• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Tidur Siang, Adakah Manfaatnya untuk Kesehatan?

Rutin Tidur Siang, Adakah Manfaatnya untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Walaupun hanya sebentar, tidur siang bisa memberikan efek yang signifikan bagi kamu yang memang sedang kekurangan tidur maupun kamu yang merasa kelelahan di tengah-tengah kesibukan yang luar biasa padatnya. Bila dilakukan secara rutin, tidur siang juga bisa mendatangkan banyak manfaat baik untuk kesehatan, lho. Yuk, cari tahu manfaat tidur siang di sini.  

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurang tidur, apalagi bila sangat sering bisa berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh kamu. Hal ini karena kurang tidur dapat meningkatkan molekul peradangan yang dikenal sebagai sitokin serta hormon stres, seperti kortisol dan norepinefrin. 

Sebuah studi pada tahun 2015 di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism meneliti 11 pria muda yang sehat dan membatasi waktu tidur mereka hanya menjadi 2 jam. Hasilnya, tes darah dan urine mereka menunjukkan kadar sitokin dan norepinefrin yang tinggi. Hari berikutnya, ke-11 pria tersebut dibagi menjadi 2 kelompok. 

Satu kelompok diberi waktu tidur siang selama dua jam setengah, sedangkan kelompok yang lain tidak diberikan waktu tidur siang. Hasilnya, sampel darah dan urine mereka yang tidur siang menunjukkan bahwa kadar sitokin dan norepinefrin mereka telah kembali normal, seolah-olah mereka sudah memiliki waktu tidur malam yang cukup. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa salah satu manfaat tidur siang adalah membantu menjaga sistem kekebalan kamu tetap kuat, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: Kurang Tidur, Bisa Akibatkan 4 Hal Ini Bagi Kesehatan

2. Meningkatkan Kewaspadaan pada Malam Hari

Bagi orang yang bekerja di malam hari atau sepanjang malam, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa tidur siang yang dilakukan antara 30 menit sampai 4 jam sebelum shift kerja dimulai, dikenal juga sebagai “tidur profilaksis” yang dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan. Tidur siang juga dapat meningkatkan kewaspadaan saat mengemudi di malam hari, ketika dalam perjalanan pulang dari bekerja, misalnya. Namun, sebagian besar studi ini juga melibatkan pemberian kafein yang diduga juga berkontribusi terhadap kewaspadaan di malam hari. 

Namun, sebuah studi tahun 1995 yang membandingkan efektifitas antara tidur siang dan kafein, menemukan bahwa tidur siang secara umum dapat meningkatkan kinerja, suasana hati, dan kewaspadaan yang lebih lama bila dibandingkan kafein, yang efektivitasnya dapat berkurang dalam waktu sekitar 6 jam.

Baca juga: Sering Minum Kopi, Awas Ini Dampaknya

3. Meningkatkan Kewaspadaan pada Siang Hari

Tidak hanya pada malam hari, tidur siang juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja pada siang hari, menurut sejumlah penelitian laboratorium. Namun, para peneliti menemukan bahwa manfaat tidur siang dapat dirasakan lebih optimal bila dilakukan dalam waktu yang singkat. Waktu tidur siang yang dinilai paling efektif adalah 10 menit, yang dapat memberikan manfaat terbaik, baik dalam hal kewaspadaan, kinerja, mauun semangat. Tidur siang selama 30 menit juga dapat memberikan efek yang sama tapi juga dapat menimbulkan masalah saat terjaga, seperti pusing dan perasaan uring-uringan. 

4. Meningkatkan Stamina Fisik

Manfaat tidur siang ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tetapi juga dapat memberikan dampak positif pada stamina dan kinerja fisik. Sebuah studi tahun 2007 di Journal of Sports Sciences meneliti 10 pria sehat yang melakukan lari sprint 30 menit sebelum dan sesudah tidur siang. 

Hasil yang menunjukkan bahwa waktu lari jadi meningkat setelah tidur siang membuat para peneliti menyimpulkan bahwa, manfaat tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan dan aspek kinerja mental dan fisik setelah kurang tidur. Para peneliti juga menganjurkan bahwa tidur siang dapat dijadikan rutinitas penting bagi atlet yang memiliki waktu tidur terbatas selama pelatihan atau kompetisi.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Salah satu dari banyak manfaat tidur malam yang cukup adalah untuk menggabungkan memori. Nah, sebuah studi tahun 2010 di Neurobiology of Learning and Memory meneliti untuk melihat apakah tidur siang hari juga dapat meningkatkan proses memori, terutama memori asosiatif (kemampuan untuk membuat koneksi antara objek yang tidak terkait).

31 peserta yang sehat diberi tugas belajar pada jam 12 malam untuk menghafal dua set pasangan foto objek dan wajah. Foto objek di kedua set sama tapi dipasangkan dengan wajah yang berbeda. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok, mereka yang tidur siang selama 90 menit dan yang tidak. Pada pukul 4.30 pagi, peserta yang tidur siang menunjukkan retensi memori asosiatif yang jauh lebih baik.

Baca juga: Ini Penjelasan Kenapa Ibu Hamil Butuh Tidur Siang

Nah, itulah beberapa manfaat tidur siang secara rutin yang bisa kamu dapatkan. Bila kamu sakit dan butuh saran kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Mental Floss. Diakses pada 2020. 8 Scientific Benefits of Napping.