• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanpa Obat-obatan, Ini 5 Cara Cepat Hamil

Tanpa Obat-obatan, Ini 5 Cara Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta -  Menjalani masa kehamilan menjadi kondisi yang dinantikan oleh pasangan suami istri. Kenyataannya, tidak semua pasangan dengan mudah mendapatkan keturunan. Ada beberapa faktor yang menentukan cepat atau lambatnya sepasang suami istri mendapatkan keturunan, salah satunya adalah faktor kesehatan.

Baca juga: 5 Tanda Positif Hamil yang Perlu Diketahui

Namun, jika kondisi kesehatan kamu dan pasangan dinyatakan sehat, lalu bagaimana caranya mendapatkan kehamilan secara natural? Tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa cara cepat hamil.

Cara yang Bisa Dilakukan agar Cepat Hamil

Menjalani kehamilan pada tiap pasangan akan berbeda satu dengan yang lain. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara ini jika kamu dan pasangan sedang menjalankan program hamil, seperti:

1. Menjaga Kesehatan Fisik

Dilansir dari American Pregnancy Association, salah satu cara yang perlu kamu lakukan untuk cepat mendapatkan kehamilan dengan alami yaitu menjaga kesehatan fisik. Memiliki berat badan yang seimbang mampu meningkatkan tingkat kesuburan kamu dan pasangan. Masalah kelebihan berat badan dan kekurangan berat badan memengaruhi kesuburan seseorang. 

2. Ketahui Masa Ovulasi

Cara yang tidak kalah penting untuk cepat mendapatkan kehamilan dengan mengetahui kapan masa ovulasi. Jika kamu memiliki siklus menstruasi yang teratur, maka lebih mudah mengetahui masa ovulasi yang akan kamu jalani.

Dilansir American Pregnancy Association, kamu dapat mengetahui masa subur dari kondisi lendir yang muncul. Lendir yang muncul pada masa ovulasi terasa lebih basah, lebih banyak, dan memiliki warna transparan atau seperti putih telur. Selain itu, ada beberapa tanda ovulasi pada wanita, seperti meningkatkan gairah hubungan intim, nyeri pada payudara, kram pada perut, dan perut yang terasa kembung.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Wanita?

3. Ketahui Waktu yang Tepat untuk Berhubungan Intim

Melakukan hubungan intim sering bukan menjadi salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan kehamilan yang natural. Lakukan hubungan intim di waktu yang tepat dan saat memasuki masa subur. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan kehamilan dengan cepat secara natural. Dengan mengetahui masa ovulasi, tentu kamu dan pasangan, lakukan hubungan intim beberapa hari sebelum puncak masa ovulasi. Sperma dapat hidup dalam tubuh wanita selama 3-6 hari dan sel telur hanya dapat bertahan selama 1 hari. 

4. Konsumsi Makanan Sehat

Jika kamu dan pasangan sudah memutuskan untuk melakukan program hamil, tidak ada salahnya untuk memperbaiki pola makan yang menjadi lebih sehat. Jangan lupa untuk konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, pilih makanan yang memiliki kandungan asam folat, zat besi, dan kalsium yang tinggi. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat dan alkohol. Kandungan alkohol dan lemak jahat memengaruhi kesuburan kamu dan pasangan.

5. Hindari Kondisi Stres

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah hindari kondisi stres. Sebaiknya hindari tingkat stres yang tinggi agar kesehatan tetap terjaga. Tidak ada salahnya untuk tetap rileks bersama pasangan. Dilansir dari Baby Center, tidak ada salahnya kamu dan pasangan lakukan hal-hal menyenangkan bersama atau pergi wisata bersama selama beberapa hari. 

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kehamilan di Minggu Pertama

Itulah cara untuk mendapatkan kehamilan secara alami. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada rumah sakit terdekat agar gangguan kesehatan yang dialami dapat kamu atasi dengan baik. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Atau kamu bisa melakukan pemeriksaan lab untuk menunjang kesehatan kamu dan pasangan melalui aplikasi Halodoc. Lebih praktis, kan?

Referensi:
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. How to Get Pregnant Naturally
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Trying to Get Pregnant
Baby Centre. Diakses pada 2020. How to Get Pregnant Fast
Healthline Parenthood. Diakses pada 2020. How to Increase Your Chances of Getting Pregnant