• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Usia Berapakah Anjing Berhenti Bertumbuh?

Usia Berapakah Anjing Berhenti Bertumbuh?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Usia Berapakah Anjing Berhenti Bertumbuh?

Halodoc, Jakarta - Tentunya banyak dari kamu yang sangat gemas dengan tingkah laku dari anak-anak anjing peliharaan. Tidak ada salahnya memberikan perhatian dan kasih sayang pada anak anjing karena pertumbuhan dan perkembangan mereka yang terbilang cepat. 

Baca juga: Ketahui Takaran Makanan untuk Anjing Dewasa Peliharaan

Lalu, kapankah anjing akan berhenti bertumbuh pada perkembangannya? Nah, tidak ada salahnya ketahui lebih banyak mengenai proses tumbuh kembang anjing dalam artikel ini. Dengan begitu, kamu dapat lebih optimal dalam mempersiapkan proses tumbuh kembang anjing kesayangan kamu!

Ketahui Usia Anjing Berhenti Bertumbuh

Sebaiknya jangan sia-siakan waktu yang ada, saat kamu memelihara anak anjing. Anak anjing akan terasa sangat cepat dalam pertumbuhan dan perkembangannya menjadi anjing dewasa. Namun meskipun begitu, proses tumbuh kembang anak anjing akan berbeda-beda satu dengan yang lain. 

Ada beberapa faktor yang dapat menentukan proses tumbuh kembang pada anjing.

  1. Jenis ras;
  2. Genetik;
  3. Jenis kelamin.

Ras anjing menjadi faktor utama untuk menentukan tumbuh kembang seekor anjing. Umumnya, ras anjing dengan ukuran yang kecil akan lebih dulu mencapai berat badan optimal dibandingkan ras anjing dengan ukuran yang besar.

Menurut Dr. Jerry Klein, Chief Veterinary Officer pada American Kennel Club, kebanyakan anjing dengan ras kecil akan berhenti bertumbuh saat mereka memasuki usia 6–8 bulan. Sedangkan anjing ras sedang, umumnya akan berhenti bertumbuh saat anjing memasuki usia dewasa, sekitar 12 bulan.

Anjing ras besar membutuhkan waktu lebih panjang untuk memasuki usia dewasa. Rata-rata anjing ras besar membutuhkan waktu 12–18 bulan untuk berhenti bertumbuh. Bahkan, pada ras jenis Mastiffs yang termasuk anjing ras sangat besar membutuhkan waktu 24 bulan untuk mencapai usia dewasa dan berhenti bertumbuh.

Baca juga: Ketahui 6 Nutrisi yang Dibutuhkan Oleh Anjing Dewasa

Lakukan Ini Agar Pertumbuhan Anjing Optimal

Sebaiknya jangan pisahkan anak anjing hingga berusia 8 minggu dari induknya. Selama 8 minggu di awal kehidupannya anak anjing akan menyusu dari induknya dan mendapatkan nutrisi yang optimal. Setelah itu, kamu perlu memberikan makanan tepat pada anak anjing akan pertumbuhan dan perkembangan anjing optimal.

Pemberian nutrisi yang tepat membuat anak anjing mencapai pertumbuhan yang diinginkan, memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, menghindari penyakit tumbuh kembang, hingga obesitas. Ada beberapa nutrisi yang perlu diperhatikan bagi pertumbuhan anjing, seperti protein, lemak, kalsium, dan karbohidrat yang mudah dicerna oleh anak anjing.

Namun, pastikan kamu memberikan makan tepat dan sesuai dengan kebutuhan anjing. Bukan hanya nutrisi, kamu juga perlu memastikan porsi dan frekuensi pemberian makan anjing. Berlebihan dalam pemberian makan anjing dapat menyebabkan anjing mengalami obesitas atau penyakit lainnya.

Untuk memastikan jenis makanan dan nutrisi yang terbaik bagi pertumbuhan anjing, tidak ada salahnya kamu gunakan Halodoc. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter hewan terbaik untuk memastikan anjing kesayangan mendapat asupan yang tepat untuk proses tumbuh kembangnya. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Bagaimana Cara Akurat untuk Menentukan Usia Anjing?

Selain nutrisi yang seimbang, jangan lupa untuk mengajak anjing kesayangan melakukan aktivitas fisik. Olahraga atau kegiatan fisik yang rutin dilakukan tentunya dapat membuat anjing terhindar dari berbagai gangguan penyakit yang bisa mempengaruhi proses tumbuh kembang.

Kamu juga perlu memperhatikan kebutuhan cairan anjing. Pastikan anjing mendapatkan asupan cairan yang bersih dan sehat setiap harinya. Kamu juga perlu membersihkan tempat makan dan minum anjing secara rutin.

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Proper Puppy Nutrition Nourishes Rapid Growth.
American Kennel Club. Diakses pada 2021. When Does My Puppy Finish Growing?
VCA Hospital. Diakses pada 2021. Feeding Growing Puppies.
Pet MD. Diakses pada 2021. At What Age Do Dogs Stop Growing?