11 April 2019

Silaturahmi Lancar, Ini 6 Cara Jaga Kesehatan Jelang Mudik

Silaturahmi Lancar, Ini 6 Cara Jaga Kesehatan Jelang Mudik

Halodoc, Jakarta - Berbicara puasa tentu juga berbicara dengan mudik lebaran di penghujung bulan puasa. Menempuh perjalanan mudik, pastinya bisa menjadi kegiatan yang amat melelahkan. Apalagi bila harus ditempuh melalui perjalanan darat, seperti menggunakan mobil. Kalau sudah begini mau tak mau kita harus “berteman” dengan kemacetan yang akan menguras tenaga.

Sebenarnya, sudah lumrah mudik berkawan dengan kemacetan. Menurut Leon James, Ph.D, seorang profesor psikologi di University of Hawaii, kita harus menerima kenyataan itu sebelum memulai perjalanan. Hal Ini tak lain untuk menjaga kondisi psikis agar tetap baik. Ini bisa menekan nafsu untuk berkendara secara cepat dan ceroboh.

Baca juga: Camilan Sehat Saat Mudik, Apa Saja?

Disamping itu, kita juga harus memerhatikan hal-hal penting lainnya, seperti asupan tubuh dan cairannya. Ingat, kekurangan cairan bisa berdampak fatal, terutama bagi kelompok rentan, seperti orang tua, anak-anak, dan mereka yang memiliki penyakit kronis (hipertensi, diabetes, dan jantung).

Karena itu, kita semestinya harus menjaga kesehatan tubuh sebelum dan saat berangkat mudik. Tujuannya jelas, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan selama perjalanan. Nah, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memastikan tubuh berada dalam kondisi fit menjelang mudik.

1. Perhatikan Asupan Makanan

Menjelang mudik pastikan kita telah mengonsumsi makanan yang bergizi. Ini bisa dilakukan saat berbuka atau sahur selama menjalankan ibadah puasa. Tak hanya itu, pastikan cairan tubuh dengan mengonsumsi banyak air mineral. Kedua hal ini bertujuan untuk mencegah tubuh terasa lemas atau timbulnya keluhan kesehatan saat pergi mudik.

Baca juga: Begini Cara Membuat Tubuh Fit Selama Mudik

2. Rutin Berolahraga

Meski puasa, bukan berarti aktivitas fisik seperti olahraga harus disetop. Cobalah untuk rutin berolahraga sebelum atau setelah berbuka agar badan tetap bugar dan sehat. Kamu bisa kok menjajal beberapa olahraga ringan demi terjaganya kesehatan tubuh.

3. Istirahat yang Cukup

Jangan sampai kekurangan tidur selama menjalani ibadah puasa. Cobalah untuk tetap tidur setidaknya selama 7 jam tiap harinya. Ketika berada di perjalanan mudik, sempatkan diri untuk beristirahat, terutama bagi pengemudi kendaraan. Dengan melakukan itu, ketika bangun badan akan kembali segar dan fokus untuk membawa kendaraan.

4. Obat-Obatan

Bila dirimu atau ada anggota keluarga yang mengidap penyakit tertentu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang harus dikonsumsi. Sedangkan yang tak memiliki penyakit pun, sebaiknya tetap menyediakan obat-obatan lain yang mungkin diperlukan selama perjalanan. Contoh sederhananya seperti obat sakit kepala, obat kembung, mual, dan peralatan P3K.

Baca juga: 5 Hal yang Enggak Boleh Dilupakan saat Mudik

5. Bekal Perjalanan

Nah, yang satu ini tak kalah pentingnya. Cobalah untuk membawa bekal untuk di perjalanan mudik. Andaikan tidak membawa bekal, carilah tempat makanan yang kebersihannya terjamin. Tujuannya untuk menghindari masalah kesehatan yang disebabkan oleh makanan yang tidak bersih dan sehat.

6. Konsumsi Vitamin

Tak ada salahnya untuk mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya, vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun dan mengatasi saluran pernapasan.

Mau tahu lebih jauh tips agar badan tetap fit selama mudik? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!