersepeda, joging juga merupakan olahraga yang masuk ke dalam latihan kardiovaskuler, sehingga bermanfaat untuk jantung. Agar tetap nyaman, kamu dapat melakukannya dengan treadmill di pusat kebugaran atau di sekitar rumah dalam kondisi yang tidak terik. Selain itu, olahraga ini dianjurkan untuk dilakukan menjelang berbuka puasa. Kamu dapat melakukannya hingga 30 menit saja per hari, agar badanmu tidak merasa kelelahan. Manfaat yang kamu dapatkan dari olahraga ini adalah mampu membakar lemak menjadi energi, menurunkan berat badan, serta menjaga kesehatan jantung.

  1. Yoga

Ini adalah olahraga yang sangat tepat dilakukan saat bulan puasa. Selain menyehatkan tubuh, olahraga ini juga mampu membuat pikiranmu menjadi lebih tenang, sehingga kamu dapat menjalankan ibadah dengan fokus. Latihan teknik pernapasan dalam yoga juga dikenal ampuh menambah jumlah oksigen dalam tubuh dan membantu menyeimbangkan produksi hormon.

Apabila puasa bermanfaat untuk detoksifikasi, yoga berfungsi untuk mempercepat proses ini. Jadi dengan melakukan yoga, racun dalam tubuhmu akan keluar dengan maksimal. Selama bulan puasa ini, kamu disarankan untuk melakukan gerakan yang tidak terlalu berat agar tidak menguras banyak energi. Kamu bisa melakukannya saat perut masih dalam keadaan kosong, yakni satu jam sebelum berbuka puasa atau dua jam sebelum sahur.

  1. Senam Aerobik dan Zumba

Olahraga ini dapat dilakukan dengan diiringi alunan musik, sehingga kamu akan merasa lebih senang dan bersemangat menjalaninya. Meski gerakannya ringan dan mudah diikuti, latihan zumba dan aerobik ini efektif untuk membakar kalorimu secara instan, sehingga berat badanmu akan terjaga. Dengan melakukan olahraga jenis ini berat badanmu akan cepat turun. Sebab, apabila kamu melakukannya dengan benar, kalori yang terbakar bisa mencapai 350 dalam waktu 30 menit lho!

(Baca juga: Manfaat Dengarkan Musik Saat Olahraga)

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar olahraga saat puasa, kamu bisa bertanya pada dokter. Untuk bicara pada dokter, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play, lalu kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat dan Voice/Video Call. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!