• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Sakit Kepala saat Hamil, Harus Apa?

Sering Sakit Kepala saat Hamil, Harus Apa?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat hamil, banyak perubahan dan gangguan yang terjadi, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satu gangguan yang sering terjadi pada ibu hamil adalah sakit kepala. Hal ini dapat terjadi karena perubahan hormon yang terjadi, sehingga kepala menjadi tegang dan mungkin saja mengalami migrain.

Wanita yang sedang hamil juga tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat karena mungkin saja menimbulkan hal yang berbahaya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi sakit kepala saat hamil. Berikut adalah pembahasan mengenai cara yang tepat untuk dilakukan ketika mengalami sakit kepala ketika hamil!

Baca juga: Sering Sakit Kepala saat Hamil? Ini Penyebabnya

Cara Menangani Sakit Kepala saat Hamil

Jika ibu mengalami sakit kepala saat hamil, ternyata gangguan ini memang umum terjadi pada wanita yang sedang mengandung. Disebutkan hampir 40 persen wanita yang sedang memiliki janin di dalam tubuhnya rentan mengalami sakit kepala. Meski begitu, jenis sakit kepala yang terjadi dapat berbeda dari biasanya dan sebagian besar tidak menimbulkan bahaya.

Sakit kepala yang terjadi pada trimester pertama kehamilan mungkin saja berbeda dari penyebab yang menyebabkan gangguan tersebut pada trimester kedua atau ketiga. Selain itu, sakit kepala mungkin merupakan tanda masalah kesehatan lainnya yang terjadi selama wanita hamil. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang efektif menangani sakit kepala saat hamil.

Hal yang paling penting dari cara mengobati gangguan pada kepala tersebut adalah tidak menimbulkan efek samping pada janin. Dengan begitu, cara yang alami sangat direkomendasikan untuk dilakukan agar sakit kepala dapat hilang sepenuhnya. Berikut beberapa cara yang dapat diaplikasikan agar sakit kepala saat hamil dapat hilang:

  1. Beristirahat

Cara pertama yang dapat dilakukan agar sakit kepala saat hamil dapat diatasi adalah dengan beristirahat. Agar lebih efektif, cobalah untuk tidur di ruangan gelap, matikan lampu dan tv lalu lakukan tidur siang. Dengan begitu, kepala menjadi lebih tenang yang dapat mengatasi sakit kepala yang menyerang.

Baca juga: Vertigo saat Hamil, Apakah Berbahaya?

  1. Gunakan Handuk Panas dan Dingin

Jika ibu merasakan sakit kepala, menempelkan handuk panas dan dingin di kepala dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit tersebut. Lalu, jika tidak kunjung sembuh, cobalah untuk mandi. Namun, hal ini harus dipastikan jika kandungan ibu normal, tidak mengalami komplikasi apa pun. Cobalah untuk berendam juga di bak mandi yang diisi air hangat.

Jika ibu mempunyai pertanyaan terkait sakit kepala yang menyerang saat hamil, dokter dari Halodoc siap menjawabnya. Caranya mudah sekali, ibu hanya cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan untuk mendapat kemudahan akses kesehatan!

  1. Cobalah Layanan Kesehatan Alami

Beberapa layanan kesehatan alami juga disebut-sebut dapat meredakan sakit kepala saat hamil. Perawatan alternatif seperti pijat, perawatan chiropractic, hingga akupunktur dapat efektif menghilangkan rasa sakit di kepala. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah memilih penyedia layanan yang benar-benar berlisensi dan dapat memijat wanita yang hamil. Jangan sampai terjadi kesalahan yang menyebabkan hal fatal.

  1. Membuat Janji dengan Dokter Mata

Kehamilan dapat memengaruhi mata dengan cara membuat bagian tersebut menjadi kering, sehingga mengganggu penglihatan. Maka dari itu, penting membuat janji temu dengan dokter mata agar sakit kepala saat hamil dapat diatasi. Dengan memastikan jika gangguannya terjadi di mata, pengobatan yang tepat dapat dilakukan.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami Ibu Hamil

Hal yang paling penting saat hamil adalah kesehatan sang ibu dan janin. Maka dari itu, pastikan juga tidak kelelahan yang mungkin saja menimbulkan rasa sakit di kepala. Kelelahan dapat menimbulkan gangguan yang lebih kompleks hingga keguguran. Kesimpulannya adalah penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2020. Causes and Treatment of Headaches During Pregnancy.
Health Line. Diakses pada 2020. Headache During Pregnancy: What You Need to Know.