19 April 2018

Ini Penjelasan Kenapa Ibu Hamil Butuh Tidur Siang

Ini Penjelasan Kenapa Ibu Hamil Butuh Tidur Siang

Halodoc, Jakarta – Ada perasaan bersalah setiap kali ibu hamil menghabiskan siangnya dengan tidur-tiduran. Walaupun setiap bangun badan terasa segar, rasa bersalah kerap melanda. Jangan dulu merasa tidak enak dan menganggap diri bermalas-malasan, karena sebenarnya ada banyak manfaat tidur siang buat ibu hamil.

Menurut penelitian dari National Sleep Foundation, para ibu hamil mengalami masalah tidur malam 2-3 hari setiap minggunya. Ini dikarenakan posisi tidur yang kurang nyaman seiring usia kehamilan yang tua, terutama di trimester ketiga.

Belum lagi hasrat ingin buang air kecil yang membuat ibu hamil harus bolak-balik ke kamar mandi dan suhu udara yang dirasanya panas karena perubahan hormon membuat ibu hamil kerap terbangun. Oleh karena itu tidur siang menjadi waktu di mana ibu hamil menebus tidur malam yang kurang.

Manfaat tidur siang memiliki hubungan yang kuat terhadap emosi ibu hamil. Rasa lelah akan mengacaukan mood dan membuat ibu bisa uring-uringan tanpa sebab, yang pada akhirnya berakibat pada janin juga. Tidak hanya terkait dengan perasaan emosional saja, tidur yang cukup juga memengaruhi proses kelahiran.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kathy Lee, pakar kehamilan dan kesehatan ibu hamil dari University of California, San Francisco, ibu hamil yang memiliki waktu tidur kurang dari enam jam lebih berisiko menjalani persalinan caesar ketimbang ibu hamil yang memiliki tidur yang cukup dan berkualitas. (Baca juga: Terus Lelah saat Hamil, Normalkah?)

Setelah mengetahui manfaat tidur siang untuk ibu hamil, ada baiknya juga ibu tahu hal-hal yang bisa membuat ibu mendapatkan tidur berkualitas.

  1. Banyak Minum Air

Air menjadi salah satu asupan yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan. Perbanyak minum air putih di siang hari untuk melelapkan tidur. Tapi, jangan pada malam hari, karena akan meningkatkan hasrat berkemih ibu di tengah malam dan mengganggu tidur.

  1. Olahraga

Olahraga nyatanya memberikan sumbangsih untuk tidur lelap. Pastikan ibu hamil menyempatkan waktu untuk berolahraga di pagi dan sore hari untuk memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan metabolisme sehingga bisa tidur lelap di malam hari.

  1. Lakukan Kegiatan Menyenangkan Sebelum Tidur

Mood memberikan pengaruh untuk tidur yang nyenyak. Supaya ibu hamil mendapatkan tidur yang berkualitas, ada baiknya ibu melakukan ritual menyenangkan sebelum tidur. Misalnya seperti minum susu hangat, berendam air hangat, mendengarkan musik, membaca buku, bahkan bisa juga berhubungan intim dengan pasangan.

  1. Tidur dengan Menyamping ke Kiri

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan ibu hamil untuk memilih posisi tidur menyamping ke kiri. Ini adalah posisi paling aman dan nyaman yang memperlancar aliran darah ke janin. Tidur menyamping ke kiri juga dapat melindungi organ dalam, sehingga memang menjadi pilhan terbaik untuk tidur aman dan tenang untuk ibu hamil.

  1. Posisikan Bantal Senyaman Mungkin

Pilihlah bahan bantal yang lembut dan menenangkan, akan lebih baik lagi bantal yang memang dikhususkan untuk ibu hamil. Posisikan tubuh senyaman mungkin, dan posisikan bantal pada bagian yang sering terasa kelihan. Misal, betis yang sering kram atau di punggung yang sering pegal.

  1. Hindari Makanan yang Membuat Ibu Hamil Mual

Mual akan membuat ibu hamil susah tidur karena banyak terjaga. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein atau zat lain yang membuat ibu terjaga. Pilihlah diet seimbang untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Kalau ibu hamil mengalami masalah susah tidur berkepanjangan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.