• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Makan Enak Tanpa Khawatir Kolesterol Naik

Tips Makan Enak Tanpa Khawatir Kolesterol Naik

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Saat merayakan Idulfitri, biasanya tersaji berbagai makanan lezat yang sayang untuk dilewatkan. Namun, karena makanan tersebut umumnya dibuat dari daging sapi, dan santan, yang membuat khawatir akan kandungan kolesterolnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengontrol asupan makanan saat perayaan hari raya supaya tidak terjadi efek samping untuk kesehatan. Cara agar tubuh tetap sehat dan kadar kolesterol tetap normal, kamu harus bisa mengikuti beberapa tips makan sehat berikut saat merayakan Idulfitiri bersama keluarga.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini 3 Manfaat Puasa Bagi Pengidap Kolesterol Tinggi

Coba Pilih Satu Saja Jenis Makanan Tinggi Kolesterol 

Pertama-tama, kamu harus mencoba memilih salah satu saja menu hidangan saat lebaran yang tinggi kolesterol. Misalnya saat lebaran hari pertama, kamu bisa memilih hanya makan opor ayam saja. Jangan makan opor ayam, semur daging, dan rendang di satu hari bersamaan. Pasalnya ketiga menu ini sama-sama memiliki banyak lemak yang memengaruhi naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Makan dengan Porsi Kecil

Tak hanya memilih satu jenis makanan saja selama satu hari, kamu perlu memerhatikan porsi makan. Pasalnya, berbagai jenis makanan, sekalipun itu enak dan sehat, dapat menyebabkan penumpukan kalori yang berpotensi akan diubah menjadi lemak berlebih di dalam tubuh. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi tinggi kolesterol, maka kamu bisa merasakan efek samping negatifnya dengan cepat. Akibatnya, perayaan Idulfitri kamu malah terganggu. 

Ganjal Perut dengan Minum Air Putih atau Susu

Kamu juga bisa menyiasati naiknya kolesterol saat lebaran dengan minuman air putih atau susu sebelum makan besar. Air putih bisa membantu kamu merasa tetap kenyang, dan penelitian yang dimuat dalam Nutrition Journal tahun 2011 menunjukkan, konsumsi 20 gram protein kasein yang terdapat pada susu membuatmu merasa lebih kenyang ketika diminum 30 menit sebelum makan besar. Sehingga, porsi makan yang dikonsumsi menjadi lebih sedikit karena efek kenyang masih dirasakan. 

Baca juga: Fakta tentang Kolesterol yang Jarang Orang Tahu

Perbanyak Aktivitas Fisik

Selain mengatur asupan makanan, kamu perlu rutin melakukan aktivitas fisik untuk mencegah naiknya kadar kolesterol dalam darah. Salah satu jenis aktivitas fisik yang ringan dan bisa dilakukan dengan rutin adalah berjalan kaki

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, kegiatan rutin berjalan kaki selama 30 hingga 45 menit bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebanyak 10 persen. Kamu bisa memulai hal ini dengan berjalan kaki santai mengelilingi komplek sekitar rumah sebelum dan selama Idulfitri agar kadar kolesterol tetap terjaga.

Konsumsi Infused Water Lemon

Jika kamu sulit menolak makanan dengan santan, maka pastikan untuk terlebih dahulu mengonsumsi minuman dengan kandungan buah lemon, seperti infused water. Minuman infused water dengan tambahan irisan lemon akan menghasilkan rasa asam yang diyakini membantu menyingkirkan lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh.

Hal ini juga bisa membantu menjaga kadar kolesterol. Selain lemon, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang dikenal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol seperti, pisang, apel, jeruk, dan stroberi.

Baca juga: Kolesterol Tinggi Bukan Hanya Disebabkan oleh Makanan

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah naiknya kolesterol saat makan banyak di hari lebaran. Ingat, jika kamu mengalami gangguan kesehatan, jangan ragu untuk segera mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Dokter selalu siaga memberikan saran sesuai dengan kesehatan kamu. Tunggu apa lagi? Download aplikasi Halodoc sekarang dan rasakan mudahnya terhubung dengan dokter pribadi hanya melalui genggaman!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. High Cholesterol.
Everyday Health. Diakses pada 2020. 8 Ways to Cook for a Cholesterol-Lowering Diet.