• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Silaturahmi dengan Keluarga Tingkatkan Rasa Bahagia

Silaturahmi dengan Keluarga Tingkatkan Rasa Bahagia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Momen hari Lebaran identik dengan kegiatan berkumpul bersama keluarga dan juga makan bersama. Kegiatan ini menjadi hal yang paling ditunggu. Berkumpul dengan keluarga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Keluarga menjadi kerabat yang paling dekat dan memberikan kekuatan dalam hidup.

Baca juga: Silaturahmi Lancar, Ini 6 Cara Jaga Kesehatan Jelang Mudik

Hubungan keluarga yang terbina dengan baik tentunya juga menjadi sumber kenyamanan. Ya, menjalankan silaturahmi dengan keluarga meningkatkan rasa bahagia yang dialami oleh seseorang. Mengapa kondisi ini bisa terjadi? Ini penjelasannya.

Silaturahmi Tingkatkan Rasa Bahagia

Tentunya momen lebaran menjadi salah satu momen yang digunakan untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga. Tidak hanya keluarga dekat, umumnya keluarga yang jauh pun dapat berkumpul pada momen lebaran. Melakukan silaturahmi dengan keluarga meningkatkan rasa kebahagiaan yang dirasakan.

Melansir dari Healthline, berkumpul dengan keluarga menjadi momen untuk berkomunikasi dengan baik bersama keluarga. Hubungan komunikasi yang terbangun dengan baik tentunya membantu kamu untuk menurunkan rasa stres. Tidak ada salahnya saat momen lebaran kamu dan keluarga saling berbagi cerita untuk meningkatkan suasana hati dan meringankan beban pikiran yang kamu rasakan. Inilah yang menyebabkan berkumpul bersama keluarga meningkatkan rasa kebahagiaan.

Melansir Medical News Today, berkumpul dengan keluarga menyebabkan seseorang mengalami kontak langsung dengan orang lain. Hal inilah yang memicu bagian sistem saraf dalam tubuh melepaskan neurotransmitter yang bertugas untuk mengatur kecemasan dan rasa stres yang kerap dialami. Dengan kata lain, melakukan kontak langsung dengan orang lain dapat membuat tubuh lebih tahan terhadap beberapa faktor pemicu kondisi stres.

Baca juga: Anak Pemalu, Bagaimana Membuatnya Akrab saat Silaturahmi Keluarga?

Sebaiknya tidak hanya momen lebaran, kamu dapat lakukan kegiatan berkumpul dengan keluarga kapan saja sesuai dengan waktu yang kamu miliki. Melansir Family Focus Blog, menciptakan waktu berkumpul dengan keluarga yang lebih sering menurunkan terjadinya sikap yang kurang menyenangkan pada anak maupun keluarga lainnya.

Ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan bersama keluarga saat berkumpul, misalnya berjalan santai, pergi ke tempat yang disepakati bersama, bermain kartu, atau makan bersama. Dilansir dari Healthline, orang-orang yang memiliki kebiasaan makan bersama dengan keluarga meningkatkan kualitas pekerjaan dan memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang makan bersama dengan keluarganya.

Manfaat Lain dari Berkumpul dengan Keluarga

Selain meningkatkan rasa kebahagiaan, melansir Psychology Today, berkumpul dengan keluarga juga memberikan manfaat lain pada kesehatan, seperti:

1. Umur Panjang

Seseorang yang lebih rajin berkumpul dan bersosialisasi dengan orang lain memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan orang-orang yang terisolasi. Hal ini disebabkan bersosialisasi memengaruhi keseluruhan kesehatan tubuh.

2. Kesehatan Tubuh Lebih Optimal

Tidak hanya dapat menurunkan tingkat stres, bersosialisasi membuat sistem imun tubuh kamu meningkatkan secara optimal. Dengan begitu, kamu memiliki kesehatan tubuh yang lebih baik.

3. Mengurangi Risiko Demensia

Bersosialisasi dapat menjaga kesehatan otak lebih optimal. Hal ini berkaitan dengan demensia. Seseorang dengan kondisi kehidupan sosial yang lebih aktif lebih kecil berisiko demensia dibandingkan seseorang yang terisolasi.

Baca juga: Kedekatan dengan Keluarga Tingkatkan Kualitas Kesehatan

Itulah manfaat lain yang bisa kamu rasakan dengan berkumpul atau bersosialisasi. Jangan ragu gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya dengan dokter jika kamu mengalami gangguan kesehatan selama berkumpul bersama keluarga. Penanganan yang tepat tentunya membuat acara keluarga berjalan dengan baik.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. The Health Benefits of Socializing
Healthline. Diakses pada 2020. 5 Ways to Reduce Stress at Home
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Are The Health Benefits of Being Social?
Family Focus Blog. Diakses pada 2020. 10 Important Benefits of Spending Time with Family