• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kolesterol Tinggi Bukan Hanya Disebabkan oleh Makanan

Kolesterol Tinggi Bukan Hanya Disebabkan oleh Makanan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sudah umum diketahui jika kebiasaan makan dan jajan sembarangan menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah. Apalagi jika kamu gemar mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh umum ditemui pada daging sapi, daging domba, mentega, krim, dan keju.

Sedangkan lemak trans merupakan lemak tidak jenuh yang telah melewati proses hidrogenasi, sehingga lemak mengalami perubahan sifat dan konfigurasi. Proses hidrogenasi sendiri merupakan proses mengubah minyak cair menjadi lemak padat. Sama halnya dengan lemak jenuh, lemak trans juga bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi dalam tubuh.

Hal tersebut disebabkan karena lemak mampu menurunkan kadar kolesterol baik, dan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Lebih baik kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh guna membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca juga: Ini Cara Mengenali Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

Kamu perlu mengetahui bahwa tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bukan hanya disebabkan oleh makanan saja, tapi juga sejumlah hal-hal berikut ini:

  • Faktor Usia

Faktor usia menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi. Semakin bertambahnya usia, maka kemungkinan untuk mengidap kolesterol tinggi akan semakin besar. Mengapa faktor usia memengaruhi? Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang juga semakin menurun. Jadi, bukan hal yang mengherankan jika orang lanjut usia memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi ketimbang anak muda di bawah usianya.

  • Obesitas

Penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah memiliki berat badan berlebihan. Kelebihan berat badan menjadi pertanda adanya kelebihan kadar lemak dalam tubuh. Jika lemak berlebih, maka kemungkinan besar kadar kolesterol juga ikut tinggi. Bukan hanya kolesterol tinggi saja, obesitas juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

  • Malas Bergerak

Malas bergerak dan malas berolahraga menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi dalam tubuh. Apalagi jika kamu gemar mengonsumsi makanan tidak sehat dan kaya akan kandungan lemak. Jika hal tersebut rutin dilakukan penumpukan lemak akan terus mengendap dalam pembuluh darah. Olahraga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Baca juga: Waspada Komplikasi yang Disebabkan Kolesterol Tinggi

  • Merokok

Salah satu kebiasaan yang menjadi penyebab kolesterol tinggi adalah merokok. Hal tersebut disebabkan adanya zat akrolein yang terdapat pada rokok. Zat tersebut dapat memengaruhi kadar kolesterol jahat dalam tubuh dengan cara menghalangi kerja enzim yang bertanggung jawab menjaga kadar kolesterol jahat agar tetap pada batas normal.

Tanpa enzim tersebut, kadar kolesterol jahat dalam tubuh rentan terhadap proses oksidasi. Proses oksidasi dapat mengubah struktur molekul dan menyebabkan sistem imun tidak lagi mengenali kolesterol jahat. Jika sudah terjadi, hal tersebut akan mengakibatkan penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh. Karena hal tersebutlah merokok bisa menjadi salah penyebab kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Jika kadar kolesterol jahat menumpuk dalam aliran darah, maka akan semakin tinggi juga risiko kamu mengidap serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, berhenti merokok merupakan salah satu upaya terbaik yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari kolesterol tinggi sekaligus penyakit dan masalah kesehatan yang berbahaya.

Baca juga: Camilan Sehat untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

Bukan hanya perokok aktif saja yang berbahaya, perokok pasif pun memiliki risiko yang sama tingginya untuk mengalami penyumbatan pembuluh darah arteri yang bisa berujung pada berbagai masalah jantung seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Jadi, meski kamu tidak merokok, kamu perlu menghindari asap rokok agar terhindar juga dari kolesterol tinggi.

Jika kamu mencurigai ada yang salah dengan kondisi kesehatanmu, segera diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc mengenai keluhan kesehatan yang kamu alami. Jika penanganan tepat dilakukan, kamu akan terhindari dari sejumlah komplikasi yang membahayakan kesehatanmu.

Referensi:
NHS. Diakses pada 2020. What is high cholesterol?
American Heart Association. Diakses pada 2020. Common Misconceptions about Cholesterol.