• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Minum Air Rebusan Jahe, Ini Manfaatnya

Rutin Minum Air Rebusan Jahe, Ini Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Khasiat jahe tidak bisa diragukan lagi selama ribuan tahun. Tidak hanya digunakan sebagai salah satu rempah yang menguatkan dan menambah kenikmatan masakan, jahe ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apakah kamu termasuk dalam kelompok orang yang rutin mengonsumsi air rebusan jahe? Kalau belum, coba deh, karena kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat, berikut di antaranya:

  • Membantu Meredakan Mual

Mual sering menjadi keluhan para wanita, terlebih ketika sedang hamil dan menjajaki trimester pertama. Namun, sekarang hal tersebut tidak perlu lagi dikhawatirkan, karena mual bisa diredakan dengan mudah, cukup dengan mengonsumsi air rebusan jahe.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi air rebusan jahe hangat sebagai pendamping ketika sarapan ternyata baik untuk menjaga berat badan kamu, lho! Khasiat jahe yang satu ini berperan dalam memberikan kamu rasa kenyang yang lebih lama, juga membantu mengurangi nafsu makan, sehingga kamu tidak terbawa keinginan untuk mengonsumsi camilan sebelum jam makan siang tiba. 

Baca juga: Ini Perbedaan Jahe Merah dan Jahe Biasa

Artikel yang dimuat dalam British Journal of Nutrition menyatakan, jahe berkhasiat untuk mengontrol kadar gula dan kadar kolesterol dalam darah serta membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Kondisi ini membuat tubuh lebih cepat dan efektif dalam membakar lemak. 

  • Membantu Mengurangi Rasa Nyeri

Jahe mengandung senyawa alami fenol dan gingerol yang memiliki sifat antinyeri. Adanya kandungan alami ini membuat jahe membantu mengurangi rasa nyeri yang timbul saat kamu mengalami peradangan pada lambung atau kram perut kala sedang menstruasi. Jahe juga dapat meredakan nyeri otot yang sering terjadi setelah kamu berolahraga. Jahe mampu bekerja lebih efektif dalam meredakan sakit kepala sebelah dibandingkan dengan hanya mengonsumsi obat pereda nyeri. 

Baca juga: Manfaat Jahe untuk Mengobati Gastroenteritis

  • Mengontrol Kadar Gula Darah dan Mencegah Diabetes

Khasiat jahe dalam mengendalikan kadar gula darah pada tubuh tidak lagi hanya isapan jempol. Rempah satu ini juga membantu mengatur respon dari insulin pada pengidap penyakit diabetes. Tidak hanya itu, sifat antiperadangan yang dimiliki jahe juga membantu mencegah terjadinya komplikasi yang bisa terjadi akibat diabetes, termasuk penyakit jantung, retinopati, hingga stroke. Manfaatnya bisa lebih maksimal lagi kalau rebusan air jahe ini ditambahkan dengan serbuk kayu manis. 

  • Memerangi Osteoarthritis dan Rematik

Gingerol, zingeron, dan gingerdione yang terkandung dalam jahe bekerja secara aktif dalam menurunkan zat alami pada tubuh yang menjadi pemicu munculnya peradangan. Masih ada lagi senyawa oleoresin yang turut serta melawan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Artinya, rutin mengonsumsi air rebusan jahe membantu mengurangi peradangan yang mengakibatkan osteoarthritis dan penyakit rematik. 

Baca juga: Khasiat Jahe Bisa Atasi Rasa Mual, Kok Bisa?

Jadi, khasiat jahe mana lagi yang masih membuat kamu ragu untuk mengonsumsi air rebusan rempah ini? Supaya rasanya semakin nikmat, kamu bisa menambahkan susu sebagai campurannya. Namun, jangan lupa, tetap lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar kondisi kesehatanmu selalu terjaga. Kalau kamu mengalami gejala yang asing pada tubuh, jangan ragu untuk bertanya pada dokter. Gunakan aplikasi Halodoc, karena dokter asli di berbagai bidang akan siap membantu kamu kapan saja dan di mana saja. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. What are the Benefits and Side Effects of Ginger Water?
Livestrong. Diakses pada 2020. Ginger Water Benefits.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Is Drinking Ginger Water Good for Health?