Jangan Abaikan Stres, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jangan Abaikan Stres, Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang sering tidak menyadari bahwa dirinya mengalami stres. Aktivitas sehari-hari, termasuk tuntutan pekerjaan nyatanya rentan membuat seseorang merasa tertekan dan berujung pada stres. Karena sering tidak menyadari, pengidap stres seringnya mengabaikan kondisi ini dan memicu terjadinya stres berkepanjangan yang pada akhirnya bisa berujung pada gangguan kesehatan jiwa. 

Kebiasaan mengabaikan stres bisa menyebabkan tubuh merasa lelah, sebab menjadi semakin menumpuk dan bisa meledak kapan saja. Stres bisa membuat seseorang menjadi tidak produktif, sering merasa lelah, tidak memiliki semangat, bahkan mengalami gangguan kesehatan yang buruk. Cara terbaik untuk mencegah hal yang tidak diinginkan adalah dengan mengatasi stres yang datang. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

Cara Mudah Mengatasi Stres 

Cara terbaik untuk menghindari dampak buruk stres adalah dengan mengatasinya. Saat tekanan dan stres melanda, ada berbagai hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menguranginya, di antaranya: 

  • Bicarakan 

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres adalah dengan berbagi dan membicarakan masalah yang menjadi penyebabnya. Jika sudah dirasa terlalu berat, jangan sungkan untuk membicarakan masalah yang dihadapi pada orang terdekat atau keluarga. Dengan berbagi, kamu tidak akan merasa sendiri dan bisa mendapat solusi serta bantuan dalam menyelesaikan masalah yang datang. Menceritakan masalah pada seseorang setidaknya dapat memberi rasa nyaman dan perasaan lega.

  • Me Time

Atasi stres dengan menyempatkan waktu untuk diri sendiri. Cobalah untuk melupakan sejenak masalah dan manjakan diri dengan melakukan hal menyenangkan alias me time. Kamu bisa mengisi me time dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan atau hobi yang sudah jarang dilakukan karena aktivitas sehari-hari. Kamu bisa mengisi waktu dengan membaca buku, memasak, bernyanyi, jalan-jalan dan liburan, atau sekadar pergi ke salon untuk melakukan perawatan. Aktivitas yang menyenangkan bisa dimanfaatkan untuk melepaskan stres dan mengembalikan energi serta semangat diri.

Baca juga: Hindari Stres, Saatnya Lakukan 5 Olahraga Ringan di Meja Kerja

  • Meditasi 

Jika tidak memiliki cukup banyak waktu untuk pergi liburan, kamu bisa coba melakukan meditasi untuk mengatasi stres. Meditasi atau yoga bisa memberi efek positif bagi kesehatan jiwa dan membuat tubuh terasa lebih sehat. Melakukan yoga juga bisa membantu memberi rasa keseimbangan, ketenangan, serta kedamaian dalam tubuh, sehingga stres bisa diatasi. 

  • Pola Hidup Sehat 

Menerapkan pola hidup sehat nyatanya tidak hanya memberi manfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk kesehatan mental. Kamu bisa mengatasi stres dengan mengonsumsi makanan sehat yang bisa membantu menenangkan pikiran, memberi energi, serta meningkatkan asupan nutrisi pada tubuh dan otak. Mengonsumsi makanan sehat juga dapat menghindari serangan penyakit, sehingga tubuh jadi lebih sehat secara keseluruhan. 

  • Olahraga

Rutin berolahraga ternyata juga bisa membantu menurunkan tingkat stres yang dialami. Olahraga dapat merangsang tubuh mengeluarkan hormon “bahagia” yang bisa membantu memperbaiki suasana hati, sehingga stres bisa diatasi. 

Baca juga: Orang Kantoran Bisa Kena Fibrilasi Atrium Kalau Terlalu Stres Kerja

Selain berolahraga, salah satu kunci untuk terhindar dari stres adalah tubuh yang sehat. Biar lebih sehat, lengkapi asupan vitamin dan suplemen untuk tubuh yang bisa dibeli di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar dari Halodoc, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 16 Simple Ways to Relieve Stress and Anxiety.
Psychology Today. Diakses pada 2019. Yoga for Stress Relief.