• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tubuh Alami Autoimun Akibat Lupus, Ini yang Terjadi

Tubuh Alami Autoimun Akibat Lupus, Ini yang Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendengar mengenai penyakit lupus? Penyakit lupus atau dikenal sebagai lupus eritematosus adalah penyakit autoimun yang sudah sangat kronis sehingga menyebabkan peradangan pada beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sendi, ginjal, hingga otak pengidap lupus. Ketika kondisi normal, sistem imun tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi maupun cedera, namun lupus menyebabkan sistem imun justru bergerak sebaliknya.

Baca juga: Akhirnya, Penyebab Penyakit Lupus Kini Terungkap

Penyakit lupus sering dikaitkan dengan faktor riwayat genetik dan lingkungan. Gejala yang muncul terkadang sulit dideteksi karena penyakit lupus memiliki gejala yang sangat umum terjadi pada penyakit lain. Ketahui gejala penyakit lupus secara umum agar kesehatan yang dialami dapat diatasi dengan baik.

Hal yang Terjadi pada Tubuh Pengidap Lupus

Melansir Lupus Foundation of America, meskipun kondisi ini dapat terjadi pada wanita maupun pria, 90 persen pengidap lupus berjenis kelamin wanita. Umumnya, lupus rentan dialami oleh wanita yang memiliki rentang usia 14 hingga 45 tahun. Gejala yang dialami oleh pengidap lupus terhadap kondisi ini tidak ada yang serupa. Gejala dan tanda penyakit lupus dapat terjadi secara tiba-tiba atau berkembang secara perlahan.

Ketahui beberapa hal yang ditandai sebagai gejala penyakit lupus, yaitu:

1. Kulit

Gangguan kesehatan kulit menjadi gejala yang cukup umum terjadi pada pengidap lupus. Melansir Mayo Clinic, pengidap lupus rentan mengalami ruam kemerahan pada area wajah, seperti pipi dan tulang hidung. Ruam kemerahan umumnya menyerupai bentuk kupu-kupu.

Ruam merah juga kerap terjadi pada bagian tubuh lainnya dan bertambah parah ketika terpapar langsung sinar matahari. Ada beberapa bagian tubuh yang rentan mengalami kondisi ini, seperti lengan, kaki, dan dada. Terkadang ruam yang muncul menyebabkan munculnya luka lepuh.

2. Sendi

Melansir Web MD, gangguan pada sendi juga dialami oleh pengidap penyakit lupus. Umumnya, ada beberapa bagian sendi yang mengalami kerap mengalami nyeri hingga pembengkakan.

3. Ginjal

Gangguan ginjal yang terjadi pada pengidap lupus terkadang menyebabkan beberapa gejala, seperti kelelahan, demam, hingga penurunan berat badan. 

4. Darah

Pengidap lupus terkadang juga mengalami gangguan pada darah. Melansir dari Web MD, pengidap penyakit lupus umumnya lebih rentan mengalami penurunan jumlah sel darah merah maupun darah putih yang tentunya mengganggu fungsi tubuh.

Baca juga: 10 Fakta Tentang Lupus yang Perlu Diketahui

Selain itu, pengidap lupus juga rentan mengalami sariawan, kejang, dan perubahan warna pada jari tangan atau kaki yang memutih ketika mengalami stres. Jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut, jangan ragu untuk lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab gangguan kesehatan yang kamu alami. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk memudahkan pemeriksaan. 

Ketahui Penyebab Lupus

Lupus merupakan salah satu penyakit autoimun. Namun, penyebabnya belum diketahui secara pasti. Ada beberapa faktor pemicu yang berkaitan dengan lupus, seperti lingkungan yang panas menyebabkan seseorang mengalami paparan sinar matahari terus menerus dalam waktu lama, paparan asap rokok, hingga paparan bahan kimia tertentu.

Tidak hanya itu, memiliki riwayat keluarga dengan kondisi yang serupa juga meningkatkan risiko seseorang mengalami lupus. Peningkatan hormon estrogen juga menjadi salah satu pemicu penyakit lupus. Inilah penyebab wanita lebih mudah mengalami penyakit lupus. 

Baca juga: Mengidap Lupus, Ini Pola Gaya Hidup yang dapat Dilakukan

Pengobatan yang dilakukan bukan untuk menghilangkan penyakit lupus, namun meringankan gejala yang dialami oleh pengidap lupus, mencegah kondisi kambuh, dan mencegah kerusakan pada organ.

Referensi:
Lupus Foundation of America. Diakses pada 2020. Lupus
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Lupus
Web MD. Diakses pada 2020. What Are the Symptoms of Lupus