5 Jenis Anjing yang Ramah Anak

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   23 Desember 2020
5 Jenis Anjing yang Ramah Anak5 Jenis Anjing yang Ramah Anak

Halodoc, Jakarta – Memiliki anjing sebagai hewan peliharaan di rumah memang menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Selain dapat membantu pemilik menurunkan kondisi stres, anjing juga dapat menjadi teman bermain untuk anak di rumah. Tidak hanya sekedar memilih anjing. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum memutuskan untuk memelihara satu jenis anjing.

Pastikan kamu memilih jenis anjing dengan ukuran yang tidak terlalu besar untuk keamanan keluarga. Selain itu, ketahui tingkat energi yang dimiliki oleh anjing. Jika kamu berharap, anjing yang kamu pelihara dapat menemani kamu berlari, jenis Basset Hound rasanya tidak akan cocok untuk kegiatan tersebut. 

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan, pastikan kamu memilih personality anjing yang cocok dengan keluarga. Jika kamu memiliki anak kecil, pilihlah anjing yang ramah anak. Berikut ini beberapa jenis anjing yang ramah anak dan tentunya akan menambah suasana menyenangkan dalam keluarga.

1.Poodle

Anjing Poodle salah satu anjing yang sangat ramah dan memiliki temperamen yang cukup baik untuk berdampingan bersama anak. Terkadang energi Poodle yang sangat besar mampu menyeimbangkan energi yang dimiliki anak-anak. Selain itu, Poodle merupakan jenis anjing yang penyayang, lembut, dan juga sabar. 

Anjing Poodle memiliki beragam ukuran. Mulai dari yang kecil, sedang, hingga yang besar. Kamu bisa memilih ukuran yang mana saja, tetapi yang bisa memilih ukuran besar untuk pilihan yang terbaik.

2.Golden Retriever

Golden Retriever menjadi jenis anjing yang percaya diri, pintar, baik hati, dan juga penyayang. Selain itu, Golden Retriever memiliki sifat sabar yang cocok untuk tinggal berdampingan bersama anak-anak di rumah. Golden Retriever juga merupakan salah satu anjing yang memiliki energi cukup tinggi. Kondisi ini membuat Golden Retriever akan terlihat nyaman bermain bersama anak-anak di rumah. 

Saat memelihara anjing jenis ini, sebaiknya perhatikan waktu grooming untuk kesehatan bulunya. Pastikan kamu merawat kesehatan anjing dan bulu dengan baik agar tidak rontok atau rentan mengalami gangguan kesehatan.

Baca juga: 9 Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan Anak

3.Pug

Anjing Pug merupakan jenis yang terbaik untuk dipelihara dalam rumah bersama anak. Anjing jenis ini sangat menyukai kegiatan tidur dan juga makan. Selain itu, energi mereka cukup tinggi sehingga akan terlihat nyaman untuk bermain bersama anak. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat kamu tidak memerlukan ruangan rumah yang luas untuk memelihara anjing jenis ini.

4.Beagle

Anjing Beagle dikenal sebagai anjing yang sangat ramah, pintar, dan juga tidak terlalu besar. Kondisi ini membuat jenis Beagle sangat cocok berada di sekitar anak-anak. Beagle merupakan anjing yang sering menggonggong. Suaranya yang keras dan vokal mungkin dapat membangunkan bayi atau balita yang sedang tertidur. Untuk itu, sangat penting memastikan Beagle mendapatkan pelatihan sebaik mungkin agar ia bisa mengatur dan menjaga perilakunya dalam rumah.

5.Labrador Retriever

Jika kamu ingin mencari anjing ukuran besar yang ramah anak, Labrador Retriever bisa menjadi pilihan kamu. Anjing jenis ini dikenal sebagai anjing yang penyayang, sabar, melindungi, dan juga setia. Selain itu, anjing ini sangat pintar untuk mendapatkan berbagai pelatihan dari pemiliknya

Jika keluarga kamu gemar beraktivitas dan memiliki halaman rumah yang cukup luas, Labrador Retriever bisa menjadi pilihan. Anjing jenis ini sangat menyukai aktivitas fisik karena tingkat energinya yang cukup tinggi.

Baca juga: Ketahui 7 Penyakit yang Rentan Dialami oleh Anak Anjing

Itulah beberapa jenis anjing yang ramah anak dan bisa menjadi pilihan untuk kamu pelihara di rumah. Pastikan kesehatan anjing selalu optimal. Gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter hewan mengenai gangguan kesehatan yang dialami oleh hewan kesayangan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Pet MD. Diakses pada 2020. The 10 Best Dog for Kids and Families.
Good House Keeping. Diakses pada 2020. The 20 Best Dogs for Kids and Families to Adopt Straight Away.
American Kennel Club. Diakses pada 2020. Best Dog Breeds for Kids.
The Spruce Pets. Diakses pada 2020. Best Dog Breeds for Kids and Families.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan