• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Kulit dan Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Kulit dan Wajah

Ini Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Kulit dan Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 November 2021
Ini Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Kulit dan WajahIni Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Kulit dan Wajah

“Niacinamide merupakan salah satu bahan perawatan kulit yang sedang digandrungi. Bahkan review produk skincare yang mengandung niacinamide ada dimana-mana. Manfaat niacinamide diduga mampu memudarkan bintik hitam, memperlambat penuaan, hingga mengurangi iritasi pada kulit sensitif.”

Halodoc, Jakarta – Salah satu bahan perawatan wajah yang tengah digandrungi saat ini yaitu niacinamide. Manfaat niacinamide yaitu membuat tampilan kulit lebih baik hingga menunda penuaan dini. Niacinamide juga mudah digunakan, teksturnya lembut. 

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan dan fungsi sel-sel dalam tubuh. Niacinamide juga terkandung dalam makanan, seperti dada ayam, salmon, dan beras merah. Bahkan juga tersedia dalam bentuk suplemen makanan. Penasaran seperti apa manfaat lengkap dari niacinamide bagi kecantikan dan kesehatan kuli? Berikut ulasannya!

  1. Memudarkan Bintik-bintik Hitam

Jika kamu mulai memiliki bintik-bintik hitam akibat paparan sinar matahari, maka sudah saatnya untuk mempertimbahkan niacinamide. Dalam konsentrasi tertentu, niacinamide dianggap mampu memblokir enzim yang bertanggung jawab untuk memproduksi pigmentasi atau melanin, dan memperbaiki warna kulit.

  1. Membuat Kulit Tampak Bersih

Manfaat niacinamide dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak dan sebum untuk mengurangi jerawat, sehingga kulit bersih dan cerah. Terlebih lagi, bahan ini juga dikenal sebagai antiinflamasi. Namun, hindari niacinamide saat jerawat meradang. 

  1. Melawan Radikal Bebas

Sinar UV, polusi, stres, kurang tidur, dan faktor lainnya semuanya dapat menciptakan radikal bebas (molekul tidak stabil) yang merusak sel-sel kulit sehat. Hal tersebut dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, seperti perubahan warna dan kerutan. Manfaat niacinamide yaitu memiliki sifat antioksidan, yang dapat melindungi kulit dari kerusakan. 

  1. Melembabkan Kulit

Salah satu manfaat niacinamide yang paling dirasakan yaitu sebagai pelembab kulit. Sama seperti gliserin dan asam hialuronat, niacinamide juga dapat meningkatkan kelembapan kulit. Niacinamide juga membantu meningkatkan pelindung kulit, mencegah kekeringan, dan menghentikan potensi iritasi. 

  1. Mengurangi Iritasi

Manfaat niacinamide yang terbaik yaitu mendukung penundaan penuaan yang berpotensi menyebabkan iritasi. Niacinamide dapat menenangkan kulit dan membatasi iritasi yang disebabkan oleh pengelupasan kulit. Bahan ini juga dapat digunakan untuk meredakan kemerahan dan peradangan. 

Kabar baiknya, niacinamide sangat lembut dan aman digunakan, bahkan hampir cocok oleh semua jenis kulit. Jadi tertarik mencoba? Agar lebih yakin dan mendapatkan hasil kulit terbaik, tidak ada salahnya untuk tetap bertanya dengan dokter kulit berpengalaman di aplikasi Halodoc, sebelum menggunakan produk niacinamide.Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Prevention. Diakses pada 2021. Niacinamide Is the Gentle Ingredient Sensitive Skin Loves, According to Dermatologists
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Should Know About Niacinamide