02 November 2018

5 Tanda Positif Hamil yang Perlu Diketahui

Tanda positif hamil, tanda kehamilan adalah

Halodoc, Jakarta - Kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagi pasangan yang baru melangsungkan pernikahan. Dengan adanya kehamilan, menandakan bahwa sepasang suami istri memiliki tingkat kesuburan yang baik dan tidak memiliki masalah dalam kesehatan yang berarti.

Dengan kehadiran Si Kecil, tentunya akan membuat keluarga terasa semakin lengkap. Namun, ada kalanya pasangan suami istri belum mengetahui secara pasti apa yang menjadi tanda-tanda kehamilan ini. Kadang wanita sendiri pun masih bingung untuk membedakan apakah ini merupakan tanda kehamilan atau tanda akan datangnya menstruasi. Dalam banyak kasus, tanda-tanda kehamilan biasanya mirip dengan tanda-tanda akan datangnya menstruasi.

Ketidaktahuan ini pun yang menjadi penyebab beberapa kasus keguguran. Kondisi ini disebabkan masih dilakukannya suatu aktivitas atau konsumsi makanan yang seharusnya tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan. Ketidaktahuan akan tanda-tanda kehamilan juga mengakibatkan persiapan tentang kehamilan terabaikan. Banyak pula kasus karena tanda-tanda yang sudah dianggapnya sebagai sebuah tanda kehamilan, ternyata setelah dilakukannya tes berkali-kali hasilnya tetap negatif.

Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan tentang apa yang menjadi tanda kehamilan seorang wanita. Banyak wanita menilai bahwa tanda kehamilan hanya dilihat dari terlambat datangnya menstruasi. Hal ini memang benar, salah satu tanda kehamilan adalah terlambatnya waktu menstruasi seorang wanita. Namun banyak pula faktor yang mempengaruhi terlambatnya menstruasi pada seorang wanita, seperti stres, pola makan, adanya gangguan hormonal, atau terlalu lelah karena aktivitas.

Nah, untuk lebih memastikan lagi apa saja tanda-tanda kehamilan pada seorang wanita, kamu perlu tahu tanda-tanda kehamilan lainnya, seperti:

  • Mual dan Muntah (Morning Sickness)

Meski enggak semua wanita merasakan morning sickness pada masa-masa kehamilannya, ini merupakan tanda lainnya bahwa kamu sedang mengandung Si Kecil. Mual dan muntah ini biasanya kamu rasakan ketika bangun tidur atau bahkan ketika baru saja selesai makan. Nah, jika kamu merasakan mual dan muntah secara tiba-tiba, mungkin saja kamu sedang hamil muda.

  • Payudara Terasa Nyeri dan Membesar

Hal ini memang pasti akan dirasakan pada saat wanita sedang hamil. Ini dikarenakan ibu hamil sedang mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI untuk Si Kecil.

  • Ngidam

Tanda lainnya ketika seorang wanita positif hamil adalah ngidam. Kamu biasanya akan meminta makanan yang sebelumnya tidak kamu sukai. Selain itu, bisa jadi kamu akan membenci makanan yang kamu sukai.

  • Sering Buang Air Kecil

Perubahan hormon yang terjadi menyebabkan peningkatan aliran darah, sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah banyak. Kandung kemih akan lebih cepat dipenuhi oleh urine dan keinginan buang air kecil menjadi lebih sering.

  • Penciuman yang Sensitif

Hal ini wajar terjadi dan disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Sejumlah peneliti menduga gejala ini terjadi agar wanita hamil tidak mudah makan sembarangan, sehingga dapat melindungi janin dari racun yang berbahaya.

Jika kamu mengalami hal-hal di atas, selamat ya! Karena kemungkinan besar kamu sedang hamil. Namun, jika kamu masih belum yakin, kamu bisa langsung berdiskusi dengan dokter mengenai tanda-tanda kehamilan yang kamu alami. Halodoc menyediakan layanan berdiskusi langsung melalui Chat, Voice/Video Call. Tidak hanya itu, di Halodoc kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Pesanan kamu akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!

Baca juga: