Gerakan Sederhana untuk Atasi Nyeri Pergelangan Tangan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Nyeri Pergelangan Tangan

Halodoc, Jakarta - Pergelangan tangan merupakan sendi yang tersusun dari delapan tulang kecil dari tulang lengan bawah dan tangan. Serangkaian tulang ini akan disatukan dengan ligamen, yaitu jaringan yang sangat kuat. Sedangkan otot akan disatukan oleh tendon. Pada pengidap nyeri pergelangan tangan, rasa nyeri yang timbul merupakan akibat dari adanya cedera pada area tersebut. Berikut ini gerakan sederhana yang dapat kamu lakukan guna atasi nyeri pergelangan tangan.

Baca juga: Hati-Hati, Asam Urat Dapat Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan

Gerakan Sederhana untuk Atasi Nyeri Pergelangan Tangan

Jika pergelangan tangan terasa begitu sakit saat melakukan gerakan sederhana, hal ini menunjukkan kalau ada yang salah dengan otot pergelangan tangan. Jika nyeri yang dirasakan masih dalam tahap yang ringan, kamu dapat melakukan beberapa gerakan sederhana ini guna atasi rasa nyeri yang kamu rasakan:

1. Buat Gerakan Memutar pada Pergelangan Tangan

Gerakan ini dapat kamu lakukan dengan duduk atau berdiri. Caranya adalah dengan bentuk tangan dengan sudut siku 90 derajat. Kemudian, lakukan gerakan memutar sendi telapak tangan beberapa kali seperti sedang menari. Kamu dapat melakukan gerakan ini beberapa kali sampai nyeri pada pergelangan tangan membaik.

2. Buat Gerakan Menekuk ke Atas dan ke Bawah pada Pergelangan Tangan

Pertama-tama, bentuk tangan dengan sudut siku 90 derajat. Kemudian, gerakkan telapak tangan ke arah atas dan bawah secara bergantian hingga terasa seperti tertarik. Gerakan ini dapat kamu lakukan berkali-kali guna melemaskan otot yang mengalami kekakuan. Setelah rasa nyeri membaik, kamu bisa mengulanginya keesokan hari.

Baca juga: Perhatikan 8 Gejala Nyeri Pergelangan Tangan yang Wajib Diwaspadai 

3. Posisikan Duduk Sila dengan Kedua Tangan di Depan Dada

Kamu dapat memposisikan diri dengan duduk bersila dengan kedua tangan di depan dada, seperti orang yang sedang berdoa. Kemudian, buat gerakan tangan menurun secara perlahan hingga otot-otot terasa tertarik. Jika otot sudah merasa tertarik, tahan selama 5-7 detik. Kemudian, ulangi gerakan yang sama beberapa kali hingga rasa nyeri mereda.

4. Buat Gerakan untuk Melemaskan Jari-jari Tangan

Pertama-tama lurus tangan kanan ke arah depan dengan posisi telapak tangan dan jari-jari menghadap ke arah badan. Kemudian, tarik jari-jari lurus ke arah badan sampai otot terasa tertarik. Tahan selama 3-5 detik, kemudian lepaskan. Kamu bisa mengulangi gerakan ini sampai nyeri pada pergelangan tangan terasa ringan. Lalu, bergantian dengan tangan sebelah kiri.

5. Buat Gerakan Stretching pada Tangan

Gerakan yang satu ini dapat kamu lakukan di kantor. Caranya adalah dengan menempelkan telapak tangan pada bagian bawah meja kantor. Kemudian, buat gerakan seperti ingin mengangkat meja, tahan posisi seperti ini selama 5-10 detik. Kamu dapat melakukan gerakan ini guna mencegah nyeri pergelangan tangan akibat bekerja seharian.

Untuk menghindari terjadinya nyeri pergelangan tangan, kamu dapat meningkatkan kekuatan tulang dengan banyak mengonsumsi kalsium dan lakukan olahraga secara rutin untuk menurunkan potensi terjadinya cedera. Jangan lupa untuk mengistirahatkan tangan dan jari saat melakukan aktivitas berulang, supaya tidak terjadi kekakuan pada otot dan sendi. Pastikan posisi tangan dan persendian nyaman dan sejajar dengan tubuh saat mengetik di kantor.

Baca juga: Cegah Nyeri Pergelangan Tangan dengan 4 Cara Ini

Nyeri pergelangan tangan juga dapat terjadi karena adanya hambatan pada sirkulasi darah ke tangan, serta menyempitnya pembuluh darah. Kedua kondisi ini biasanya terjadi karena konsumsi minuman yang mengandung kafein, dan kebiasaan merokok yang berlebihan. Jadi, jika gejala muncul, kamu dapat diskusikan segera dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc untuk mengetahui langkah selanjutnya yang harus kamu ambil. Jaga selalu kesehatan kamu, ya!